7 trik tepat untuk 'bersinar' di acara reuni sekolah

Tidak sedikit orang yang gagal tampil bersinar di acara reuni, hanya karena melakukan hal-hal konyol atau datang tanpa persiapan matang. Inilah 7 sikap yang patut Anda tunjukkan saat menjadi tamu dalam perayaan penuh nostalgia ini.

20,310 views   |   65 shares
  • Pertengahan tahun dan di bulan puasa, undangan acara reuni baik dari sekolah maupun almamater kampus mulai berdatangan. Anda akan berjumpa kembali dengan mereka dari masa lalu Anda, sahabat, mantan kekasih, atau mungkin rival masa remaja Anda dulu.

  • Menjadi tamu dalam perayaan penuh nostalgia ini perlu strategi. Tidak sedikit orang yang gagal tampil bersinar di acara reuni, hanya karena melakukan hal-hal konyol atau datang tanpa persiapan matang.

  • Tunjukkan 7 sikap berikut untuk menjadikan reuni sebagai ajang kembalinya Anda tanpa memercikkan konflik setelahnya.

  • 1. Berpakaianlah yang pantas

  • Beberapa acara reuni, biasanya menentukan dress code atau bahkan "seragam" wajib (umumnya berupa kaus oblong atau polo). Tepati dress code yang ditetapkan dan padu padankan dengan pakaian serta aksesori klasik sederhana. Jika tidak ada ketentuan berpakaian, pilihan smart casual atau semi formal dapat menjadi cara yang aman untuk Anda tampil elegan, tetapi tidak berlebihan. Untuk wanita, tata rias, rambut atau hijab Anda dengan model yang praktis serta simpel. Anda tentu tetap ingin bebas bergerak dengan penampilan yang sesuai usia, bukan?

  • 2. Berbaurlah dengan ramah

  • Gila-gilaan bersama geng hahahihi tentu sudah bukan masanya lagi. Sebagai seorang dewasa, Anda perlu bersikap lebih bijak, begitu pula dalam bergaul. Bergabunglah dengan undangan yang ada. Sapalah mereka dengan ramah, tanyakan bagaimana kabar mereka sekarang. Apabila dulu Anda tidak dekat atau mungkin tidak berinteraksi banyak dengan orang tersebut, tak ada salahnya Anda "berkenalan" kembali. Pengalaman saya, justru saya lebih nyaman untuk berinteraksi dengan teman-teman yang semula tidak akrab, ketimbang masa remaja dulu. Asam garam kehidupan membuktikan bahwa kedewasaan membuka lebih banyak pintu pertemanan.

  • 3. Bijak bertanya dan bicara

  • Kebanyakan orang terjebak untuk membanggakan diri dan kesuksesan saat reuni berlangsung. Mereka lebih banyak bercerita tentang dirinya sendiri daripada bertanya tentang bagaimana kabar kawan-kawan yang lama tak bersua. Saat percakapan berlangsung, sisipkan selalu pertanyaan balik kepada lawan bicara Anda untuk menyeimbangkan isi pembicaraan. Tujuan mereka menghadiri reuni adalah untuk mengejar kabar yang tak tergapai, bukan untuk menyimak ulasan biografi diri Anda.

  • 4. Siap memperluas jejaring

  • Salah satu keuntungan dari acara reuni adalah hadirnya kesempatan emas Anda untuk membangun atau memperluas jejaring profesional. Siapkan kartu nama, jika dalam perjumpaan nanti, ternyata Anda saling cocok dengan kawan lama Anda dan berminat untuk melanjutkan hubungan dalam koridor pekerjaan. Namun, ada rambu yang perlu Anda perhatikan. Meskipun ada kesempatan yang terbuka lebar, tahanlah diri Anda untuk tidak serta merta menjadi tenaga pemasar yang lebih ambisius memasarkan pekerjaan Anda dan melupakan inti acara yang mengedepankan silaturahmi.

  • Advertisement
  • 5. Kendalikan perilaku Anda

  • Terkadang Anda lupa saat menjadi tamu reuni, keliaran jiwa muda turut menguasai diri. Norma kepantasan dan kesopanan pun didobrak seenak hati, atas nama membangun keakraban. Jagalah akal sehat Anda untuk selalu berada di dalam sana. Ingatlah bahwa Anda datang bukanlah untuk menciptakan konflik baru. Batasi hubungan Anda dengan lawan jenis, jika Anda telah memiliki pasangan. Bagi Anda yang masih lajang, tetaplah berinteraksi dalam batas kewajaran. Hindari konsumsi minuman beralkohol jika tersedia, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang Anda sesali di kemudian hari.

  • 6. Buang dendam lama

  • Anda bertemu dengan seseorang yang menolak cinta Anda dulu? Atau sekelompok pengganggu yang kerap mengejek Anda? Kubur dalam-dalam semua kekesalan masa lalu Anda sebelum datang ke acara reuni. Bukalah pintu maaf bagi mereka yang mematahkan hati Anda, termasuk ampuni diri Anda sendiri yang mungkin sempat berkubang dalam amarah penuh dendam. Apabila nantinya mereka masih bersikap tidak mengenakkan di hati, Anda cukup tersenyum dan melangkah pergi. Seorang ksatria sejati tidak tersulut oleh api sia-sia yang dapat membakar dirinya.

  • 7. Jaga silaturahmi seusai reuni

  • Kala acara telah berlalu, tetaplah menjalin komunikasi dengan teman-teman lama. Buatlah grup di media sosial dan aturlah pertemuan-pertemuan kecil rutin untuk menjaga kekompakan. Rancanglah acara lain yang juga memuat kegiatan bermanfaat, selain temu kangen. Pengajian bulanan, bakti sosial, berbagi hobi, dapat menjadi ide-ide acara yang bisa diwujudkan di perjumpaan mendatang.

  • Masa lalu memang menyimpan aneka memori berkesan. Namun, menjalani masa kini dan menyongsong masa depan tak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan. Selamat bernostalgia dan ciptakan kenangan baru yang sama menyenangkannya!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

7 trik tepat untuk 'bersinar' di acara reuni sekolah

Tidak sedikit orang yang gagal tampil bersinar di acara reuni, hanya karena melakukan hal-hal konyol atau datang tanpa persiapan matang. Inilah 7 sikap yang patut Anda tunjukkan saat menjadi tamu dalam perayaan penuh nostalgia ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr