Bahkan Ibu-ibu Super Pun Kadang-kadang Membutuhkan Bantuan

Anak-anak harus membantu jika tidak mereka tidak mampu untuk belajar melakukan tugas-tugas yang penting ketika mereka beranjak dewasa.

1,026 views   |   shares
  • Peran keibuan itu sulit

  • Sangat sulit, tapi ada sesuatu yang luar biasa mengenai para ibu. Kita bisa menyulap begitu banyak hal – anak-anak, pekerjaan rumah, urusan rumah tangga, tagihan-tagihan, belanja dan masih sempat menyiapkan makanan sehat untuk keluarga kita hampir setiap malam. Seringkali, ada rengekan, keluhan dan kemarahan – dan bukan hanya dari anak-anak! Kadang-kadang mencoba untuk menjaga semuanya tetap bersama dan melakukannya dengan baik tidak cuma mengerikan, tapi juga membuat kita merasa kewalahan.

  • Bukan hanya Anda. Ini adalah masalah umum yang dihadapi oleh kebanyakan para ibu

  • Pada kenyataannya, Anda mungkin membaca sedikit (ratusan) buku-buku, blog, majalah-majalah atau artikel-artikel mengenai bagaimana melakukan semuanya dengan lebih baik. Jika Anda seperti saya, semua pendapat tersebut telah menanamkan kesan, walau tidak semuanya baik. Akhir-akhir ini saya membaca sebuah buku (membaca seluruhnya perlu waktu kira-kira satu jam) yang berjudul “Peraturan bagi para ibu: Bahkan Superhero pun Kadang-Kadang Perlu Bantuan” oleh Soni dan Trelon Muller (Orang tua dari lima orang anak). Buku ini tidak berlebihan, tapi mengetengahkan langkah-langkah sederhana untuk membantu para ibu memfokus pada apa yang benar-benar penting.

  • Meskipun kita tidak akan menyombongkannya (tapi mungkin harus), kadang-kadang seperti diperlukan kekuatan super untuk melewati satu hari (atau hanya satu jam). Kita tidak perlu harus sempurna dan kita bisa meminta sedikit bantuan. “Peraturan bagi para ibu” mengusulkan beberapa gagasan mengenai apa yang para ibu harus ketahui, lakukan dan katakan. Pertimbangkan ini sebagai petunjuk singkat, atau seperti sebuah buku petunjuk kecil untuk para ibu.

  • Beberapa peraturan favorit saya adalah

  • Peraturan 4: Mintalah bantuan dari ibu-ibu yang lain

  • Saya sangat mengandalkan cara ini. Saya selalu meminta pendapat dan pengalaman dari para ibu yang lain. Beberapa di antaranya tidak selalu cocok untuk saya dan keluarga saya, tapi tidak ada salahnya dicoba. Ada banyak juga situs untuk para ibu, blog para ibu, majalah-majalah atau kelompok-kelompok di Facebook yang dipusatkan untuk menolong para ibu. Tidak ada salahnya kita membutuhkan bantuan dan bertanya mengenai hal ini. Saya pikir juga sangat bisa diterima untuk sesekali melampiaskan perasaan. Tidak ada yang bisa lebih menyembuhkan selain dari berbagi dengan ibu-ibu lain yang memahami.

  • Peraturan 26: Anak Anda tidak pernah terlalu tua untuk cerita atau mengobrol sebelum tidur. Saya suka peraturan ini karena saya pikir sangat penting untuk meluangkan waktu dengan anak-anak seperti ini. Kadang-kadang, bagi saya, hal ini sangat sulit karena pada akhir hari, saya sudah kelelahan dan kecapaian dan hanya menginginkan anak-anak segera tidur! Tapi, ketika saya bisa mengulur kesabaran, saya tidak pernah menyesal menyisihkan sedikit waktu untuk anak-anak saya. Juga, waktu bersama setiap anak sangat bermanfaat untuk hubungan ibu-anak secara individu.

  • Advertisement
  • Peraturan 37: Jangan membahas hal-hal yang negatif mengenai tubuh Anda

  • Gambaran tubuh merupakan perhatian utama dalam masyarakat. Anak-anak perempuan mulai peduli dengan tubuh mereka pada usia dini, dan bahkan membandingkan diri mereka dengan tubuh teman-teman mereka. Sebagai ibu, hal paling baik yang kita bisa lakukan adalah untuk merawat sudut pandang yang sehat mengenai diri kita dan anak-anak kita. Mengajarkan makanan yang sehat dan olahraga sebagai gaya hidup, bukan hanya rencana diet yang gampang dilupakan. Setiap orang berbeda dan tidak seorang pun yang cocok untuk cetakan yang sama.

  • Peraturan 70: Biarkan anak-anak Anda membantu, bahkan jika ini membuat kehidupan Anda satu juta kali lebih sulit. Peraturan ini, saya tahu benar meskipun sebagai ibu yang suka mengontrol saya merasa sulit untuk mengikutinya. Anak-anak harus membantu jika tidak mereka tidak mampu untuk belajar melakukan tugas-tugas yang penting ketika mereka beranjak dewasa. Mencuci piring, pakaian kotor, membersihkan rumah dan memasak adalah semua hal dasar penting yang harus diajarkan dan dipelajari dengan bimbingan Anda.

  • Peraturan 80: Jangan membandingkan diri Anda dengan ibu-ibu yang lain

  • Cara yang satu ini paling susah. Tapi masalahnya kita terbiasa membandingkan keburukan kita dengan kebaikan orang lain. Apakah Anda melihat mengapa hal ini tidak baik? Tidak ada dua orang ibu yang serupa: cara mereka dibesarkan berbeda, anak-anak mereka berbeda, dan kekuatan dan kelemahan mereka berbeda, dan lain sebagainya. Lihat kembali peraturan 4 – selalu ada sesuatu yang bisa kita pelajari dari para ibu yang lain. Lakukanlah yang terbaik dan tinggalkan kebiasaan suka membanding-bandingkan.

  • Apakah Anda seorang ibu baru atau seorang ibu yang berpengalaman atau baru akan menjadi seorang ibu, kita tidak perlu harus membuat pekerjaan kita menjadi lebih susah dari kenyataan sebenarnya – ini sudah cukup susah! Ada banyak sumber di luar sana untuk menolong (buku-buku seperti yang telah disebutkan, situs-situs di internet, blog untuk para ibu, artikel-artikel dan majalah-majalah). Anda tidak sendirian dan tidak diharapkan melakukan hal ini tanpa pertolongan. Carilah nasihat dari teman-teman dan kerabat dan putuskan apa yang terbaik. Dan jangan lupa memastikan suami Anda berbagi beban dengan Anda!

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Even superhero moms need help sometimes” karya Wendy Jessen.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Wendy Jessen is a regular contributor for familyshare.com and frequently does media reviews.

Bahkan Ibu-ibu Super Pun Kadang-kadang Membutuhkan Bantuan

Anak-anak harus membantu jika tidak mereka tidak mampu untuk belajar melakukan tugas-tugas yang penting ketika mereka beranjak dewasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr