Surat wasiat. Kapankah saya harus menyiapkannya?

Anda tidak perlu menunggu sampai menjadi buyut atau sakit-sakitan untuk membuat surat wasiat, karena umur manusia tidak dapat diduga.

290 views   |   3 shares
  • Anda tidak perlu menunggu sampai menjadi buyut atau sakit-sakitan untuk membuat surat wasiat, karena memang usia tidak dapat diduga.

  • Kejadian nyata ini dituturkan oleh seseorang yang saya kenal. Salah seorang keluarganya meninggal tanpa sempat menulis surat wasiat. Tetapi, ajaibnya sesudah beberapa jam meninggal dia sempat hidup kembali. Tentu saja keadaannya tidak sesehat seperti sebelum sakit. Kualitas hidupnya menurun, segala sesuatu harus ada yang membantu. Dia sempat hidup dua tahun lagi namun berubah menjadi pemarah, dan berkali-kali menyatakan menyesal kenapa dia tidak dibiarkan mati saja.

  • Inilah salah satu kerugian meninggal tanpa surat wasiat. Seandainya dia sempat meninggalkan pesan, agar bila keadaannya sudah payah jangan diusahakan untuk memulihkannya, keluarganya tidak akan membuat kesalahan itu.

  • Ini dapat menjadi contoh bagi orang-orang lain. Jangan menunggu sampai Anda berusia lanjut sebelum menyusun surat wasiat. Di mana Anda ingin dikuburkan? Apakah Anda mempunyai asuransi yang dapat dipakai membiayai penguburan Anda? Jangan menganggap semua ini tabu, lantaran kepercayaan bahwa sesuatu yang belum terjadi tidak boleh dibicarakan sebelum waktunya. Anda tidak tahu berapa panjang umur Anda. Bagaimana jika sesuatu terjadi besok dan Anda tidak siap? Sanak keluarga Anda-lah yang harus memutuskan sendiri apa yang harus dikerjakan.

  • Belum lagi bila Anda mempunyai uang di bank atau asuransi yang lumayan berarti. Siapakah orang yang akan Anda percaya untuk mewarisinya? Salah-salah bila keluarga Anda tidak tahu uang itu akan mendekam di bank atau perusahaan asuransi. Dan ada kemungkinan hubungan mereka retak karena memperebutkan harta warisan.

  • Sebaiknya, sementara Anda dan pasangan hidup Anda masih sehat dan dapat berpikir dengan jelas, aturlah segala keinginan Anda di kertas dan tanda tangani serta sahkan dengan bantuan notaris. Ajaklah keluarga Anda berembuk supaya tidak ada rasa iri atau sirik di antara mereka karena Anda masih dapat menjelaskan mengapa Anda mengambil keputusan-keputusan itu.

  • Cantumkan juga hal-hal penting mengenai kesehatan Anda. Seperti bila Anda misalnya koma dan harus dibantu dengan selang-selang untuk menunjang kehidupan Anda. Mungkin Anda tidak ingin memberatkan keluarga yang merawat, ditambah biaya rumah sakit yang tidak terkira. Jika Anda tidak meninggalkan pesan, keluarga Anda akan sangat terbebani. Lain bila Anda yang memutuskan dan tidak ingin merepotkan mereka. Tentu memberi mereka perasaan lebih lega karena mengetahui memang itu kehendak Anda.

  • Advertisement
  • Anda juga dapat meminta bantuan pengacara bila warisan Anda lumayan jumlahnya supaya tidak ada kesalahan ketika menyusunnya. Selain itu pengacara juga dapat memberi nasihat hukum seperlunya. Seandainya anak-anak Anda masih kecil, Anda perlu memikirkan bila sesuatu yang buruk terjadi kepada Anda dan suami, siapa yang harus menjaga mereka? Tentu saja semua ini hendaknya dibicarakan lebih dulu dengan orang yang bersangkutan. Jangan seperti di film komedi Hollywood, di mana sepasang muda-mudi yang belum menikah tiba-tiba harus menjaga bayi saudaranya yang meninggal karena kecelakaan.

  • Mungkin orang-orang yang Anda ajak berbicara akan menertawakan Anda dan menganggap Anda aneh. Tetapi bukanlah sesuatu yang aneh untuk mempersiapkan surat wasiat sewaktu Anda masih dapat berbicara. Anda masih dapat mengubahnya sepuluh tahun kemudian bila ternyata keadaan Anda berbeda. Di sinilah pentingnya peran surat wasiat bagi orang-orang yang Anda cintai. Pesan penting yang Anda tinggalkan demi kedamaian hati mereka. Supaya tidak ada keraguan tentang apa saja yang Anda inginkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Surat wasiat. Kapankah saya harus menyiapkannya?

Anda tidak perlu menunggu sampai menjadi buyut atau sakit-sakitan untuk membuat surat wasiat, karena umur manusia tidak dapat diduga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr