Yuk, bantu anak agar tidak menjadi pribadi pemalu

Anak pemalu biasanya cenderung untuk gelisah terhadap dirinya sendiri, terlalu memikiran apa yang orang lain katakan. Kecenderungan ini membuat anak pemalu menghindari tempat keramaian karena tidak ingin menjadi pusat perhatian.

863 views   |   11 shares
  • Anak lahir ke dunia ini pasti memiliki karakter yang sifat yang berbeda - beda. Ada yang sangat pemberani dan juga yang sangat pemalu. Kali ini kita akan membahas tentang anak pemalu, hal ini sering kita jumpai pada anak - anak zaman sekarang. Memang rasa malu suatu hal yang wajar terjadi pada setiap manusia, tetapi hal ini bisa menjadi gangguan jika hal ini membuat anak menjadi tidak percaya diri, tidak mau bertemu dengan orang lain, gemetar saat dipertemukan dengan ornag lain. Anak pemalu biasanya cenderung untuk gelisah terhadap dirinya sendiri, terlalu memikiran apa yang orang lain katakan. Kecenderungan ini membuat anak pemalu menghindari tempat keramaian karena tidak ingin menjadi pusat perhatian. Tanda - tanda yang muncul dapat kita kenali seperti tidak pernah menatap mata lawan bicaranya, lebih pendiam, penakut, dan lain sebagainya. Keadaan fisik yang kurang, kemampuan berbicara yang kurang, dan faktor lingkungan adalah beberapa hal yang mampu menjadi penyebab anak menjadi pemalu. Akan sangat disayangkan jika anak kita menjadi anak yang pemalu dan hal ini akan berpengaruh pada kehidupannya di masa depan. Maka diperlukan perhatian khusus dari orangtua mengenai hal yang satu ini.

  • 1. Jangan pernah menyebut anak itu pemalu atau penakut

  • Hal yang perlu diketahui oleh orangtua terhadap anaknya yang pemalu adalah jangan sekali-kali menyebut anak itu sebagai seorang yang pemalu dan penakut. Hal seperti ini akan membuat anak semakin tertekan dan membuat dirinya rendah diri atau minder. Kata - kata seperti itu akan terus terngiang-ngiang di ingatannya bahwa dia adalah seorang yang pemalu. Ini membuat anak semakin terpuruk.

  • 2. Sesering mungkin ajak anak untuk berinteraksi sosial

  • Mengurung anak di rumah atau membiarkan anak untuk sering merasa sendiri bukan pilihan yang tepat. Hal ini justru membuat diri mereka enggan untuk berinteraksi dengan orang lain dan semakin membuat mereka menjadi pemalu. Jika anak sudah mulai terbiasa dan suka dengan kesendiriannya maka hal ini tidak mudah untuk diubah karena mereka sudah nyaman dengan kesendiriannya.

  • 3. Merangsang anak untuk mau berbicara

  • Kemampuan anak dalam berkomunikasi juga menjadi faktor untuk mengurangi sifat malu dari anak. Seringlah ajak anak untuk berbicara dalam rumah karena hal ini juga melatih anak untuk lebih cakap dalam berbicara dengan lawan bicaranya kelak.

  • 4. Tingkatkan kepercayaan diri anak dengan menemukan kelebihan dan bakat anak

  • Meningkatkan rasa percaya diri anak juga menjadi tolak ukur kita untuk mengurangi sifat malu pada anak. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara menemukan dan mengasah bakat anak kita. Perlu adanya dukungan dan juga bimbingan dari orangtua. Hal ini yang membuat anak semakin percaya diri dengan kemampuannya dan akan sangat efektif untuk mengurangi sikap malu mereka.

  • Advertisement
  • 5. Berikan pujian agar dia termotivasi terus maju

  • Pujian juga menjadi terapi yang baik dalam mengatasi hal ini, pada sejatinya manusia sangat suka untuk dipuji dan disanjung. Berikan pujian kepada mereka saat mereka berhasil berinteraksi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya. Anak akan merasa bahwa hasil kerja keras yang dia lakukan juga mendapat apresiasi dan dihargai, sehingga mereka akan lebih termotivasi dan melakukan hal yang lebih baik lagi.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Yuk, bantu anak agar tidak menjadi pribadi pemalu

Anak pemalu biasanya cenderung untuk gelisah terhadap dirinya sendiri, terlalu memikiran apa yang orang lain katakan. Kecenderungan ini membuat anak pemalu menghindari tempat keramaian karena tidak ingin menjadi pusat perhatian.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr