Kekuatan besar di balik kebiasaan mengucap 'Terima kasih'

Saling 'berterima kasih' juga dapat meningkatkan taraf hidup bahagia seseorang hingga 25 persen. Karenanya tunjukkan rasa terima kasih Anda setiap saat pada orang-orang di sekitar Anda.

3,300 views   |   71 shares
  • 'Terima kasih', sebuah kalimat sederhana yang memiliki kekuatan penting dalam kehidupan. Ucapan 'terima kasih' memiliki arti penting guna menunjukkan kepedulian dan penghargaan kepada seseorang. Dalam sebuah hubungan, menunjukkan rasa terima kasih sangatlah penting untuk menghargai peran pasangan dalam kehidupan Anda berdua.

  • Sayangnya kita kerap melupakan dan kurang menunjukkan rasa terima kasih, terutama kepada orang-orang di sekitar kita. Seringnya juga, kita justru pamrih dan menganggap tidak perlu menunjukkan penghargaan berlebih walau hanya sebatas mengucapkan terima kasih. Padahal menurut saya, menunjukkan rasa terima kasih kepada orang lain (sahabat, tetangga dan keluarga kita) sangatlah penting untuk menciptakan sebuah hubungan yang sehat. Selain itu, hal ini mampu membantu membangun rasa percaya dan kedekatan, serta membantu memastikan bahwa hubungan kita tidak menjadi sebuah rutinitas yang membosankan.

  • Penelitian membuktikan bahwa walau terdengar sederhana, kata "terima kasih" mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang -baik secara fisik maupun psikis-. Psikolog Robert Emmons dari University of California yang menuliskan buku

  • mengungkapkan bahwa rasa 'terima kasih' dapat meningkatkan taraf kebahagiaan seseorang hingga 25 persen. Ia juga menuliskan bahwa orang-orang yang seringkali menunjukkan rasa terima kasih, memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, memiliki sistem imun yang kuat dan hubungan sosial yang baik dibandingkan mereka yang tidak.

  • Menunjukkan rasa terima kasih sebetulnya mudah dilakukan. Namun, bagi sebagian orang diperlukan upaya dan latihan agar dapat menjadi sebuah kebiasaan.

  • Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan rasa terima kasih adalah dengan 'mendengarkan'. Mendengarkan bisa menjadi salah satu cara kita menghargai seseorang. Mendengarkan bukan berarti kita membiarkan orang lain berbicara sesuka hatinya, melainkan benar-benar berusaha memahami apa yang sebetulnya ingin mereka sampaikan agar kita bisa menanggapi dengan bijaksana. Mendengarkan adalah sebuah tindakan nyata yang paling 'tinggi' sebagai ungkapan rasa terima kasih. Perhatian ini merupakan ungkapan 'tulus' yang menyatakan bahwa Anda menghargai lawan bicara Anda.

  • Advertisement
  • Salah satu cara lain untuk menunjukkan penghargaan adalah dengan memberikan waktu Anda. Dalam kehidupan Anda tentu sering menerima banyak permintaan bantuan dari orang-orang terdekat Anda. Seperti halnya membantu dengan proyek kegiatan mengunjungi acara-acara sosial atau sekedar mengambil cuti kerja agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

  • Saya tahu, tidak semua dapat diwujudkan karena kesibukan kita. Namun ketika kita mampu dan berusaha untuk selalu mengatakan "Ya" secara tulus, maka secara tidak langsung kita telah menunjukkan respon kepedulian kepada orang yang kita kasihi dan membuat kita lebih terbuka bagi gagasan-gagasan baru, saran serta segala kemungkinan yang akan terjadi.

  • Menurut pendapat saya, hal tersulit tetapi paling efektif untuk menunjukkan rasa terima kasih adalah dengan memaafkan. Coba pikirkan hal apa yang bisa lebih mampu melunakkan kekerasan hati selain permintaan maaf dengan tulus. Bahkan walau mungkin Anda tidak merasa bersalah.

  • Meminta maaf bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, tetapi saya menyadari bahwa dengan meminta maaf mampu membangkitkan rasa percaya, dimana rasa percaya sendiri adalah dasar bagi semua hubungan yang baik.

  • Tidak ada seorangpun yang sempurna, setiap kesalahan yang dilakukan oleh orang lain sebetulnya bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Belajar dari kesalahan orang lain bisa melatih diri kita menjadi lebih rendah hati. Jadi, berusahalah untuk selalu meminta maaf dan juga memaafkan. Hal-hal tersebut dapat membangun hubungan yang lebih kuat baik di dalam keluarga, pekerjaan ataupun masyarakat. Salam.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Kekuatan besar di balik kebiasaan mengucap 'Terima kasih'

Saling 'berterima kasih' juga dapat meningkatkan taraf hidup bahagia seseorang hingga 25 persen. Karenanya tunjukkan rasa terima kasih Anda setiap saat pada orang-orang di sekitar Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr