Anak Anda kidal? Ini cara bijak melatih dan menyikapinya

Kekidalan bukanlah keanehan yang patut dicemooh atau ditertawakan. Penanganan yang tepat akan membuat anak kidal Anda dapat hidup selaras di dalam dunia yang didominasi oleh penggerakkan sisi kanan. Simak fakta dan tipsnya berikut ini.

1,851 views   |   12 shares
  • Ingatkah salah satu petuah di masa kecil dulu? Tangan kanan disebut sebagai "tangan manis" dan tangan kiri diasosiasikan sebagai tangan untuk memegang sesuatu yang kotor. Stereotip seperti ini ternyata menjadi rancu ketika kita berhadapan dengan orang-orang kidal.

  • Ya, mereka yang memiliki tangan kiri yang lebih dominan dari tangan kanan. Akibatnya, melihat orang-orang kidal yang memegang sendok, menulis, bahkan berolahraga dengan tangan kiri, timbul pandangan sebelah mata bahkan cap "abnormal" pada mereka.

  • Berikut ini adalah enam hal penting yang patut Anda ketahui tentang kekidalan dan bagaimana mendidik anak kidal.

  • 1. Kekidalan dapat terjadi karena faktor genetik

  • Tahun 2007, seorang peneliti bernama Clyde Francks menemukan kemungkinan bahwa kidalnya seseorang dapat disokong oleh faktor genetik. Tersebutlah gen LRRTM1 yang ditemukan Clarks dalam studinya terhadap penderita disleksia. Gen ini berkaitan dengan kelainan simetri otak, sehingga jika umumnya bagian kanan otaklah yang dominan untuk aktivitas-aktivitas satu tangan, beralih dominasinya pada bagian kiri. Gen LRRTM1 ini diturunkan dari pihak Ayah dan juga memiliki pengaruh terhadap terjadinya kelainan skizofrenia. Namun, Clarks menegaskan bahwa ia tidak menyimpulkan atau menunjukkan kidal adalah sebuah kelainan pada otak ataupun perilaku.

  • 2. Kidal tak selalu terjadi karena bawaan lahir

  • Kini, sekitar 10-11 persen populasi dunia dihuni oleh orang-orang kidal. Itu berarti, 1 dari 10 orang mungkin saja terlahir atau terbentuk kidal. Kidal tidak hanya terjadi karena bawaan lahir atau asuhan, namun bisa juga karena gagalnya tangan kanan melakukan fungsinya secara optimal akibat sakit atau cidera sehingga terjadi peralihan ke tangan kiri.

  • 3. Deteksi kekidalan pada anak

  • Pada anak, preferensi penggunaan tangan ini dapat Anda ketahui sejak anak berusia 3 tahun, di mana ia akan mulai belajar menulis. Gina Landfair, seorang terapis okupasi asal Chicago, Amerika Serikat, seperti dilansir education.com disebutkan cara untuk memastikan apakah anak Anda seorang kidal atau bukan. Taruhlah sebuah bola di lantai, lihat cara anak Anda memungut dan melemparkannya. Cara lain, perhatikan tangan mana yang anak Anda gunakan untuk menyuapkan makanan dengan sendoknya.

  • Advertisement
  • 4. Peralatan khusus anak kidal

  • Jika ternyata anak Anda adalah seorang kidal, stop menyalahkan diri Anda! Kidal bukannya sebuah kecacatan atau kelainan berbahaya. Anda sangat perlu mengakomodasi kebutuhannya dengan menyediakan alat-alat yang bersahabat bagi anak kidal. Beberapa alat tulis, seperti buku, gunting, peralatan prakarya, sudah disesuaikan untuk kebutuhan anak kidal dan bisa digunakan untuk membantunya beraktivitas. Selain itu, temukan juga teknik menulis yang tepat bagi orang kidal untuk menghasilkan tulisan yang bagus tanpa membuat tangannya kelelahan.

  • 5. Kemungkinan untuk menguatnya area otak kanan

  • Perbedaan kekuatan atau dominasi sisi otak yang berseberangan menimbulkan kemungkinan anak Anda akan lebih menguasai area otak yang berbeda pula. Orang kidal diyakini memiliki area otak kanan yang lebih kuat, di mana berkaitan dengan seni, musik, persepsi, dan emosi. Meskipun hal ini bukan sesuatu yang mutlak, namun beberapa tokoh kidal berhasil menjadi maestro di bidangnya, seperti Barack Obama, Bill Gates, Paul McCartney, Rafael Nadal, dan Oprah Winfrey.

  • 6. Menjadi pengguna dua sisi dominan

  • Jika memungkinkan, Anda dapat melatih anak menjadi seorang ambidextrousatau dapat menggunakan sisi kiri dan kanan sama baiknya. Pilihlah satu area dahulu untuk dilatih, misalnya memegang sendok-garpu-pisau saat makan, menulis, atau memegang raket saat bermain tenis. Tentu saja latihan ini tidak berhasil secara instan dan memerlukan segudang kesabaran Anda.

  • Orang kidal perlu diterima secara layak. Kidal bukanlah keanehan yang patut dicemooh atau ditertawakan. Penanganan yang tepat akan membuat anak Anda dan orang-orang kidal lainnya dapat hidup selaras di dalam dunia yang didominasi oleh penggerakkan sisi kanan. Berikan waktu kepada anak kidal Anda untuk menyesuaikan dirinya kala mengerjakan aktivitas. Tunjukkan bahwa perbedaannya tidak akan menghalangi kesuksesannya kelak.

Baca, hidupkan, bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Anak Anda kidal? Ini cara bijak melatih dan menyikapinya

Kekidalan bukanlah keanehan yang patut dicemooh atau ditertawakan. Penanganan yang tepat akan membuat anak kidal Anda dapat hidup selaras di dalam dunia yang didominasi oleh penggerakkan sisi kanan. Simak fakta dan tipsnya berikut ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr