5 Cara untuk Menghindari Kerenggangan dalam Pernikahan Anda

Hubungan dalam pernikahan Anda adalah salah satu potensi terbesar untuk mencapai kebahagiaan hidup.

11,443 views   |   10 shares
  • Kerenggangan perasaan antara Anda dan pasangan Anda adalah bagian dari pasang surut dalam hubungan pernikahan suami istri yang normal. Ada saat-saat di mana Anda merasa sangat dekat dengan pasangan Anda, tapi kadang-kadang Anda pun merasa ada jarak dengan pasangan Anda. Hal seperti ini dapat menyebabkan masalah, apalagi jika kerenggangan perasaan ini menjadi kebiasaan dalam hubungan Anda dan interaksi antara Anda dan pasangan Anda sangat minim.

  • Setiap orang mempunyai keinginan untuk dicintai dan mencintai, ini adalah kebutuhan dasar manusia. Pernikahan adalah suatu wadah istimewa untuk memenuhi kebutuhan ini. Namun, ketika kerenggangan perasaan mulai menjalar ke dalam pernikahan, hal ini dapat menyebabkan pasangan Anda merasa terisolasi, kesepian, dan tidak dicintai. Ketika pasangan suami istri merasa ada jarak atau saat mereka tidak berkomunikasi lagi, adalah penting untuk memutarbalikkan situasi ini agar hal ini tidak menjadi sesuatu hal yang permanen dalam kehidupan pernikahan Anda. Saran-saran berikut ini dapat membantu Anda menghindari kerenggangan perasaan yang dapat menghalangi Anda untuk menikmati sebuah pernikahan yang penuh kebahagiaan dengan pasangan Anda.

  • 1. Jangan mengharapkan pasangan Anda untuk melakukan semua pekerjaan

  • Kadang kala salah satu pasangan akan selalu mengharapkan untuk selalu dilayani tanpa melakukan usaha sedikit pun. Pernikahan memerlukan usaha untuk saling memberi dan menerima dari kedua pihak. Tabiat seperti selalu ingin dilayani, keinginan yang harus selalu dipenuhi, kemarahan yang tiba-tiba meledak, selalu mengritik, sifat dan kelakuan yang menjengkelkan, dan ketidak-jujuran adalah hal-hal yang dapat menyebabkan pasangan Anda kesal dan menimbulkan kerenggangan perasaan. Pikirkan tingkah-laku Anda dan secara jujur pertimbangkan berapa banyaknya usaha yang Anda tanamkan dalam pernikahan Anda. Jika Anda merasa kurang berusaha, ubahlah cara Anda memperlakukan pasangan Anda.

  • 2. Janganlah puas dengan hubungan yang biasa-biasa saja

  • Hubungan dalam pernikahan adalah salah satu potensi terbesar untuk mencapai kebahagiaan hidup. Pernikahan juga adalah salah satu aspek kehidupan yang dapat Anda kendalikan. Sementara Anda tidak dapat mengendalikan tingkah-laku pasangan Anda, Anda dapat mengendalikan tingkah-laku Anda sendiri. Jika Anda bersedia untuk berusaha memperbaiki pernikahan Anda, Anda pasti akan mendapat hasil yang positif.

  • 3. Jangan melakukan apapun tanpa persetujuan antara Anda dan pasangan Anda

  • Advertisement
  • Keputusan-keputusan penting haruslah disepakati bersama, dan berundinglah juga untuk mengambil keputusan kecil. Ketika Anda merasa menjadi bagian penting dari kehidupan satu sama lain dan berusaha bersama secara kompak, Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda—perasaan yang sangat penting dalam pernikahan.

  • 4. Jangan biarkan kerenggangan perasaan dengan pasangan Anda berlarut-larut

  • Akan ada masanya dalam pernikahan Anda ketika terasa ada jarak dengan pasangan Anda, jangan biarkan hal ini berlangsung terlalu lama. Jika keadaan seperti stres di tempat kerja atau jadwal kerja yang padat merupakan alasan dari ketidak-dekatan Anda dengan pasangan Anda, pastikan untuk segera kembali ke hubungan yang normal segera setelah rutinitas Anda kembali normal. Tetapkan waktu di mana Anda dan pasangan Anda dapat meluangkan waktu berdua saja. Jika ada alasan-alasan lainnya seperti masalah pernikahan yang belum terpecahkan yang menyebabkan hubungan Anda dan pasangan Anda renggang, jangan biarkan hal ini berlangsung terlalu lama. Rundingkanlah dengan pasangan Anda agar masalah itu dapat dipecahkan dan agar Anda berdua dapat menguatkan pernikahan Anda.

  • 5. Jangan menghindari masalah-masalah yang sensitif

  • Perbedaaan pendapat, jika dilakukan dengan baik dan wajar, adalah baik untuk hubungan Anda. Kadang-kadang suami istri menghindari membahas soal-soal penting karena mereka mencoba menghindari pertentangan, ini merupakan kesalahan besar dalam pernikahan. Belajar untuk memecahkan masalah bersama adalah hal yang sangat penting dalam pernikahan. Menghindari beberapa topik untuk dibicarakan hanya akan membangun kebencian dan menyebabkan keretakan yang lebih berbahaya dalam pernikahan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “5 Ways to avoid distance in your marriage” karya Lynn Scoresby.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

5 Cara untuk Menghindari Kerenggangan dalam Pernikahan Anda

Hubungan dalam pernikahan Anda adalah salah satu potensi terbesar untuk mencapai kebahagiaan hidup.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr