Menetap bersama orangtua setelah menikah. Apa plus minusnya?

Sebagai pengantin baru yang belum memiliki penghasilan besar, salahkah bila tinggal bersama orang tua?

1,730 views   |   8 shares
  • Sebagai pengantin baru yang belum memiliki penghasilan besar, salahkah bila tinggal bersama orang tua? Dalam keluarga Asia, di mana sifat individual tidak sebesar keluarga Barat, tinggal bersama orang tua masih dapat diterima dan menguntungkan kedua belah pihak walau tetap saja ada beberapa kendala.

  • Plus

  • Menghemat : Karena pendapatan masih minim, lebih baik uang untuk menyewa rumah ditabung sehingga dapat dijadikan uang muka buat membeli rumah sendiri. Orang tua juga dapat menghemat karena anak dapat membantu membayar biaya listrik.

  • Saling membantu : Ketika orang tua memerlukan biaya untuk membeli makanan, anak menantu dapat membantu mengeluarkan uang untuk itu. Jika salah satu sakit ada orang yang dapat merawatnya atau membawanya ke dokter.

  • Bila anak sudah hadir : Anak menantu tetap dapat bekerja dan merasa aman karena bayi ada di tangan orang yang dapat dipercaya. Atau seandainya mereka membayar pengasuh atau suster buat menjaga bayi, orang tua dapat mengawasinya. Anak-anak juga menikmati kasih sayang kakek nenek yang dilimpahkan kepada mereka.

  • Orang tua tidak kesepian : Dengan adanya anak menantu dan mungkin cucu, orang tua tidak akan merasa kesepian. Bagi mereka cucu merupakan hiburan yang tidak ternilai. Hidup mereka terasa lebih meriah dan tidak membosankan.

  • Menghindari penipuan : Orang tua sering menjadi korban penipuan karena kurang "pengetahuan" dan gaptek, tidak paham menggunakan komputer atau ponsel yang rumit. Bila ada anak menantu di dekat mereka, akan ada orang yang menasihati dalam hal-hal ini.

  • Minus

  • Jika tidak akur : Bila menantu dan mertua tidak akur, tinggal serumah tentu merupakan siksaan bagi salah satu pihak. Pihak si anak juga merasa serba salah, yang satu orang tuanya dan yang satu lagi istrinya. Bila salah satu pihak dibela tentu pihak yang lain akan marah.

  • Jika salah satu pelit : Bila tidak ada biaya untuk memasak, tetapi pihak anak menantu berlagak pilon karena sayang mengeluarkan uangnya, orang tua akan menderita. Mereka tidak tega meminta uang kepada anak menantunya sehingga terpaksa menggerogoti uang tabungan hari tua.

  • Jika tidak ada tepa selira_ : Anak menantu pergi mengendarai mobil bagusnya tanpa mengajak orang tua, kalau hanya untuk malam kencan sekali-sekali dapatlah dimengerti. Tetapi bila terus-terusan, tentu menyakitkan hati orang tua. Membawa pulang makanan enak untuk diri sendiri tanpa menawari orang tua.

  • Advertisement
  • Tidak berdikari: Bagaimanapun tinggal bersama orang tua menyebabkan pasangan muda kurang berdikari. Tidak adanya kemandirian membuat mereka malas mencari rumah sendiri dan keterusan tinggal bersama orang tua.

  • Jika mertua menekan menantu : Karena merasa berhutang budi tinggal di rumah mertua, menantu mungkin berusaha keras menyenangkan hati mertuanya. Sayangnya ada saja mertua yang kurang bijaksana dan terlalu menekan menantunya. Si menantu akan memperoleh tekanan batin yang sulit untuk disembuhkan. Mau mengadu kepada suami, takut dianggap menjelek-jelekkan orang tua. Didiamkan saja, rasanya sudah tidak tahan seperti menemukan buah simalamakama.

  • Jika semua kendala dapat dihindari, maka akan terbentuklah keluarga besar yang memiliki hubungan erat dan penuh kasih sayang. Orang lain mungkin akan menganggap janggal keluarga seperti ini di zaman modern ini, namun bila berhasil mengatasi masalah-masalah yang ada, mengapa tidak?

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menetap bersama orangtua setelah menikah. Apa plus minusnya?

Sebagai pengantin baru yang belum memiliki penghasilan besar, salahkah bila tinggal bersama orang tua?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr