7 hal yang harus diingat sebelum memberi makanan pada buah hati Anda

Tidak semua makanan atau bahan makanan bisa kita berikan kepada anak untuk dikonsumsi. Orangtua diharapkan memiliki pengetahuan yang luas tentang pemberian asupan makanan bagi putra putri tercinta mereka.

289 views   |   shares
  • Dalam usia pertumbuhan, asupan nutrisi yang cukup sangat diperlukan oleh anak. Terlihat sepele memang saat kita memberikan makan kepada anak, tetapi hal ini cukup berpengaruh dalam proses tumbuh kembangnya. Memberikan makan kepada anak bukan hal yang sepele dan mudah dilakukan, tetapi merupakan hal yang penting dan perlu banyak perhatian dari orangtua. Tidak semua makanan atau bahan makanan bisa kita berikan kepada anak untuk dikonsumsi, perlu adanya pengawasan dari orangtua dalam hal ini. Untuk itu orangtua perlu dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang pemberian asupan makanan bagi anak. Berikut hal-hal yang hendaknya orangtua perhatikan saat mereka memberikan makanan kepada anak:

  • 1. Kandungan nutrisi makanan

  • Karbohidrat, protein, lemak adalah zat makanan makro yang diperlukan oleh tubuh. Zat - zat tersebut sangat diperlukan anak untuk proses tumbuh kembangnya. Zat - zat seperti ini harus ada dalam setiap makanan yang kita berikan kepada anak. Lainnya seperti vitamin, mineral, asam amino esensial lainnya sebagai pelengkap dan penambah nutrisi yang juga dibutuhan oleh anak kita.

  • 2. Berikan porsi yang sesuai dengan kebutuhan anak

  • Terkadang orangtua masih keliru dalam memberikan porsi makanan bagi anak. Bukan seberapa banyak anak makan dalam sehari tetapi seberapa banyak kebutuhan energi yang anak butuhkan yang harus dipenuhi. Hal ini dilakukan agar anak terhindar dari obesitas (kegemukan) dan kekurangan gizi.

  • 3. Kebersihan makanan

  • Hal ini tidak terlepas dari perhatian kita juga. Kebersihan makanan memiliki pengaruh yang besar dalam kesehatan anak kita. Hampir sebagian besar penyakit yang timbul menyerang sistem pencernaan, oleh karena itu alangkah baiknya jika kita dapat mengolah makanan tersebut sendiri sehingga kita mengetahui seberapa bersihnya makanan tersebut daripada harus membelinya di mana kita tidak tahu bagaimana cara mengolahnya. Bukan hanya itu saja, dengan mengolah makanan sendiri kita juga bisa berhemat daripada harus membeli makanan.

  • 4. Memastikan makanan dimakan oleh anak

  • Jika memungkinkan, dampingi anak ketika makan. Sebagai orangtua kita ingin memastikan jika buah hati kita bisa memakan makanan yang kita berikan. Bagaimanapun ini juga merupakan bentuk perhatian yang kita berikan kepada anak kita agar mereka menyadari bahwa dirinya sedang diperhatikan.

  • 5. Sesuaikan tekstur makanan sesuai dengan kemampuan mengunyah dan mencerna anak

  • Tekstur makanan tidak kalah penting juga untuk kita perhatikan. Setiap anak memiliki kemampuan mengunyah dan mencerna berbeda - beda. Kemampuan anak dalam mengunyah dan menelan dapat kita ketahui melalui umur mereka dan pertumbuhan gigi mereka. Oleh karena itu, sesuaikan makanan dengan kemampuan anak agar makanan tersebut dapat dicerna sempurna oleh pencernaan anak.

  • Advertisement
  • 6. Berikan makanan yang bervariasi

  • Dengan memberikan makanan yang bervariasi kita dapat memberikan aneka jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak kita. Menyajikan makanan yang sama tiap harinya cenderung membuat anak bosan dan pada akhirnya anak tidak memiliki selera makan.

  • 7. Jadilah panutan yang baik untuk anak kita dalam hal makan

  • Sebagian besar apa yang dilakukan orangtua pasti akan ditiru oleh anak. Bukan hanya dalam berperilaku tetapi juga dalam soal makan. Tunjukkan sikap yang baik saat makan mulai dari etika makan, cara menghargai makanan, dan makan makanan yang sehat.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

7 hal yang harus diingat sebelum memberi makanan pada buah hati Anda

Tidak semua makanan atau bahan makanan bisa kita berikan kepada anak untuk dikonsumsi. Orangtua diharapkan memiliki pengetahuan yang luas tentang pemberian asupan makanan bagi putra putri tercinta mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr