Tips mencegah buah hati dari obesitas

Bayi dengan tubuh yang gemuk memang akan tampak lucu dan menggemaskan, hanya saja sebenarnya terdapat pengertian dengan kategori tidak sehat menurut para ahli kesehatan anak di balik hal tersebut.

175 views   |   3 shares
  • Ketika buah hati mengalami penurunan berat badan, semua orangtua akan mencari cara terbaik untuk kembali mendapatkan berat badan ideal sang buah hati. Bagi beberapa orangtua kebanyakan, mereka berpendapat bahwa bayi yang terlihat gemuk itu sehat. Bayi dengan tubuh yang gemuk memang akan tampak lucu dan menggemaskan, hanya saja sebenarnya terdapat pengertian dengan kategori tidak sehat menurut para ahli kesehatan anak di balik hal tersebut. Pengertian ini memang terdengar mengecewakan bagi para pecinta bayi montok, namun pada kenyataannya bayi dengan berat badan yang berlebih(Obesitas) memang sedang berhadapan dengan kecenderungan berberat badan berlebih yang akan sulit diatasi hingga pada usia selanjutnya. Maka dari itu untuk mencegah keburukan yang akan terjadi, lakukan beberapa pencegahan obesitas terhadap buah hati Anda. Dan untuk sebelumnya ketahuilah terlebih dahulu penyebabnya sebelum cara mencegah obesitas terhadap buah hati Anda, sebab dengan mengetahui faktor penyebabnya maka pasti akan mempermudah pencegahannya. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak mengalami obesitas:

  • Faktor keturunan

  • Menurut para ahli keturunan diabetes terutama orang tua akan memberikan resiko terhadap buah hati mereka mengalami obesitas. Obesitas yang akan mereka alami tidak menutup kemungkinan untuk dapat mereka alami pada usia balita.

  • Faktor pola makan sehari-hari

  • Penerapan pola makan dan komposisi menu makanan yang cukup berlebihan akan membuat buah hati cenderung mengalami obesitas. Contoh: pemberian zat kerbohidrat, gula, atau lemak dalam menu makanan sehari-hari yang cukup berlebihan.

  • Faktor kegiatan jasmani

  • Dibutuhkan kegiatan yang seimbang untuk memperoleh kesehatan tubuh. Tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya, disamping itu tubuh juga harus melakukan kegiatan yang cukup membakar kalori setiap harinya untuk memberdayakan kalori yang berlebih di dalam tubuh. Hal itu berlaku pada semua usia, baik balita maupun usia dewasa. Jika saja kalori dalam tubuh tersimpan terlalu banyak maka hal itu juga menjadi penyebab penumpukan lemak.

  • Nah, ada beberapa cara untuk mencegah anak yang berpotensi mengalami obesitas:

  • Pola makan dengan gizi seimbang

  • Dengan mendapatkan tubuh yang ideal, tubuh daat terhindar dari resiko obesitas. Memberikan asupan yang tepat dan seimbang yaitu, makanan yang berserat, bernutrisi lengkap secara teratur dapat selalu menjamin sistem imun tubuh serta mendapatkan berat badan yang ideal.

  • Advertisement
  • Pola makan dengan terbiasa banyak menu masakan

  • Tumbuh kembang dengan asupan yang tepat memang pada usia balita. Usia balita sangat membutuhkan berbagai macam sumber nutrisi, dengan kata lain membiasakan anak dengan berbagai macam menu masakan. Anak makan sambil tidak terbiasa memilih-milih makanan akan memberikan kesempatan ia mendapatkan gizi yang lengkap.

  • Jadwal istirahat yang tepat

  • Jam istirahat yang cukup atau terpenuhi akan mampu memperkecil buah hati Anda beresiko obesitas. Sebab, biasanya anak yang terlalu sering tidur hingga larut malam, mereka cenderung banyak ngemil.

  • Kegiatan bermain sambil olahraga,

  • Usia anak-anak hampir setiap hari dalam jam-jam tertentu seringkali mereka gunakan untuk bermain. Namun perhatian! jangan gunakan waktu bermain anak hanya termonopoli dengan permainan individu mereka, seperti game dalam gadget mereka atau melihat acara TV favorit mereka saja. Mengapa? Sebab jika mereka lebih memilih untuk bermain dengan teman-teman mereka, kebanyakan mereka bermain sambil gerak fisik, secara tidak sadar mereka samasaja melakukan olahraga ringan dan itu cukup baik.

  • Kegiatan di atas adalah cara-cara terbaik untuk dapat menjauhkan anak dari resiko terburuk dalam kehidupan mereka. Kehidupan mereka mendatang merupakan hasil dari perhatian yang saat ini Anda berikan, antara lain Kesehatan anak tergantung dari setiap perhatian yang orang tua. Dengan tubuh yang sehat mereka akan dapat menikmati kehidupan yang begitu berarti ini.

Bantu kami menyebarkan

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Tips mencegah buah hati dari obesitas

Bayi dengan tubuh yang gemuk memang akan tampak lucu dan menggemaskan, hanya saja sebenarnya terdapat pengertian dengan kategori tidak sehat menurut para ahli kesehatan anak di balik hal tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr