6 tata krama yang harus Anda patuhi saat eksis di 'chat group'

Seperti layaknya berteman di dunia nyata, bergaul dalam grup virtual pun ada aturannya. Banyak potensi konflik jika Anda tidak bijak bersikap dan berperilaku. Ingin eksis di grup virtual Anda tanpa mengundang musuh? Ikuti enam tata krama ini!

6,496 views   |   39 shares
  • Kemudahan akses internet menciptakan sebuah tren baru dalam kehidupan sosial abad 21. Menjalin pertemanan dapat dengan mudah Anda lakukan, menembus batas geografi, hanya dengan sentuhan jari di gadget Anda. Beragam media sosial tersedia dan sederet forum atau grup virtual siap menerima Anda menjadi bagian dari mereka.

  • Seperti layaknya berteman di dunia nyata, bergaul dalam grup virtual pun ada aturannya. Apalagi komunikasi yang didasarkan pada bahasa tulisan, kerap bersifat ambigu alias multi-interpretasi. Belum lagi, banyak isu yang menjadi potensi konflik jika Anda tidak bijak bersikap dan berperilaku. Ingin eksis di grup virtual Anda tanpa mengundang "musuh dalam selimut"? Inilah enam tata krama yang patut Anda perhatikan.

  • 1. Pahami aturan dasar

  • Menjadi seorang anggota grup virtual, suka atau tidak suka, mengharuskan Anda untuk rajin membaca. Mulailah dari membaca peraturan dasar grup yang biasanya ditetapkan dan wajib diketahui oleh anggota baru. Pahami benar dan jangan segan untuk bertanya jika ada yang tidak jelas. Moderator atau admin grup biasanya dengan tegas akan menegur Anda jika aturan dasar ini tidak ditepati karena besar kemungkinan, pelanggaran Anda akan menimbulkan situasi yang tidak nyaman di dalam grup. Contoh aturan dasar yang biasa ditetapkan adalah format posting, tata cara komentar, penyediaan data administrasi, dan dinamika percakapan dalam grup.

  • 2. Baca, baca, dan baca

  • Sebelum Anda mulai berkomentar atau terlibat dalam percakapan, bacalah dahulu topik yang sedang dibicarakan. Jika Anda merasa kurang menguasai topik, namun masih tertarik untuk bergabung, lakukan penelusuran informasi terlebih dahulu dan memantau komentar sebelumnya. Tiba-tiba nimbrung dan tidak nyambung pastilah akan mengganggu dinamika grup, karena fokus anggota menjadi terpecah dan harus menjelaskan ulang kepada Anda mengenai topik yang sedang berjalan.

  • 3. Bicara dengan jelas dan lugas

  • Bahasa tulisan rawan menciptakan multi-interpretasi. Kata-kata Anda dapat saja dibaca dengan beragam intonasi dan membuat citra emosi berbeda di benak pembaca. Anda dapat memasukkan unsur emosi dengan menggunakan emotikon. Cara lain, susun kalimat Anda dengan baik dan gunakan tanda baca dengan benar. Pilihlah kata-kata yang jelas menggambarkan maksud Anda. Tulislah dengan wajar, tidak perlu menggunakan kombinasi huruf kapital-huruf kecil-angka-simbol yang malah membingungkan pembaca. Hindari menggunakan singkatan yang tidak lazim pada kata-kata pendek yang sebenarnya lebih jelas apabila ditulis lengkap.

  • Advertisement
  • 4. Cerdas kelola emosi

  • Berbagai karakter akan Anda temui di dalam grup virtual. Sangatlah penting bagi Anda untuk menajamkan "radar" dalam menilai karakter dan menempatkan diri di antara mereka. Salah satunya adalah dengan bersikap luwes dan tidak baper alias bawa perasaan atau terlalu sensitif. Jadilah diri Anda sendiri, tanpa meninggalkan adab kesopanan, tentunya. Bayangkan seperti apa orang yang akan menyenangkan untuk menjadi teman Anda dan berlakulah seperti orang tersebut.

  • 5. Proteksi privasi Anda

  • Privasi adalah hal yang kerap dilupakan saat kita membuka diri untuk eksis di dunia maya. Anda dengan mudahnya dapat membagi data pribadi, ataucurhat tentang segala hal, termasuk yang seharusnya menjadi rahasia dapur Anda. Tetaplah waspada dan berhati-hati. Selalu ada kemungkinan, informasi yang Anda bagi dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak berkepentingan. Tetapkan batas privasi Anda dan jelaskan dengan bijak untuk menjadi penikmat saja atau silent reader saat ada topik yang mengusik area pribadi Anda ini.

  • 6. Temui di dunia nyata

  • Sempatkan untuk hadir saat grup virtual Anda melakukan kopi darat atau pertemuan di dunia nyata. Ini adalah kesempatan berharga Anda sekalian untuk melakukan kontak sosial secara layak dan mempererat hubungan yang tidak terbatas pada jendela chat saja. Jika memungkinkan, gagaslah acara yang menarik, tidak sekadar berkumpul dan bergosip, namun disisipi juga acara yang bermanfaat. Contoh acara yang dapat digelar adalah aksi sosial, seminar mini, atau bahkan acara penyaluran hobi keterampilan seperti demo memasak, menulis, dan lain-lain.

  • Grup virtual memang mendekatkan yang jauh dan merangkul tanpa batas. Jagalah selalu hubungan baik dengan teman-teman maya Anda dan seimbangkan dengan sosialisasi Anda dengan keluarga, sahabat, serta masyarakat di dunia nyata.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

6 tata krama yang harus Anda patuhi saat eksis di 'chat group'

Seperti layaknya berteman di dunia nyata, bergaul dalam grup virtual pun ada aturannya. Banyak potensi konflik jika Anda tidak bijak bersikap dan berperilaku. Ingin eksis di grup virtual Anda tanpa mengundang musuh? Ikuti enam tata krama ini!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr