Jangan Biarkan Hidup Anda Berlalu Begitu Saja

Dunia sekarang ini tampaknya berlalu dengan begitu cepat. Albert Eisntein mengatakan dalam teorinya jika Anda berdiri pada tangga yang paling tinggi, maka waktu akan terlihat berlalu lebih cepat.

2,191 views   |   shares
  • Dunia sekarang ini tampaknya berlalu dengan begitu cepat. Albert Eisntein mengatakan dalam teorinya jika Anda berdiri pada tangga yang paling tinggi, maka waktu akan terlihat berlalu lebih cepat. David Derbyshire dalam laporannya mengatakan para ilmuwan telah membuktikan sebagian dari Teori Relativitasnya. Mereka menunjukkan bahwa ukuran getaran yang semakin kencang maka getaran tersebut akan semakin merambat dengan cepat. Apakah ini berarti kita harus tidur di ruangan bawah untuk memperlambat waktu dan menghindari penuaan? Karena saya adalah seorang ibu, saya merasa waktu berlalu lebih cepat dengan begitu banyaknya kegiatan dari jadwal kegiatan saya dan untuk merawat anak-anak. Saya menyebutnya “teori relativitas Shannon.” Semakin banyak saya memiliki hubungan dengan orang lain, semakin sedikit waktu yang saya miliki untuk menemukan diri saya sendiri. Akhirnya saya hanya dapat menemukan diri saya dan berharap untuk memiliki waktu yang lebih lama setiap harinya.

  • Jika Anda memberi tanda dan warna pada jadwal kegiatan kalendar Anda, dan merasa sepertinya Anda telah seharian menghabiskan waktu hanya untuk menjemput anak Anda dari kegiatan satu ke kegiatan lainnya, Anda mungkin merasa waktu berlalu sangat cepat dari seharusnya. Dalam usaha untuk menjadi orang tua yang baik dan menyediakan kesempatan yang terbaik pada kehidupan ana-anak kita, kita mendaftarkan mereka untuk kegiatan olahraga, pelajaran musik, acara khusus di sekolah dan kegiatan lainnya. Sementara kita merasa ini semua baik, kita akan selalu membuat mereka dan diri kita sendiri merasa terbebani, atau sebaiknya kita mengkaji ulang apa yang harus kita lakukan dengan waktu yang kita miliki?

  • Dalam sebuah kutipan di Psychology Today, yang di tulis oleh David Elkins yang telah menyelidiki orang tua yang membuat jadwal terlalu padat dalam kegiatan anak-anak mereka. Dia melaporkan bahwa mereka melakukan itu dalam upaya untuk memberikan anak-anak mereka pengalaman terbaik dalam hidup. Tetapi, sebagai akibat dari kehidupan kita dalam waktu yang terbatas, kita telah meningkatkan tingkat beban dalam keluarga kita, di mana hal ini tidak baik untuk kita secara fisik. Hal ini juga dapat mengurangi peluang anak-anak untuk belajar lebih kreatif, ini adalah penting. Jadwal yang terlalu padat bagi anak-anak dapat mengurangi kesempatan untuk mengembangkan hubungan yang bermakna dengan setiap anggota keluarga besar kita, dan yang lebih penting lagi, itu akan menghilangkan kesempatan anak-anak untuk bermain.

  • Advertisement
  • David Gerrard mengatakan, “Suatu hari Anda akan melewati hari Anda dalam sekejap. Pastikan agar Anda selalu memperhatikannya.” Apa yang kita inginkan anak-anak untuk mengingat akan kehidupannya bersama kita? Apakah ketika mereka menonton film dengan sabuk pengaman di mobil, makan makanan cepat saji, belajar untuk pelajaran hari esok atau bermain di taman?

  • Beberapa tahun yang lalu, dunia kelihatannya adalah suatu tempat yang berbeda. Tempat yang aman buat saya dan keluarga saya untuk berjalan-jalan di pantai, berbaring di atas pasir sambil melihat kelompok kepiting berjalan, menjelajahi gelombang pasang di pantai dan membangun benteng-benteng kota dari pasir. Kami tidak membuang-buang waktu untuk melakukannya. Kami belajar untuk bekerja bersama sebagai tim untuk mengerjakan suatu proyek, belajar untuk mencintai alam dan ilmu pengetahuan dan belajar untuk menciptakan sesuatu. Seperti perubahan yang sedang terjadi di dunia saat ini, anak-anak di seluruh dunia menjadi lebih diawasi dan memiliki waktu yang terbatas untuk merenungkan hal-hal yang berada di sekitar mereka.

  • Bermain adalah penting. Penulis Hara Estroff Morano menulis di Psychology Today berjudul “The Power of Play,” bermain adalah penting untuk kesehatan tubuh kita, dapat meningkatkan dan mengembangkan kapasitas kita untuk menciptakan dan membuat ikatan, untuk menjalin dan menemukan kasih. Jadi, mengetahui bermain itu penting dalam perjalanan waktu yang begitu cepat, bagaiman kita dapat memperlambat kehidupan dan meluangkan waktu untuk bermain?

  • Berikut ini adalah beberpa gagasan untuk menciptakan waktu bermain di dalam kehidupan kita dan belajar untuk hidup lebih menikmatinya serta mengurangi sedikit dari jadwal kegiatan dalam kalender.

  • Tidak membuat jadwal kegiatan pada satu hari tertentu

  • Pilihlah beberapa hari dalam satu bulan di mana Anda dan keluarga Anda tidak akan melakukan suatu kegiatan. Setiap bulan kami memilih satu akhir pekan untuk pergi ke luar kota dan melakukan kegiatan yang tidak dijadwalkan bersama. Di saat anak-anak kami masih kecil, kami selalu senang jika hari Sabtu tiba dengan menyebutnya “Waktunya pergi ke taman” dengan anggaran keuangan yang terbatas, kami bergantian memilih tempat piknik yang menyenangkan dan tempat untuk bermain. Semuanya tidak dikenakan biaya, hanya perlu transportasi menuju ke sana, dan semua kenangan ini menjadi kenangan favorit keluarga.

  • Mengunjungi tempat-tempat yang aman untuk bermain

  • Pelajari tempat-tempat di daerah sekitar rumah Anda yang aman untuk anak-anak, juga untuk Anda bermain. Kami tinggal di dekat pantai kecil yang tidak terlalu ramai yang sering kami kunjungi. Pantai tersebut tidak terlalu dalam, dan menjadi tempat yang aman untuk berendam. Anak-anak hendaknya ada dalam pengawasan, dan dengan aman dapat bermain di pantai. Mereka merasa seperti memiliki kebebasan bermain. Mereka menemukan barang-barang yang mengambang di pantai dan pada suatu waktu yang lalu mereka membuat sebuah istana pasir yang indah yang ditaburi dengan bubuk minuman berwarna merah muda dan ditutupi oleh bunga-bunga. Saya memfotonya dan merasakan momen hidup yang berharga.

  • Advertisement
  • Kecilkan volume dan biarkan anak Anda merasakan keheningan

  • Matikan semua alat-alat media, suara musik dan televisi yang keras. Ciptakan suasana yang memberi keheningan dan ketenangan pada suatu waktu tertentu.

  • Biasakan untuk meluangkan waktu dalam momen-momen tertentu

  • Ini adalah suatu teknik yang saya gunakan dan telah saya ajarkan kepada orang lain yang dapat digunakan di saat stres:

    • Berhenti dan tetap tenang

    • Tariklah napas dalam-dalam, mengeluarkan napas panjang lebih lama daripada menarik napas ulangi 3 kali. Apa yang Anda rasakan?

    • Pejamkan mata Anda dan dengarkan suara di sekitar Anda untuk sesaat. Renungkan suara apa yang Anda dengar.

    • Buka mata Anda dan perhatikan dengan seksama. Apa Anda melihat sesuatu yang baru atau indah di hadapan Anda?

    • Rasakan kain pada pakaian Anda, atau tekstur dari kursi atau barang di dekat Anda. pikirkan tentang apa yang Anda rasakan.

    • Taruh dan rasakan kaki Anda di saat menginjak tanah dan rasakan tekanan nya ketika Anda mengangkat pijakan Anda tersebut.

    • Sekali lagi tarik napas panjang dan hembuskan secara perlahan.

    • Renggangkan sedikit lembut tubuh Anda untuk kembali bergabung dengan dunia dengan sedikit lebih tenang.

  • Abraham Lincoln mengatakan, “Bukan tahun yang ada di dalam hidup Anda, tetapi hidup yang ada di dalam tahun Anda.” Apakah itu berarti harus menambah kegiatan dalam kehidupan Anda, atau apakah itu berarti meningkatkan kualitas hidup yang Anda jalani? Jangan biarkan hidup Anda berlalu begitu saja, rencanakan kegiatan dengan baik untuk memilih kegiatan dengan bijaksana, namun juga perlu diingat untuk meluangkan waktu bersama, untuk menciptakan sesuatu dan bermain bersama. Kehidupan adalah kenyataan yang harus dialami dan dinikmati, mengisi kehidupan dengan bekerja dan bermain, namun yang paling penting untuk menikmati dan mengisi kehidupan bersama dengan orang-orang yang Anda kasihi. Minggu ini, kurangi sedikit jadwal kegiatan dan luangkan waktu untuk bermain bersama.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Don't let life FLASH before your eyes" karya Shannon Symonds.

Baca, hidupkan, bagikan!

Shannon Symonds worked 14 years as an Advocate for families experiencing Domestic or Sexual abuse while raising 6 children in Seaside Oregon. She loves to laugh, write, run, paint and most of all play with her family and friends.

Jangan Biarkan Hidup Anda Berlalu Begitu Saja

Dunia sekarang ini tampaknya berlalu dengan begitu cepat. Albert Eisntein mengatakan dalam teorinya jika Anda berdiri pada tangga yang paling tinggi, maka waktu akan terlihat berlalu lebih cepat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr