Ingin panjang umur? Coba cek kehidupan sosial Anda

Memiliki teman-teman baik merupakan salah satu sumber kebahagiaan dan kebutuhan manusia. Berada di dekat orang-orang yang paling mengenal kita dapat memberi energi postif. Karena itukah, hubungan sosial jadi kunci panjang umur?

575 views   |   4 shares
  • Apa sih sebetulnya alasan seseorang ingin punya umur panjang? Kebanyakan pasti karena masih ingin ada untuk keluarga, anak, dan masih ingin menyaksikan banyak hal lagi. Lalu, apa yang dibutuhkan untuk bisa hidup sehat dan berusia panjang? Kebanyakan orang pasti mengatakan untuk mengonsumsi vitamin, olahraga dan juga melakukan diet yang sehat. Penekanannya selalu pada kesehatan fisik. Padahal, ternyata kehidupan sosial yang aktif adalah kunci umur panjang dan sehat.

  • Tak ada seorang pun yang mampu bertahan hidup kesepian tanpa bantuan teman. Meski sering kali hanya menghabiskan waktu untuk mengobrol atau membahas hal remeh-remeh, memiliki teman-teman yang baik juga dipercaya dapat memperpanjang hidup seseorang.

  • Peneliti terbaru di Amerika Serikat menunjukkan, memiliki komunitas dan berhubungan baik dengan banyak teman dapat menambah peluang untuk bertahan hidup seseorang hingga sebesar 50 persen. Kesimpulan itu adalah hasil riset yang dipimpin Julianne Holt-Lundstad dari Brigham Young University dengan mengkaji 150 studi untuk melihat keterkaitan antara peluang untuk memperpanjang hidup dan hubungan sosial.

  • Para peneliti di universitas itu menganalisis data dari 148 orang responden dan mengukur frekuensi interaksi mereka dengan lingkungan sosialnya. Mereka juga mencatat rekam jejak kesehatan mereka selama kurun waktu 7,5 tahun. Dari sanalah mereka mendapat kesimpulan bahwa orang yang interaksi sosialnya baik memiliki peluang bertahan hidup 50 persen lebih baik dari mereka yang interaksi sosialnya buruk.

  • Hasilnya, mereka menemukan bahwa punya banyak teman baik ternyata bermanfaat memperpanjang hidup daripada mengonsumsi 15 batang rokok sehari atau minuman beralkohol. Karena melalui pertemanan, rasa kepedulian yang timbul terhadap orang lain membuat kita menjadi lebih peduli terhadap diri sendiri. Alasannya, karena mereka (yang interaksi sosialnya baik) akan peduli pada orang lain di kelompoknya. Dan ketika kepedulian itu diambil mereka pun akan menempuh jalan hidup lebih baik dan mengambil risiko paling kecil untuk kehidupannya sehingga peluang hidupnya lebih baik.

  • Namun, Lundstad juga mengingatkan, dalam era modern sekarang ini kualitas hubungan sosial semakin memburuk karena seseorang dituntut berjuang menyeimbangkan antara karier dan keluarga, serta menemukan kehidupan yang seimbang dan bahagia. Padahal, dengan kehilangan hubungan sosial, sama artinya kehilangan dukungan sosial. Lebih jauh, Lundstand mengatakan, kehilangan hubungan sosial dampaknya lebih buruk dibanding obesitas atau tidak berolahraga.

  • Advertisement
  • "Efek dari membina hubungan sosial menyebabkan orang dewasa tidak merasa terisolasi. Membina hubungan sosial akan memberikan perlindungan kesehatan lintas usia," kata Timothy Smith, salah seorang anggota tim peneliti. Namun di sisi lain, Timothy juga memperingatkan bahwa kenyamanan dan teknologi yang ditawarkan era modern dapat menyebabkan beberapa orang berpikir bahwa tatap muka tidak diperlukan lagi dalam membina hubungan sosial.

  • Christine Northam, seorang konselor untuk masalah jejaring sosial, mengatakan bahwa pertemanan adalah hal yang penting dalam upaya mempertahankan hidup. "Kita dirancang untuk hidup dan bekerja dalam kelompok. Ini dimulai di masa kanak-kanak bersama keluarga, lalu sekolah memperluas jejaring sosial kita," jelas Northam.

  • Menurutnya, jejaring sosial membantu kita mempertahankan kesehatan mental dan kesejahteraan. Di sisi lain, pengisolasian berkaitan dengan penyakit mental, kecemasan, dan kesehatan yang buruk. Seperti dituliskan di laman CNN, menurut penelitian terbaru, menghabiskan sebagian besar waktu sendrian dan merasa kesepian akan meningkatkan risiko kematian sebesar 30 persen. Mengutip Huffington Post, hal ini juga berlaku bagi Anda yang mengatakan lebih suka menyendiri.

  • Hubungan sosial dengan orang-orang di sekitar Anda punya dampak positif bagi hidup Anda. Ini artinya, ketika Anda lebih suka sendirian dan menjauh dari kehidupan sosial Anda, Anda berisiko bunuh diri, atau setidaknya memperpendek hidup Anda. Studi ini menunjukkan juga bahwa seorang introvert ternyata lebih bahagia ketika mereka berada bersama dengan orang lain daripada sendirian.

  • Kesepian dan isolasi dari kehidupan sosial ternyata bisa disamakan dengan risiko merokok 15 batang sehari atau menjadi gemuk. Menurut studi ini, kehidupan sosial adalah alat prediksi yang baik untuk tahu berapa lama Anda akan hidup, dibanding dengan faktor diet dan olahraga.

  • Lewat kehidupan sosial yang baik, Anda bisa mendapatkan hidup yang berkualitas karena rasa bahagia. Hanya saja, punya kehidupan sosial bukan hanya soal berapa banyak teman yang Anda miliki. Punya kehidupan sosial yang memperpanjang hidup juga tergantung pada kualitas kehidupan sosial Anda. Dan Buettner, penulis The Blue Zones Solution mengatakan bahwa, jumlah interaksi sosial hanyalah setengah dari resep hidup sehat. Kualitas juga sangat penting untuk diperhatikan.

  • Jadi, memiliki banyak teman tak hanya bagus secara psikologis, tetapi baik juga untuk kesehatan fisik. Meskipun berteman atau bersosialisasi juga memiliki efek negatif namun tertutupi oleh manfaatnya.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Ingin panjang umur? Coba cek kehidupan sosial Anda

Memiliki teman-teman baik merupakan salah satu sumber kebahagiaan dan kebutuhan manusia. Berada di dekat orang-orang yang paling mengenal kita dapat memberi energi postif. Karena itukah, hubungan sosial jadi kunci panjang umur?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr