Apakah Kursi Mobil Ini akan Menyelamatkan Nyawanya? Cara Memilih Kursi Mobil yang Tepat buat Anak Anda

Memilih kursi mobil untuk anak Anda tidak harus susah atau menegangkan leher, hanya memerlukan sedikit pengetahuan tentang masalah ini.

1,410 views   |   shares
  • Kadang-kadang memilih kursi mobil yang tepat untuk anak Anda dapat membuat Anda stres. Deretan pilihan di toko-toko maupun di penjualan daring tampak tiada akhir. Memilih kursi mobil untuk anak Anda tidak harus susah atau menegangkan leher, hanya memerlukan sedikit pengetahuan tentang masalah ini.

  • Ada 3 jenis utama untuk kursi mobil: menghadap ke belakang, menghadap ke depan, dan jenis.

  • Jenis yang menghadap ke belakang

  • Kursi mobil yang menghadap ke belakang adalah yang paling aman buat anak Anda. Anak Anda akan tetap menghadap ke belakang sepanjang pihak pabrikan membuat spesifikasi kursi tersebut. Jika terjadi kecelakaan, kursi mobil yang menghadap ke belakang akan melindungi kepala, leher, dan punggung anak Anda. Ada tiga jenis kursi mobil yang menghadap ke belakang: khusus bayi, yang dapat diubah-ubah, atau model . Kursi mobil untuk bayi dimaksudkan untuk memberikan kemudahan untuk membawa-bawa bayi Anda. Kursi tersebut dapat dilepaskan dari mobil dengan mudah. Kursi mobil untuk bayi hanya dapat digunakan dalam posisi yang menghadap ke belakang. Tetapi kursi mobil yang dapat diubah-ubah dapat digunakan menghadap ke belakang hingga anak Anda sudah terlalu besar melewati batas ukuran tinggi dan berat badan. Kemudian kursi tersebut dirancang agar bisa diputar untuk dapat menjadi kursi mobil yang menghadap ke depan. Jenis yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya menghadap ke belakang, menghadap ke depan, dan sebagai

  • Jenis yang menghadap ke depan

  • Sebagaimana telah dispesifikasikan sebelumnya, anak tidak boleh dipindahkan ke kursi mobil yang menghadap ke depan sampai dia melewati batas ukuran tinggi dan berat badan untuk kursi yang menghadap ke belakang. Kursi mobil yang menghadap ke depan memiliki pengikat di bagian atas untuk mengurangi jumlah gerakan ke arah depan jika terjadi kecelakaan. Ada 3 jenis kursi mobil yang menghadap ke depan: jenis yang dapat diubah-ubah, jenis menghadap ke depan dengan sabuk pengikat, serta jenis .

  • Jenis

  • Kegunaan kursi adalah untuk memastikan bahwa sabuk pengaman untuk leher dan pangkuan di mobil Anda pas dengan ukuran badan anak Anda. Jika kedudukan sabuk tidak pas, maka dapat meningkatkan cedera jika terjadi kecelakaan. Ada tiga jenis kursi jenis : jenis bersandaran tinggi, jenis tanpa sandaran, dan jenis . Kursi jenis bersandaran tinggi menjadi penyangga untuk kepala anak Anda, sementara jenis kursi tanpa sandaran tidak berfungsi sebagai penyangga kepala. Kursi jenis tanpa sandaran hanya boleh digunakan jika mobil Anda menyediakan penyangga yang memadai untuk kepala anak Anda. Terakhir, kursi mobil jenis dapat digunakan sebagai bila sabuk pengikatnya dilepas.

  • Advertisement
  • Catatan penting saat melakukan perjalanan bersama anak yang harus menggunakan kursi mobil. Para orang tua hendaknya tidak meremehkan keamanan yang dapat diberikan melalui kursi mobil hanya karena mereka membawa anak-anak mereka ke luar negeri. Penggunaan kursi mobil diharuskan di sebagian besar negara-negara di Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Sementara negara-negara lain di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, Asia Tenggara, atau kawasan Afrika tidak mengharuskan penggunaan kursi mobil, kondisi perjalanan dan jalan-jalan di beberapa wilayah ini akan membuat Anda mempertimbangkan untuk menyediakan kursi mobil demi keselamatan anak Anda. Untungnya, banyak perusahaan penjualan secara daring menawarkan kursi mobil yang dirancang secara khusus untuk perjalanan. Kursi-kursi tersebut ringan dan menawarkan rancangan multifungsi. Contohnya, dirancang agar sesuai dengan tempat duduk di pesawat udara, mobil, dan dapat dimasukkan di bawah meja sebagai kursi tinggi. Saat tidak digunakan, kursi tersebut dapat dilipat sehingga dapat dimasukkan ke dalam koper. Sementara sejumlah perusahaan penyewaan mobil dan transportasi di kota-kota besar, baik di AS dan luar negeri menyediakan kursi mobil, kadang-kadang lebih baik bila Anda mempersiapkan sendiri, agar Anda tahu bahwa anak Anda akan terlindungi saat melakukan perjalanan.

  • Sekarang Anda telah mengetahui jenis-jenis kursi mobil, tugas Anda ialah memilih sesuai dengan usia dan ukuran badan anak Anda. sangat menyarankan para orang tua untuk tetap menaruh anak-anak mereka di kursi yang menghadap ke belakang hingga usia 2 tahun, kecuali mereka melewati batas ukuran tinggi dan berat badan yang ditetapkan dari pabrik. Anak-anak yang berusia 2–4 tahun perlu kursi mobil yang menghadap ke depan dengan sabuk pengikat, tetapi ketahuilah bahwa semakin lama dia diikat dengan sabuk pengikat maka akan semakin baik. Anak-anak hendaknya tetap berada di kursi sampai sabuk pengaman untuk bahu dan pangkuan mereka sudah pas dengan ukuran badan mereka.

  • Ada banyak pilihan yang tersedia untuk semua jenis kursi mobil. Tersedia dalam berbagai rentang ukuran, warna, dan harga. Cari-carilah terlebih dahulu sebelum Anda membelinya. Anda dapat menemukan tinjauan secara daring untuk rentang yang luas dari kursi mobil. Dengan membaca tinjauan dan melihat komentar tentang fitur-fitur yang kebanyakan orang sukai dan tidak sukai tentang kursi mobil tertentu, lalu menilai apakah hal-hal tersebut berarti bagi Anda dan dapat membantu mempersempit pilihan Anda. Anda dapat menemukan video-video tentang cara memasang kursi mobil jenis tertentu. Kemudahan pemasangan merupakan fitur penting untuk dipertimbangkan, khususnya bila Anda akan sering memindahklan kursi mobil tersebut dari satu mobil ke mobil lainnya.

  • Advertisement
  • Pengetahuan baru ini akan memungkinkan Anda untuk memilih kursi mobil yang paling cocok untuk anak Anda tanpa terlalu banyak kesulitan. menyatakannya dengan cara yang paling baik, “Kursi mobil atau yang tepat untuk anak Anda dan mobil Anda adalah kursi mobil yang Anda gunakan dengan benar setiap kali Anda melakukan perjalanan.”

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Will this car seat save her life? How to choose the right car seat for your child” karya LeAnn Mills.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

A native of Washington state, LeAnn Udy Mills currently resides in Harrisville, Utah. She is a mother of two and a graduate of Utah State University with a degree in elementary education.

Apakah Kursi Mobil Ini akan Menyelamatkan Nyawanya? Cara Memilih Kursi Mobil yang Tepat buat Anak Anda

Memilih kursi mobil untuk anak Anda tidak harus susah atau menegangkan leher, hanya memerlukan sedikit pengetahuan tentang masalah ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr