6 kebiasaan buruk di tempat kerja yang pelan-pelan merusak kesehatan Anda

Bukan lagi rahasia bahwa radiasi dari layar monitor komputer sangat berbahaya bagi tubuh, khususnya mata. Anda yang terbiasa terlalu lama berada di depan layar monitor pasti pernah mengalami migrain, mata berkunang-kunang, atau penglihatan kabur.

449 views   |   10 shares
  • Sebagai seorang karyawan kita kerap mengabaikan kesehatan tubuh demi menyelesaikan tugas serta tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan. Namun, ketika kita jatuh sakit apakah perusahaan akan peduli dan memerhatikan kesejahteraan dan kesembuhan kita?

  • Tentu saja banyak perusahaan yang sangat peduli dengan karyawannya, tapi juga tidak sedikit yang justru acuh bahkan hingga melakukan pemecatan karena tidak lagi dianggap produktif. Maka dari itu, agar kesehatan tubuh kita selalu terjaga, coba sebisa mungkin hindari beberapa kebiasaan buruk di tempat kerja berikut ini.

  • Melupakan sarapan

  • Sarapan berfungsi untuk mengaktifkan sinyal ke otak yang memerintahkan sistem metabolisme tubuh untuk mulai bekerja. Dikutip dari detikhealth, idealnya sarapan dilakukan sebelum jam 9 pagi, hal ini tujuannya supaya tubuh memperoleh "bahan bakar" sehingga kinerja sepanjang hari tetap optimal. Jika Anda terbiasa melewatkan sarapan, maka tubuh Anda akan lesu dan tidak bertenaga.

  • Terlalu lama duduk di kursi

  • Setidaknya ada sekitar 7 penyakit yang akan menyerang jika seseorang terlalu lama duduk di kursi. Dikutip dari halosehat.com, penyakit-penyakit tersebut antara lain: Jantung, wasir, diabetes, masalah pencernaan, disposisi tulang belakang dan leher, obesitas, serta gangguan saraf tepi. Oleh karena itu, biasakan untuk melakukan beberapa aktivitas seperti perengangan, jalan-jalan sejenak di sekitar tempat kerja, atau gunakan anak tangga untuk pergi ke lantai yang berbeda.

  • Terlalu lama berada di depan layar monitor

  • Bukan lagi rahasia bahwa radiasi dari layar monitor komputer sangat berbahaya bagi tubuh, khususnya mata. Anda yang terbiasa terlalu lama berada di depan layar monitor pasti pernah mengalami migrain, mata berkunang-kunang, atau penglihatan kabur. Karenanya, cobalah mengalihkan pandangan Anda ke arah luar, hindari mengucek bola mata Anda, atau biasakan untuk memejamkan mata sejenak selama beberapa menit agar otot-otot mata bisa istirahat.

  • Mengonsumsi minuman manis

  • Ini kerap saya alami, petugas OB di mana saya bekerja selalu menyediakan minuman manis "teh dan kopi" kepada seluruh karyawan di pagi hari. Sepertinya tidak ada masalah dengan kebiasaan ini, tapi mengonsumsi minuman manis ditambah lagi kurangnya aktivitas fisik selama di tempat kerja membuat banyak kawan-kawan saya menderita diabetes di usianya yang masih terbilang sangat muda. Karena itu, sebisa mungkin kurangi mengonsumsi minuman manis agar kesehatan kita selalu terjaga.

  • Advertisement
  • Meletakkan laptop di pangkuan dalam waktu lama

  • Sebagai seorang karyawan bekerja dengan menggunakan laptop sudah menjadi bagian dari rutinitas, tetapi meletakkan laptop di paha dalam jangka lama, seperti dikutip dari laman liputan6.com, ternyata dapat menyebabkan beberapa penyakit serius, seperti: Iritasi kulit paha, kanker kulit, dan mengurangi tingkat kesuburan pada pria dan wanita.

  • Bekerja lebih dari 10 jam atau workaholic

  • Tubuh manusia bukanlah mesin yang dapat bekerja secara non stop. Sebuah penelitian di China baru-baru menemukan fakta bahwa ketika seseorang bekerja lebih dari 10 jam dalam sehari, maka sistem metabolisme tubuhnya akan terganggu, tak jarang pula dari antara mereka akhirnya meninggal akibat serangan jantung atau menderita gangguan penyakit lain seperti kanker dan insomnia.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

6 kebiasaan buruk di tempat kerja yang pelan-pelan merusak kesehatan Anda

Bukan lagi rahasia bahwa radiasi dari layar monitor komputer sangat berbahaya bagi tubuh, khususnya mata. Anda yang terbiasa terlalu lama berada di depan layar monitor pasti pernah mengalami migrain, mata berkunang-kunang, atau penglihatan kabur.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr