Sinyal penting apa yang ingin disampaikan tubuh pada Anda lewat jerawat?

Jerawat adalah salah satu signal yang berusaha dikomunikasikan oleh tubuh kepada Anda. Apa kira-kira?

37,361 views   |   130 shares
  • Menemukan si merah hinggap di wajah Anda pada suatu hari tak pelak membuat hari indah Anda sekejap sirna. Jerawat, sebuah peradangan pada kulit akibat bakteri jahat acne vulgaris. Ia dapat menyerang siapa saja, tanpa pandang jenis kelamin ataupun usia.

  • Di balik serangan jerawat, ternyata ada sesuatu yang ingin disampaikannya. Berdasarkan lokasi timbulnya jerawat, Anda dapat mengungkap masalah yang ada di dalam tubuh Anda. Mulailah bercermin dan telusuri apa yang terjadi pada kesehatan Anda.

  • 1. Jerawat pada area dahi

  • Area dahi menggambarkan kondisi saluran pencernaan Anda. Munculnya jerawat pada area ini merupakan tanda bahwa pencernaan Anda bekerja terlalu keras untuk mencerna lemak berlebih dalam asupan Anda. Jerawat di tengah dahi juga merupakan indikasi adanya masalah pada organ hati Anda. Minumlah air putih lebih banyak dan gantilah menu lemak jenuh Anda dengan sayuran serta buah-buahan segar. Apabila Anda mengonsumsi minuman beralkohol, sudah saatnya Anda berhenti demi kesehatan organ hati Anda. Istirahat cukup dan berkualitas juga akan membantu pemulihan fungsi hati. Selain itu, jerawat pada area dahi juga dapat terjadi karena kotornya poni atau rambut Anda akibat produk rambut yang tidak cocok seperti semir rambut atau produk penata rambut. Segera bersihkan rambut Anda untuk menyingkirkan tamu tak diundang di dahi Anda.

  • 2. Jerawat sekitar mata dan telinga

  • Tumbuhnya jerawat pada area sekitar mata dan telinga adalah pertanda terjadi gangguan pada ginjal Anda. Tubuh mengalami dehidrasi akibat konsumsi minuman yang memperberat kerja ginjal, seperti soda, minuman berkarbonasi, alkohol, dan minuman tinggi kafein. Tingkatkan segera asupan air putih Anda untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan optimal dan membantu pengeluaran zat-zat tidak berguna dari dalam tubuh Anda.

  • 3. Jerawat pada hidung

  • Hidung yang berjerawat menunjukkan beberapa hal pada Anda. Pertama, telah terjadi gangguan pada sistem peredaran darah Anda. Kemungkinan terletak pada tekanan darah atau tingginya kolesterol di dalam darah Anda. Mulailah mengganti jenis lemak Anda dengan lemak baik atau lemak esensial dari ikan segar dan kacang-kacangan serta mengurangi hidangan kemasan atau cepat saji. Kedua, periksa kembali kosmetik Anda. Kandungan kosmetik yang terlampau "berat" bagi kulit dan kosmetik yang sudah lewat masa kadaluarsa dapat menyumbat pori-pori, menciptakan komedo, dan jerawat di hidung Anda.

  • 4. Jerawat pada pipi

  • Advertisement
  • Jerawat yang timbul pada pipi mengindikasikan kondisi alergi pada tubuh Anda. Telusuri kembali apa pencetusnya, apakah makanan, kandungan susu, atau stres berlebihan? Kondisi lain yang dapat dideteksi dari jerawat pada pipi adalah masalah pada sistem pernapasan Anda. Terlalu banyak merokok hingga merusak paru-paru adalah salah satu penyebab paling umum yang dijumpai. Faktor eksternal yang juga dapat memicu tumbuhnya jerawat pada pipi Anda adalah bantal dan layar ponsel yang kotor. Mulailah rutin mengganti sarung bantal Anda dan bersihkan layar ponsel setiap kali Anda menggunakannya untuk menelepon.

  • 5. Jerawat pada area dagu dan garis rahang

  • Area dagu dan garis rahang adalah indikator keseimbangan hormon dalam tubuh, khususnya bagi wanita. Jerawat pada area ini adalah tanda-tanda terjadinya lonjakan perubahan hormon, terutama estrogen yang menyebabkan tingginya produksi minyak pada wajah dan tak jarang juga terjadi akibat meningkatnya stres. Fakta lain yang menarik, wanita yang berjerawat pada area ini juga menjadi sinyal proses ovulasi yang sedang berlangsung.

  • Jerawat merupakan sebuah manifestasi dari ketidakseimbangan dalam berjalannya sistem-sistem organ tubuh Anda. Segera evaluasi gaya hidup dan asupan Anda, untuk perbaikan kualitas kesehatan yang lebih baik dan wajah yang cemerlang bebas jerawat.

  • Sumber artikel : lethow, dailymail UK, mirror UK

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Sinyal penting apa yang ingin disampaikan tubuh pada Anda lewat jerawat?

Jerawat adalah salah satu signal yang berusaha dikomunikasikan oleh tubuh kepada Anda. Apa kira-kira?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr