Ketahui 5 hal penting ini sebelum memberikan ponsel pada anak

Pertimbangkan dengan seksama tujuan Anda memberikan ponsel kepada anak. Jangan sampai penggunaan alat komunikasi ini justru merugikan bagi mereka.

677 views   |   1 shares
  • Saat ini kebutuhan untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat yang berada jauh membuat ponsel menjadi layaknya kebutuhan primer dalam masyarakat. Namun, kapan saat yang tepat bagi orang tua untuk mengenalkan anak pada ponsel pertama mereka?

  • Saya yakin setiap orang tua mampu menentukan sendiri kapan saat yang tepat untuk memberikan ponsel pertama kali kepada buah hatinya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai acuan:

  • 1. Tentukan tujuan Anda memberikan ponsel kepada anak

  • Anda perlu mempertimbangkan dengan seksama apa tujuan utama Anda memberikan ponsel kepada anak-anak. Jika tujuan supaya buah hati Anda merasa tidak ketinggalan jaman, sebaiknya urungkan niat tersebut. Kalau untuk dapat menghubungi anak setiap saat, pertimbangkan memberikan mereka ponsel sederhana dengan limit akses internet.

  • 2. Ketika anak sudah mampu memahami fungsi dari ponsel

  • "Jangan buru-buru memberikan ponsel jika buah hati Anda belum mengerti fungsi dan kegunaannya," ujar psikoterapi dan juga penulis buku "The Self Aware parent" Frand Walfish, Psy.D. Memberikan ponsel pada anak yang belum cukup umur hanya akan menghambur-hamburkan uang saja. Tidak hanya cenderung cepat rusak, lebih parahnya lagi dapat menjadi alasan bagi orang lain berbuat jahat kepada buah hati Anda.

  • 3. Berikan ponsel dengan fitur standar

  • Untuk memperkenalkan ponsel pertama kali kepada anak, tidak perlu memberikan ponsel dengan fitur canggih dan lengkap. Berikan ponsel yang memiliki fitur standar berupa telepon dan sms untuk menghindarkan anak dari upaya mengakses hal-hal yang dapat mengganggu proses belajar mereka.

  • 4. Pastikan anak mampu bertanggung jawab dan merawat alat komunikasi yang Anda berikan

  • Usia 6 tahun adalah saat yang tepat untuk memberikan ponsel pribadi kepada anak ujar Sharon Silver, pendiri dari Proactive Parenting. Pada usia ini umumnya anak sudah mulai bisa bertanggung jawab dan merawat barang-barang pribadinya. Selain itu, di usia ini anak mulai memasuki sekolah dasar sehingga penggunaan ponsel memudahkan orang tua memantau aktivitas dan keberadaan anak.

  • 5. Hentikan sejenak memberikan fasilitas ponsel jika anak Anda terganggu konsentrasi belajarnya

  • Jaman sekarang anak-anak terkadang menolak diberi ponsel dengan fasilitas standar yang dianggap sudah ketinggalan jaman. Anda boleh memberikannya ponsel terbaru, namun berikan syarat untuk lebih bertanggung jawab dengan mempertahankan nilai di sekolahnya. Jangan sampai buah hati Anda justru terganggu konsentrasi belajar akibat kebanyakan main gadget.

  • Advertisement
  • Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memberikan ponsel pribadi kepada anak. Sebagai orang tua, selalu lakukan pengawasan untuk melindungi buah hati Anda dari pengaruh negatif ponsel dan peralatan teknologi lainnya. Jadilah orang tua yang protektif namun tetap fleksibel, sehingga anak-anak mampu memahami dan belajar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Ketahui 5 hal penting ini sebelum memberikan ponsel pada anak

Pertimbangkan dengan seksama tujuan Anda memberikan ponsel kepada anak. Jangan sampai penggunaan alat komunikasi ini justru merugikan bagi mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr