'Sekolah' lagi di usia 35? Kenapa tidak

Usia sudah tidak lagi muda namun masih punya keinginan untuk belajar? Kenapa tidak! Justru ini saat yang tepat bagi Anda. Karier yang sudah berada di puncak, anak-anak yang sudah mandiri, dan Anda juga memiliki dana untuk mewujudkannya.

529 views   |   5 shares
  • Jangan biarkan usia menghentikan keinginan Anda untuk terus belajar dan memperkaya ilmu. Walau telah memiliki kehidupan keluarga dan karier yang mapan, ini tidak akan membuat Anda cepat puas untuk berhenti belajar. Anda tentu masih memiliki hasrat melakukan hal-hal yang Anda ingin lakukan sebelumnya. Anda mungkin ingin belajar berenang, berlari marathon, naik gunung atau mungkin kembali kuliah. Anda mungkin merasa sedih karena tidak dapat melakukan banyak hal sewaktu Anda muda, jangan berhenti mengejar impian-impian Anda itu. Justru mungkin sekaranglah saat yang tepat bagi Anda, karier sudah mapan, anak-anak sudah bisa mandiri dan Anda memiliki dana untuk mewujudkan impian! Cobalah untuk mewujudkannya dengan melakukan hal-hal berikut.

  • 1. Tentukan hal-hal yang ingin Anda lakukan

  • Tuliskan terlebih dahulu keinginan terbesar yang ingin Anda lakukan dalam waktu dekat ini. Meskipun Anda belum dapat melakukannya sekarang, setidaknya Anda sudah memiliki listnya. Ini akan mendorong Anda untuk lebih bersemangat mewujudkan keinginan Anda. Prioritaskan mana yang lebih penting yang ingin Anda lakukan terlebih dahulu.

  • 2. Buatlah rencana untuk mencapai hal tersebut

  • Setelah menentukan apa yang ingin Anda lakukan, misalnya berkuliah lagi, tentukan kapan Anda akan mulai melakukannya, berapa biaya yang diperlukan jika Anda ingin mewujudkannya dan berapa lama Anda akan melakukan hal ini. Jangan mengejar sesuatu tanpa merencanakan terlebih dahulu, karena itu sama saja Anda mencari jarum didalam jerami. Persiapan yang matang membuat Anda lebih mudah menjalani rencana Anda dan melihat goal yang akan dihasilkan.

  • 3. Jangan lupakan kewajiban Anda

  • Ingatlah meskipun Anda bermaksud mengejar ilmu setinggi-tingginya, mengejar impian yang sudah lama terpendam dan sebagainya, jangan pernah melupakan dan mengesampingkan keluarga dan pekerjaan Anda saat ini. Ada beberapa orang di luar sana yang karena terlalu obsesi mengejar mimpi, hingga melupakan keluarga dan tanggung jawab lainnya. Selalu jadikan keluarga Anda sebagai prioritas utama. Aturlah waktu dengan baik tanpa mengesampingkan kewajiban Anda. Dengan begitu, hidup Anda akan selalu seimbang.

  • 4. Jangan menyerah

  • Tidak mudah mencapai impian di usia yang tak lagi muda. Akan selalu ada tantangan dan cobaan saat menjalaninya. Ketika menghadapi kesulitan, jangan menyerah. Persiapkan mental Anda untuk menghadapi tantangan yang akan Anda temui nantinya. Jika perlu, minta bantuan pasangan untuk bekerja sama dan mendukung Anda. Baca juga buku-buku atau kutipan dari orang yang telah sukses sebelumnya, untuk memotivasi diri Anda menjadi lebih baik.

  • Advertisement
  • Wajar jika Anda memiliki keinginan untuk terus belajar dan mengejar impian. Belajar adalah bagian dari perjalanan hidup. Mengembangkan diri dapat memberikan contoh yang baik bagi anak-anak Anda. Jangan biarkan usia menghalangi Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda inginkan.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

'Sekolah' lagi di usia 35? Kenapa tidak

Usia sudah tidak lagi muda namun masih punya keinginan untuk belajar? Kenapa tidak! Justru ini saat yang tepat bagi Anda. Karier yang sudah berada di puncak, anak-anak yang sudah mandiri, dan Anda juga memiliki dana untuk mewujudkannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr