6 kebiasaan buruk ini pasti masih sering Anda lakukan. Ubah, yuk?

Sadar atau tidak, hal - hal sederhana ini sebenarnya tidak sehat namun masih sering dilakukan banyak orang.

2,655 views   |   18 shares
  • Banyak kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya tidak sehat tetapi secara tidak sadar sering dilakukan. Berikut beberapa di antaranya:

  • 1. Makan buah setelah makan nasi

  • Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan buah setelah makan makanan utama berbahaya, namun sangat dianjurkan untuk membalikkannya dengan makan buah sebelum makan. Dr. Raehanul Bahraen dari Fakultas Kedokteran UGM mengungkapkan bahwa dengan makan buah sebelum memakan makanan berat sangat bermanfaat, karena buah yang dimakan pada saat perut kosong akan mudah diserap oleh tubuh dan nutrisi yang diserap pun akan sempurna jika masih dalam keadaan perut kosong.

  • 2. Kurang tidur

  • Dr. Ilmida Husniana dari puskesmas Sawah Besar, Jakarta, mengungkapkan bahwa orang dewasa rata-rata membutuhkan jam tidur antara 6-8 jam per hari dan kebutuhan ini lebih besar pada anak di masa pertumbuhan. Jika kurang tidur, banyak akibat yang merugikan bagi kesehatan. Bagi anak, tidur diperlukan untuk tumbuh. Ahli nutrisi dan kulit yang juga penulis beberapa buku best seller, Dr. Nicholas Perricone,MD menyebutkan bahwa terjadi pelepasan hormon pertumbuhan pada saat seseorang sedang tidur. Karenanya, tidur terutama pada anak-anak sangat diperlukan untuk pertumbuhan mereka.

  • 3. Kurang minum air putih

  • Kandungan air dari tubuh manusia mencapai 60 sampai 80 persen. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika asupan air kurang akan berdampak pada terganggunya metabolisme tubuh seperti keluhan pada ginjal, usus buntu, keriput dan lainnya. Sekarang ini juga sedangbooming, infused water khusus untuk mereka yang tidak menyukai air putih yang tanpa rasa. Dengan ide infused water, minum air putih bisa jadi lebih menyenangkan dan tubuh pun mendapat tambahan manfaat dari ekstrak buah yang dicampur dalam infuse water tersebut.

  • 4. Tidak sarapan

  • Tubuh membutuhkan asupan kalori untuk beraktivitas. Pada pagi hari banyak aktivitas yang harus dilakukan seperti misalnya pekerja harus berangkat ke kantor, anak-anak harus sekolah dan aktivitas-aktivitas lain yang membutuhkan kalori dan menguras tenaga. Dengan mengabaikan sarapan, maka tidak ada asupan kalori yang masuk ke tubuh anda hingga secara otomatis tubuh akan mengambil cadangan kalori dari dalam tubuh anda.

  • 5. Makan berat sesaat sebelum tidur

  • Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Makan sesaat sebelum tidur akan menyebabkan tubuh kita masih mencerna makanan pada saat tubuh sedang beristirahat, akibatnya kelebihan asupan kalori yang kita makan otomatis akan menjadi lemak yang menumpuk pada tubuh kita. Sebaiknya beri jeda minimal 2 jam sebelum tidur dan hindari makan makanan berat sebelum tidur.

  • Advertisement
  • 6. Minum jus menggantikan buah

  • Banyak yang beranggapan bahwa makan buah bisa digantikan dengan minum jus. Hal ini tidaklah benar. Memang sebenarnya asupan gizi dan vitamin dari buah bisa di dapat dari jus, tetapi pada jus serat yang dihasilkan tidaklah sama seperti memakan buah langsung. Sebaiknya buah-buahan harus segera dikonsumsi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Demikian beberapa kebiasaan tidak sehat yang harus segera diubah untuk kesehatan badan anda yang lebih optimal.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Nuria adalah lulusan Teknik Elektro UGM. Nuria mengawali karir sebagai praktisi bidang IT di salah satu perusahaan swasta, Menulis adalah salah satu kegemaran saya untuk mengekspresikan dan sharing tentang hal-hal yang bermanfaat.

6 kebiasaan buruk ini pasti masih sering Anda lakukan. Ubah, yuk?

Sadar atau tidak, hal - hal sederhana ini sebenarnya tidak sehat namun masih sering dilakukan banyak orang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr