Pentingnya menyesuaikan menu dengan waktu makan Anda

Sesuaikanlah menu Anda, antara sarapan, makan siang dan makan malam. Ini penting!

240 views   |   4 shares
  • Dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh kita akan berkurang. Karena itu jika kita sudah berusia 30 tahun, dan kita tetap makan makanan yang sama dengan jumlah yang sama, berat badan kita akan bertambah. Ada 5 petunjuk untuk membantu memanfaatkan makanan Anda.

  • 1. Supaya lebih berenergi, makanlah sarapan yang mengandung protein

  • Penting untuk menjaga agar gula darah tetap pada tingkatan yang sama sepanjang hari supaya energi tidak menurun drastis secara mendadak. Makan makanan yang manis di pagi hari dapat menaikkan energi dengan cepat, tetapi begitu pengaruhnya hilang Anda akan merasa lemas.

  • Makanlah protein sebagai bagian dari sarapan Anda. Telur mengandung banyak protein. Anda dapat membuatnya telur dadar dengan menambahkan sayur-sayuran seperti tomat yang dipotong kecil-kecil, bayam, jamur, tahu, cabai dan apa saja yang Anda sukai. Protein merangsang hormon yang menimbulkan rasa kenyang dan mengurangi hormon yang menimbulkan rasa lapar. Selain telur, dada ayam (untuk bubur ayam, soto), ikan laut (dibakar, dibumbu kecap, cabai dan jeruk nipis)

  • 2. Sesudah olahraga cobalah memakan paduan karbohidrat dan protein

  • Penelitian menunjukkan makanan kecil yang mengandung karbohidrat dan protein cocok untuk mengembalikan energi sehabis olahraga. Stuart Phillips, direktur Penelitian Nutrisi, Olahraga dan Kesehatan di Universitas McMaster di Hamilton, Ontario, mengatakan supaya mendapat dampak maksimum, makanlah snack itu dalam waktu satu jam sesudah olahraga.

  • Orang membutuhkan protein untuk menguatkan otot yang makin mengendur dengan bertambahnya usia. Bagi wanita dibutuhkan 46 gram protein dan bagi pria 56 gram sehari. Power snack yang banyak dijual di toko sekarang dapat membantu Anda untuk itu. Perhatikan kandungan kalorinya yang tertera pada kertas bungkusnya. Tidak semua power snack terasa enak bagi Anda, jadi cobalah dulu sebelum membeli dalam jumlah besar.

  • 3. Untuk membantu mengurangi berat badan, makanlah lebih banyak di siang hari

  • Menurut penelitian di tahun 2003 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, orang yang beratnya berlebihan yang makan banyak di siang hari kehilangan lebih banyak berat dibanding dengan yang makan banyak di petang hari meskipun kegiatan mereka sama. Tubuh Anda membakar kalori lebih banyak di siang hari daripada di malam hari.

  • 4. Konsumsi kacang-kacangan

  • Di sore hari makanlah segenggam kacang-kacangan seperti kacang, almond, pistasio, walnut, dan sejenisnya untuk menunjang energi dan mengurangi rasa lapar. Menurut Dr. Emilio Ros, seorang peneliti di Klinik Barcelona, makan segenggam kacang-kacangan setiap sore mengurangi kemunduran daya kerja otak pada orangtua. Selain itu, makan kacang-kacangan juga mengurangi tanggapan otak yang biasanya merangsang keinginan untuk makan."

  • Advertisement
  • 5. Supaya tidur pulas, makanlah makanan yang mengandung serat

  • Menurut studi di tahun 2016 yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine ditemukan bahwa makan makanan yang berserat tinggi dan rendah dalam lemak serta gula dapat membuat orang jatuh tidur dalam 20 menit.

  • Makanan berserat tinggi juga menunjang sistem kekebalan tubuh, menurut penulis kesehatan Marie-Pierre St-Onge, asisten profesor di Pusat Kesehatan Universitas Columbia di New York. Menjauhi kulkas sesudah makan malam dapat membantu tidur. Karena makan snack memberi tanda kepada tubuh bahwa sudah saatnya untuk bangun dan melakukan kegiatan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pentingnya menyesuaikan menu dengan waktu makan Anda

Sesuaikanlah menu Anda, antara sarapan, makan siang dan makan malam. Ini penting!
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr