Stop hancurkan masa depan anak Anda dengan terus memanjakannya!

Berikan anak kesempatan untuk membantu dan melayani orang lain dalam keluarga. Kebiasaan ini akan mempersiapkan mereka untuk bisa menjaga diri mereka sendiri dan melakukan pelayanan dalam masyarakat kelak.

3,175 views   |   47 shares
  • Banyak orangtua mengakui sangat sulit mengatasi rengekan dari anak-anaknya saat meminta sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan mereka, tetapi lebih pada keinginan yang belum dapat terkontrol. Mereka menyadari bahwa anak-anak terlalu sering dibombardir oleh tayangan iklan dan lingkungan sekitar yang membujuk mereka untuk menginginkan sesuatu hingga merengek dan memaksa orang tua membelikan berbagai macam hal melebihi yang mereka butuhkan. Hal ini juga dikabulkan oleh para orang tua dengan harapan buah hatinya akan merasa cocok dan bisa diterima oleh kawan-kawannya.

  • Dr. Connie Dawson, penulis dari 'How Much is Enough', menuliskan "Ketika orang tua memberikan kepada anak barang yang berharga mahal, lakukan juga hal-hal yang dapat membuat mereka mampu menjadi mandiri. Jangan pernah berharap anak-anak bersedia melakukan pekerjaan (yang Anda perintahkan), jangan pula berharap Anda bisa memiliki peraturan yang baik, jika Anda masih memanjakannya."

  • Sebagai orang tua Anda bisa memulai untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh kebiasaan memanjakan anak, dengan melakukan dua hal berikut ini:

  • 1. Bantu anak-anak menngembangkan kesabarannya.

  • Banyak orang tua yang kerap tidak membiarkan anak-anak mereka belajar arti kesabaran. Mereka kerap melupakan bahwa dalam kehidupan nyata setiap persoalan tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat, namun membutuhkan waktu untuk bisa menemukan solusi menghadapi pergumulan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan berusaha cepat-cepat untuk mengatasi masalah buah hati Anda. Lakukanlah secara bertahap dan ajarkan pula anak-anak arti dari perjuangan menyelesaikan masalah mereka sendiri, karena itu sangat baik untuk masa depan mereka.

  • 2. Beri anak Anda kesempatan untuk mengembangkan tanggung jawab dan merasa dihargai.

  • Mereka sangat membutuhkan bantuan dari Anda, sebab mereka sedang mempelajari kemampuan yang diperlukan dalam kehidupan mereka kelak. Mereka juga sangat membutuhkan Anda untuk memberikan mereka tugas sehari-hari, di mana mereka bisa melatih diri bertanggung jawab. Dengan melakukan hal ini Anda telah membantu anak-anak menjadi lebih dewasa secara pribadi, bukan sekedar tumbuh dan berkembang.

  • Setiap anak pasti akan mengalami kesulitan ketika pertama kali mengerjakan tugas harian mereka. Akan tetapi, jika orang tua menyerah dan tidak menggalakkan kebiasaan anak untuk mengerjakan tugas-tugas mereka (yang sesuai dengan usia anak), maka mereka dapat cenderung tumbuh menjadi pribadi yang tidak memiliki tanggungjawab dan akan merugikan orang tua dan bahkan diri si anak sendiri.

  • Advertisement
  • Karenanya, tidak peduli berapa usia anak Anda pastikan ia memperoleh setiap tugas harian yang mencakup tujuan berikut ini:

    • Membantu anak belajar keahlian bertahan hidup

    • Membantu anak menjadi anggota keluarga yang berharga

    • Membantu anak menjadi anggota masyarakat yang baik

  • Dengan memberikan kepada anak Anda kesempatan untuk membantu dan melayani orang lain dalam keluarga, Anda telah mempersiapkan mereka untuk bisa menjaga diri mereka sendiri dan melakukan pelayanan dalam masyarakat. Selalu ingat, bagaimana anak tumbuh di masa mendatang, adalah manifestasi dari pola asuh Anda saat ini. Berhenti memanjakan mereka!

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Stop hancurkan masa depan anak Anda dengan terus memanjakannya!

Berikan anak kesempatan untuk membantu dan melayani orang lain dalam keluarga. Kebiasaan ini akan mempersiapkan mereka untuk bisa menjaga diri mereka sendiri dan melakukan pelayanan dalam masyarakat kelak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr