Yuk, kenalkan buku dengan anak sedini mungkin

Memperkenalkan buku kepada anak Anda, dapat dimulai sedini mungkin, bahkan ketika usianya masih dalam hitungan bulan. Ikuti tips berikut untuk menjadikannya kegiatan menyenangkan dan rutinitas baru mulai hari ini.

835 views   |   6 shares
  • Sebagai jendela dunia dan sumber ilmu, tentu kita ingin generasi penerus tumbuh menjadi pecinta buku. Memperkenalkan buku kepada anak Anda, dapat dimulai sedini mungkin, bahkan ketika usianya masih dalam hitungan bulan.

  • Anda tertarik untuk coba memperkenalkan buku kepada bayi mungil Anda? Coba tips berikut untuk menjadikannya kegiatan menyenangkan dan rutinitas baru mulai hari ini.

  • Usia 0

  • Tahukah Anda, mengenalkan buku dapat mulai sejak bayi dilahirkan, lho! Caranya tentu saja dengan mendongeng atau melafalkan beberapa sajak anak (nursery rhymes) yang menarik. Tak perlu panjang, gunakan kata-kata yang mudah diingat, atau kreasikan dengan suara Anda menjadi lagu nina bobo pengantar tidur.

  • Usia 4 bulan

  • Pada usia ini, bayi akan mulai dapat memberikan respons dan ekspresi senang seperti tersenyum dan tertawa terhadap apa yang dilihat dan didengarnya. Anda dapat menambahkan gestur atau permainan mimik wajah pada cerita yang Anda berikan padanya.

  • Selain itu, pada masa 4-6 bulan, bayi akan mulai bereksplorasi dengan mencoba menyentuh, menggenggam, menggigit, dan memasukkan barang-barang ke mulutnya. Anda dapat memanfaatkan fase ini dengan memberikan buku untuk dipegangnya pertama kali. Pilihlah buku yang terbuat dari kain lembut (cloth book) atau akrab juga disebut sebagai buku bantal. Utamakan bahan yang cukup kuat sehingga tahan dari gigitan atau bahkan lemparan Si Kecil.

  • Memasuki usia 6-9 bulan

  • Bayi akan mulai mengocehkan kata-kata pertamanya. Sesi membaca akan menjadi lebih hidup. Pangkulah anak Anda dan biarkan ia mengoceh mengikuti kata-kata yang Anda ucapkan. Biarkan ia belajar menjadi pembuka halaman untuk merangsang kemampuan motoriknya. Di sini Anda dapat mulai mengganti buku menjadi buku karton (board books) untuk memudahkan anak membuka-tutup halamannya dengan mantap.

  • Di usia 9-12 bulan

  • Bayi akan lebih aktif bergerak secara fisik seiring dengan kemampuannya belajar berdiri dan berjalan. Membaca buku sambil memperagakan beberapa adegan sederhana, dapat Anda coba. Selain itu, mulailah sering menunjukkan gambar-gambar pada buku dan minta anak menirukannya. Gambar akan lebih menarik perhatian anak dan membuatnya lebih mudah diingat. Anda dapat mencoba buku-buku yang disertai bunyi-bunyian untuk memperkaya hiburan sesi membaca Anda. Selain itu, dukungan audio akan membuat anak tidak mudah jenuh karena ada hal baru yang bisa diuliknya.

  • Setelah melewati usia 1 tahun, anak akan mulai membangun kemandiriannya dan mencoba untuk memegang buku sendiri. Seringkali ia memiliki buku atau cerita favorit yang akan ia minta bacakan setiap kali Anda bersamanya. Sebaiknya, saat ia sudah berada pada rentang usia ini, Anda telah memiliki kebiasaan atau jadwal membaca yang rutin dan teratur.

  • Advertisement
  • Adakalanya ia akan duduk di sudut ruangan, sambil asyik membaca buku kesukaannya, meskipun ia belum dapat mengeja abjad sekalipun. Berikan ruang untuknya memiliki waktu baca mandiri dan berinteraksilah setelahnya dengan bertanya tentang cerita serta tokoh favoritnya. Sediakan berbagai buku cerita pendek bergambar sederhana, dengan pesan baik terkandung di dalamnya.

  • Terinspirasi dari buku-buku yang ia baca, Anda dapat menghidupkannya di dunia nyata, melalui pakaian, aktivitas, ataupun meniru hal-hal baik yang menjadi pesan cerita. Percaya atau tidak, menanamkan pesan kebaikan kepada anak acapkali berhasil saat ia merasa terhubung dengan cerita atau karakter favoritnya.

  • Mengenalkan buku kepada bayi tentu saja butuh kesabaran ekstra. Tak perlu mengharapkan atensi dalam jangka waktu lama atau kemampuan untuk memahami secara menyeluruh. Ingatlah selalu tujuan utama Anda adalah memperkenalkan kebahagiaan yang dapat ditemukan dari buku dan asyiknya kegiatan membaca bersama sebagai cara memperkuat ikatan antara Anda dengannya.

  • Selamat berpetualang di balik buku favorit bersama si kecil!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Yuk, kenalkan buku dengan anak sedini mungkin

Memperkenalkan buku kepada anak Anda, dapat dimulai sedini mungkin, bahkan ketika usianya masih dalam hitungan bulan. Ikuti tips berikut untuk menjadikannya kegiatan menyenangkan dan rutinitas baru mulai hari ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr