Peran kita dan krisis moral anak masa kini

Masa depan anak Anda ada pada didikan Anda sebagai orang tuanya. Jika ingin anak tumbuh memiliki pribadi yang baik, didiklah dia untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam hidupnya.

780 views   |   12 shares
  • Saya ingat didikan orang tua yang mengajarkan pentingnya memiliki tata krama atau sopan santun dalam bersikap, terutama terhadap orang yang lebih tua. Baik ketika berbicara dan bersikap sopan dengan orang tua saya, om-tante, oma-opa atau bahkan kepada kakak saya yang hanya berbeda sedikit lebih tua, saya selalu menerapkan sikap ini. Terlepas dari bagaimana sikap mereka, saya akan tetap berupaya menghormati orang yang lebih tua dari saya.

  • Saat ini seringkali saya menemui anak-anak muda yang kurang memiliki rasa hormat, baik kepada orang tuanya sendiri maupun orang lain. Pagi ini saya membaca sebuah artikel di media sosial tentang seorang anak baru lulus SMA yang mobilnya diberhentikan oleh seorang polisi karena ugal-ugalan konvoi usai ujian nasional. Saat diberhentikan tersebut, alih-alih meminta maaf dan menanyakan kesalahannya, mereka malah balik memaki sang polisi sambil membawa-bawa nama dan jabatan tinggi orang tuanya di kepolisian (yang ternyata setelah dikonfirmasi, tidaklah benar).

  • Sangat disayangkan, generasi muda saat ini justru mengalami kemunduran sikap perilaku dan sopan santun. Menghadapi situasi ini, orang tua harus bisa berperan aktif dalam mengatasi krisis moral yang terjadi lewat cara berikut.

  • Ajarkan sopan santun sedari kecil

  • Jangan biarkan anak tumbuh tanpa diarahkan cara berbicara dan bersikap sopan santun. Ajarkan hal ini dalam keseharian mereka, misalnya mengucapkan 'tolong' saat membutuhkan bantuan orang lain, mengucapkan 'terima kasih' atas perlakuan baik yang diterimanya, meminta maaf ketika melakukan kesalahan dan meminta ijin ketika hendak pergi, pulang, lewat di depan orang lain dan sebagainya. Dengan mengetahui kapan bersikap, mereka akan dapat berkelakuan baik dalam pergaulannya nanti.

  • Jangan menjadikan anak sebagai teman

  • Saat ini, kebanyakan orang tua menjadikan anaknya sebagai teman. Walaupun baik untuk kelancaran hubungan dan kedekatan, namun keakraban yang terlalu berlebihan tanpa batasan juga tidak baik. Sadar atau tidak, inilah yang membuat anak zaman sekarang menjadi kurang sadar akan pentingnya menghormati orang yang lebih tua. Jika kita membiarkan anak-anak kita kurang memahami pentingnya tata krama atau sopan santun dalam hidup, mereka akan dapat kehilangan moral.

  • Jangan memanjakan anak

  • Sebesar apapun rasa sayang Anda terhadap anak, jangan pernah memanjakannya. Apalagi memanjakan anak dengan harta dan kekuasaan yang Anda miliki. Meskipun Anda memiliki standar gaya hidup masa kini, jangan biarkan anak Anda mengikutinya. Didik mereka untuk mau bekerja demi mendapatkan keinginannya. Jelaskan padanya bahwa akan ada masa untuk dirinya bisa menikmati hidup. Namun saat ini adalah waktu untuk belajar dan berusaha sendiri agar mampu mencapai segala impiannya. Ketika Anda terlalu memanjakan anak, hal ini dapat membuat mereka tidak memiliki rasa hormat, tidak mau bekerja dan hanya bisa bergantung pada orang lain. Sehingga pada saat kecewa tidak mendapatkan keinginannya, mereka menjadi anak yang pemberontak dan bahkan dapat membuatnya bersikap melanggar moral demi memperoleh apa yang diinginkannya.

  • Advertisement
  • Masa depan anak ada pada didikan Anda sebagai orang tuanya. Jika ingin anak Anda tumbuh sebagai anak yang baik, didiklah dia untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam hidupnya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Peran kita dan krisis moral anak masa kini

Masa depan anak Anda ada pada didikan Anda sebagai orang tuanya. Jika ingin anak tumbuh memiliki pribadi yang baik, didiklah dia untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam hidupnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr