Anda perlu tahu 5 rahasia dapur ini sebelum memasak

Malas masak karena takut bau atau mata pedih karena mengiris bawang? Anda harus tahu tips ini

367 views   |   2 shares
  • Memiliki kebiasaan memasak itu menyenangkan dan penuh tantangan. Dengan berbagai resep yang diketahui dan metode yang sudah sering kali dipraktekan akan mempermudah Anda untuk membuat masakan yang Anda sukai. Hampir setiap ibu rumah tangga selalu melakukan aktivitas ini untuk dapat lebih menjaga kesehatan, higienis, dan juga faktor ekonomis, sebab jika Anda membeli makanan dari luar yang belum jelas asal-usulnya ditakutkan membawa risiko yang cukup merugikan Anda sekeluarga. Meskipun memasak sendiri itu akan terjamin kebersihannya namun masih akan mengandung risiko dalam prosesnya. Kira-kira risiko apa saja dan bagaimana cara mencegahnya?

  • 1. Menghindari risiko jari tangan teriris pisau

  • Mengiris dengan pisau memang dapat membawa risiko jari-jari Anda dapat teriris. Untuk menghindari hal-hal tersebut, pertama gunakan alas kayu sebagai bantalan ketika hendak memotong dengan pisau sebab dengan menggunakan alas dengan permukaan kasar maka bahan makanan yang hendak dipotong tidak terasa licin dan tidak mudah lepas dari genggaman tangan. Gunakan pula pisau yang tajam agar titik potong yang Anda inginkan masih tetap fokus tanpa bergeser. Hal lainnya adalah jagalah konentrai Anda. Jangan melamun atau memperhatikan hal lain ketika Anda sedang mengiris sesuatu.

  • 2. Mata pedas terkena aroma bawang merah

  • Sepintar apa pun orang memasak tidak akan dapat tahan dari pedasnya aroma bawang merah yang mengenai mata. Ada dua cara untuk mengatasi hal ini, pertama rendam selama setengah jam bawang merah yang akan dikupas maka mata Anda tidak perlu lagi mengeluarkan air mata. Kedua, jika Anda sudah terlanjur akan mengiris bawang merah, lakukanlah di tempat yang dekat dengan ventilasi udara atau dekat dengan pintu tempat keluar masuknya udara, lalu posisi Anda tidak dianjurkan menghadap ke pintu melainkan sebaliknya.

  • 3. Tangan terasa panas karena cabai rawit

  • Pernahkah Anda mengalami tangan yang terasa panas setelah memotong halus cabai rawit? Hal ini terjadi karenan adanya kontak langsung antara tangan kita dengan cabai tersebut. Risiko ini dapat diperkecil dengan cara tidak kontak secara langsung ketika hendak mengirisnya.

  • 4. Tangan berwarna kuning karena kunyit

  • Warna kuning alami yang dihasilkan kunyit ini bersifat cukup kuat. Jika Anda hendak pergi ke sebuah acara penting, gunakan sarung tangan karet atau plastik yang bersih ketika hendak memegang kunyit yang sudah dikupas kulitnya untuk menghindari warna kuning yang akan melekat pada jemari cantik Anda.

  • Advertisement
  • 5. Terhindar dari cipratan minyak panas

  • Untuk risiko yang terakhir ini bisa jadi sebagai akibat adanya air pada minyak yang hendak dipakai. Risiko ini cukup membahayakan sebab jika terjadi luka maka akan meninggalkan bekas, mekipun hanya setitik. Kita harus selalu siap untuk hal itu.

  • Tidak ada sedikit pun risiko yang dapat mengurungkan niat Anda untuk memasak, sebab Anda akan memberikan salah satu pelayanan Anda yang terbaik bagi keluarga tercinta. Hanya saja dengan memperkecil risiko maka Anda tetap bisa memberikan yang terbaik kepada keluarga juga tidak merasa terganggu dengan dampak yang terjadi.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Anda perlu tahu 5 rahasia dapur ini sebelum memasak

Malas masak karena takut bau atau mata pedih karena mengiris bawang? Anda harus tahu tips ini
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr