10 Cara Merasa Lebih Kaya dengan Mengurangi Keinginan

Terlepas dari jumlah uang yang kita punya, kita tidak pernah merasa cukup. Hal ini berlaku bagi orang terkaya maupun orang biasa. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah ada orang yang bahagia dengan apa yang mereka punya.

10,549 views   |   4 shares
  • Terlepas dari jumlah uang yang kita punya, kita tidak pernah merasa cukup. Hal ini berlaku bagi orang terkaya maupun orang biasa. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah ada orang yang bahagia dengan apa yang mereka punya. Masalahnya mereka pandai mengatur sumber mereka. Mereka yang yang lebih kaya cenderung merusak masa depan keuangan mereka dengan membeli terlalu banyak barang dan belanja di luar kemampuan mereka.

  • Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengurangi keinginan dan lebih menikmati apa yang Anda punya!

    1. Jadilah relawan di dapur umum atau penampungan tunawisma di mana Anda akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang kurang beruntung.

    2. Jangan pernah pindah ke lingkungan di mana sebagian besar tetangga Anda punya uang yang lebih banyak, punya mobil yang lebih bagus, berlibur ke tempat eksotis dan memakai pakaian yang lebih bagus daripada Anda.

    3. Carilah teman yang tidak punya uang sebanyak Anda, yang akan senang pergi makan malam ke restoran yang harganya terjangkau dan nonton ke bioskop di hari-hari yang lebih murah.

    4. Rawatlah benda-benda yang Anda punya agar Anda tidak merasakan tekanan untuk menggantinya, terutama mobil Anda.

    5. Menabunglah secara rutin dan berfokuslah pada perkembangan Anda sehingga Anda tidak terganggu dengan peluang menghemat semu di mall – membeli sesuatu yang tidak Anda perlukan karena diskon 20% berarti boros 80%.

    6. Sumbangkan sebagian dari uang hasil jerih payah Anda ke suatu kegiatan sosial yang Anda minati (pikirkan Oskar Schindler yang sedikit demi sedikit memberikan kekayaan untuk menyelamatkan teman-teman Yahudinya dari Nazi – tentunya Anda tidak harus memberikan semua uang Anda untuk menerima penghargaan lebih besar atas apa yang telah Anda lakukan).

    7. Bergabunglah dengan organisasi yang mencakup orang-orang dari semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang tidak seberuntung Anda; Anda akan menemukan bahwa Anda tidak merasa ditekan untuk menghadiri acara dengan mobil baru apabila sebagian orang yang Anda temui bahkan tidak punya mobil.

    8. Saat Anda membeli rumah, pastikan Anda punya 2 gol: mencari rumah tempat Anda dapat tinggal “selamanya” dan yang Anda mampu beli sehingga Anda tidak akan tergoda untuk pindah rumah dan agar rumah Anda tidak membuat Anda merasa sangat miskin.

    9. Berjalankakilah ke tempat-tempat yang biasanya Anda kunjungi dengan mobil (terutama jika perjalanan pulang-perginya kurang dari 2 kilometer) untuk menghemat uang dan mengingatkan Anda betapa mobil Anda adalah suatu kemewahan – sebagian besar orang di dunia bahkan tidak punya mobil.

    10. Rencanakan liburan Anda selanjutnya sebagai liburan pelayanan, membangun rumah bagi organisasi sosial atau, jika Anda mampu, pergi ke daerah miskin di mana Anda dapat melihat kemiskinan, melakukan sesuatu untuk meringankannya, dan pulang ke rumah dengan perasaan lebih menghargai hal-hal yang Anda punya.

  • Advertisement
  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "10 ways to feel richer by wanting less" karya Devin Thorpe.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Devin Thorpe is the author of Your Mark On The World and is a Forbes Contributor.

10 Cara Merasa Lebih Kaya dengan Mengurangi Keinginan

Terlepas dari jumlah uang yang kita punya, kita tidak pernah merasa cukup. Hal ini berlaku bagi orang terkaya maupun orang biasa. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah ada orang yang bahagia dengan apa yang mereka punya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr