Si kecil terlambat bicara? Ini yang bisa Anda lakukan

Keterampilan berbicara anak sebaiknya memang didahulukan, sebab mereka kelak segera dapat menyampaikan semua hal baik senang maupun sedih yang mereka alami.

692 views   |   3 shares
  • Setiap tahapan tumbuh kembang anak selalu saja menakjubkan bagi orangtua. Termasuk ketika si kecil sudah mulai berbicara. Tapi, ini si kecil 'kok masih belum bisa bicara padahal teman seusianya sudah banyak yang sudah bisa bawel jauh lebih dulu. Apakah yang harus saya lakukan?

    1. Kata-kata yang cukup mudah disaat Anda mengajaknya bicara, lakukan secara berulang-ulang. Anak akan menyimpan dalam memori mereka dari setiap kata yang seringkali Anda ucapkan.

    2. Nyanyikan sebuah lagu dengan kata-kata yang mudah dan berkalimat pendek agar mereka juga dapat menyanyikannya pula dengan kata-kata yang mereka bisa. Pada awalnya mungkin mereka belum dapat mengeja dengan tepat, namun akan lebih baik lagi sambil berjalannya waktu.

    3. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan dihafal ketika mereka hendak melakukan atau meminta seperti minum(mimi'), makan(ma'em), tidur(bobo'), dan lain-lain seperti yang mungkin juga sudah banyak Anda ketahui.

    4. Kata-kata baru baginya adalah pelajaran baru, bicaralah seluas atau sebanyak perbendaharaan kata yang Anda miliki. Ajak si kecil bicara dengan berbagai variasi suara agar dia dapat terhibur dengan suara yang cukup membuat suasana seru.

    5. Mengajak buah hati untuk bersama-sama membaca buku cerita. Anda dapat mengajaknya ketika hari sudah mulai menginjak malam, sebab pada jam tersebut memang biasanya merupakan waktu bersama keluarga.

  • Jangan terlalu khawatir dengan tahapan tumbuh kembang anak yang memang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Tugas kita sebagai orangtua adalah membantu membimbing mereka melalui setiap fase dan senantiasa menjadi ayah dan ibu yang suportif terhadap buah hati.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Si kecil terlambat bicara? Ini yang bisa Anda lakukan

Keterampilan berbicara anak sebaiknya memang didahulukan, sebab mereka kelak segera dapat menyampaikan semua hal baik senang maupun sedih yang mereka alami.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr