3 langkah bijak yang bisa Anda tempuh sebelum berpikir tentang perceraian

Untuk keluar dari sebuah kesulitan ada banyak cara yang dapat Anda tempuh. Pastikan bahwa jalan itu bukan yang termudah namun salah.

1,009 views   |   7 shares
  • Manusia sering kali tidak menimbang risiko perbuatannya, pikirannya hanya terpusat kepada satu hal, baik maupun buruk. Dia tidak mencari jalan keluar yang lain karena tidak melihatnya.

  • Dalam kehidupan rumah tangga yang, kedua pasangan mungkin berpikir hanya perceraianlah jalan satu-satunya untuk keluar dari gejolak rumah tangga mereka. Khususnya bila tidak ada anak-anak yang terlibat, dengan mudah kedua pasangan memutuskan untuk bercerai. Bahkan pasangan yang sudah mempunyai beberapa anak mengambil keputusan untuk bercerai tanpa mempertimbangkan pengaruhnya terhadap anak-anak mereka. Padahal bila mereka bertekad bahwa perceraian bukanlah jalan keluar, mereka masih dapat menempuh beberapa cara lain untuk mengatasi keretakan rumah tangga mereka. Apa saja cara-cara itu?

  • Buatlah daftar

  • Sebelum menemui penasihat perkawinan, buatlah sebuah daftar. Apa saja yang membuat pernikahan yang semula Anda berdua dambakan goyah? Apakah kejenuhan hidup sehari-hari membuat cinta Anda luntur? Sewaktu Anda masih berpacaran apa saja yang membuat Anda tertarik kepada pasangan Anda? Masihkah dia memiliki sifat dan karakter yang dulu menyebabkan hati Anda berdebar-debar? Seusai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini di kertas, bahaslah bersama pasangan Anda segala hal yang Anda anggap menjadi penyebab perselisihan Anda.

  • Carilah nasihat

  • Pergilah ke kepala agama Anda seperti alim ulama, pastor, atau uskup untuk mendapat penjelasan, nasihat, pandangan yang dapat membantu Anda berdua menyelesaikan masalah yang ada. Jika ini masih belum membantu, pergilah ke dokter, bila itu yang Anda berdua perlukan, atau penasihat pernikahan. Sebagai pakar mereka memiliki jalan yang dapat membantu Anda di bidang medis atau psikologi untuk memecahkan kesulitan-kesulitan Anda.

  • Komunikasi

  • Menurut para pakar perkawinan, komunikasi adalah salah satu unsur terpenting dalam sebuah perkawinan. Makin sering dilakukan komunikasi yang baik, makin erat hubungan antara pasangan. Berbicaralah secara tenang dan baik-baik. Bila Anda terbiasa berbicara dengan lantang, pergilah ke perpustakaan atau tempat umum lainnya di mana Anda terpaksa harus mengendalikan nada suara Anda. Bahaslah hal-hal yang menyebabkan perselisihan dan berusahalah mencari jalan keluarnya. Dengarkan dengan baik segala yang dikemukakan pasangan Anda, jangan cepat-cepat memotong untuk membela diri. Berusahalah memahami keberatannya dan carilah jalan untuk mengatasi hal itu.

  • Dari semua nasihat di atas, yang paling utama ialah memohon bantuan dari Sang Pencipta untuk mengatasi semua masalah yang ada. Apa pun kepercayaan dan keyakinan Anda berdua, ajaklah pasangan Anda untuk memohon bimbingan-Nya dengan harapan Anda berdua menjadi lebih rendah hati dan terbuka untuk menerima petunjuk yang dapat membantu memecahkan masalah.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

3 langkah bijak yang bisa Anda tempuh sebelum berpikir tentang perceraian

Untuk keluar dari sebuah kesulitan ada banyak cara yang dapat Anda tempuh. Pastikan bahwa jalan itu bukan yang termudah namun salah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr