Kenali tanda anak Anda diperlakukan buruk oleh pengasuhnya

Tanda-tanda anak mendapatkan perlakuan buruk dari pengasuhnya bisa dikenali!

2,256 views   |   11 shares
  • Inilah dilema seorang ibu bekerja. Saat menitipkan anak pada pengasuh, Anda diwajibkan untuk mempercayai pengasuhan anak kepada mereka. Namun tetap lakukan pencegahan terhadap segala tindak kekerasan yang mungkin terjadi.

  • Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman salah seorang kerabat saya. Anaknya kerap diperlakukan tidak baik oleh pengasuhnya tanpa ia sadari selama bertahun-tahun. Bahkan anaknya pun tidak memperlihatkan tanda-tanda yang mencurigakan hingga akhirnya ia mengetahui yang sebenarnya. Lalu bagaimana kita, sebagai orangtua, mengetahuinya dan mencegahnya?

  • Anak yang pernah diperlakukan buruk oleh pengasuh ataupun siapapun akan mengalami trauma sepanjang hidupnya. Hal ini bisa terlihat dari tandanya:

    1. Anak lebih sering diam. Mereka menutup diri dan menganggap banyak orang dewasa yang mampu menjahatinya.

    2. Lebih sering melamun. Mereka juga lebih sering melamun mengingat peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan yang terjadi pada mereka.

    3. Sulit untuk fokus. Karena sangat membekas, mereka akan cenderung lebih memikirkan hal itu ketimbang melakukan aktifitas lainnya.

    4. Anak sering mengigau hal yang buruk. Jika di malam hari anak sering mengigau hal - hal yang buruk, waspadalah. Bisa jadi karena mereka telah mengalami sesuatu yang buruk juga.

    5. Anak menunjukkan rasa takut pada seseorang. Jika hal ini terjadi, besar kemungkinan orang tersebut telah melakukan hal yang tidak disukai oleh anak Anda.

  • Untuk menghindari anak menjadi korban tindak kejahatan siapapun, berikut ini cara untuk mencegah dan mengatasinya:

    1. Dekati anak. Orangtua yang senantiasa dekat dengan anak akan lebih mudah untuk berkomunikasi. Jika ada sesuatu terjadi, anak juga akan merasa nyaman menceritakannya pada Anda.

    2. Pasang CCTV. Tidak ada salahnya untuk memasang kamera pengawas bagi orang tua yang meninggalkan anaknya dengan pengasuh di rumah. CCTV sebaiknya dipasang di tempat yang tersembunyi sehingga tidak kelihatan.

    3. Banyak komunikasi dengan tetangga, guru di sekolah ataupun teman anak - anak yang tiap hari berinteraksi dengan anak. Sumber informasi yang kadang tidak terduga ini sering memberikan informasi terhadap apa yang sudah terjadi dengan anak selama tidak berada di dekatnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

Kenali tanda anak Anda diperlakukan buruk oleh pengasuhnya

Tanda-tanda anak mendapatkan perlakuan buruk dari pengasuhnya bisa dikenali!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr