5 perubahan penting pada fisik ibu hamil

Dengan mengenal perubahan-perubahan penting ini suami akan lebih memahami perilaku istrinya yang sedang hamil.

1,139 views   |   6 shares
  • Dengan mengenal perubahan-perubahan penting ini suami akan lebih memahami perilaku istrinya yang sedang hamil. Khususnya bagi kaum pria yang istrinya sedang mengandung anak pertama mereka. Mereka tidak akan kaget lagi bila mengalaminya dan bersimpati terhadap perasaan istrinya. Apa saja perubahan itu?

  • Jasmani

  • Tentu saja perubahan akan terjadi pada tubuh wanita hamil. Bagi yang mengalami mual-mual sejak bulan pertama sungguh menderita. Jangankan makan, bau nasi saja muntah. Ada yang sampai harus menginap di rumah sakit karena penderitaannya berlangsung sepanjang kehamilan. Pendeknya seluruh tubuhnya mengalami perubahan yang kadang-kadang membahayakan jiwanya. Pre eklemsia dan eklemsia adalah dua penyakit yang dapat menyerang wanita hamil karena perubahan dalam tubuhnya. Penyakit ini ditandai dengan darah tinggi dan jumlah protein yang tinggi. Bila tidak ditangani segera dapat berakibat fatal bagi si ibu maupun bayinya.

  • Perut

  • Perut membesar, tetapi biasanya baru terlihat pada usia kehamilan lima bulan ke atas. Kecuali bila bayinya kecil atau ibunya gemuk sekali, mungkin perut tidak terlihat membesar sampai akhir kehamilan. Perubahan ini menimbulkan rasa kurang nyaman pada si ibu. Janin yang menekan dengan berat paling tidak 2 sampai 3 kg, belum lagi air ketuban, membuat si ibu sering kencing. Apa lagi menjelang bulan-bulan terakhir, berdiri salah, duduk salah, tidur pun begitu, terlentang susah, miring pun tak nyaman. Sesudah bayi lahir perut tidak langsung mengecil, diperlukan waktu selama 6 sampai 8 minggu sebelum kembali ke ukuran semula.

  • Kaki

  • Kaki sering bengkak pada usia tua kehamilan karena air terkumpul di bawah akibat tekanan darah yang meninggi. Sepatu tidak bisa lagi dipakai. Pada saat-saat seperti ini suami hendaknya lebih memerhatikan istrinya. Sang calon ibu akan berterima kasih sekali bila suaminya mengurut kakinya yang bengkak perlahan-lahan.

  • Ngidam

  • Kalau tiba-tiba tengah malam si istri merengek minta bakso atau makanan lain, konon ini harus dipenuhi kalau tidak ingin bayinya meneteskan air liur terus menerus. Walaupun sesudah jauh-jauh mencari warung bakso yang masih buka, sesampai di rumah si istri sudah hilang keinginannya untuk makan. Ada pula wanita yang menurut istilah Jawa hamil ngebo (seperti kerbau), tidak mual dan juga tidak ngidam. Namun suaminya yang ngidam, ingin minum air kelapa yang pohonnya tumbuh di rumah tetangga, tidak mau yang dijual di pasar. Terpaksalah mengupah orang untuk memetiknya sesudah minta izin kepada yang punya rumah. Sesudah minum air kelapa itu si suami merasa segar kembali, padahal semula tampangnya kuyu.

  • Advertisement
  • Hormon

  • Karena perubahan hormon, suasana hati calon ibu juga berubah-ubah dengan cepat. Kadang dia cengeng, gampang tersinggung, tidak mau disentuh. Ada yang parah, suaminya dimusuhi, dilarang tidur di kamarnya, karena pintu terkunci terpaksalah tidur di sofa.

  • Selain perubahan-perubahan di atas, wanita hamil juga dapat kekurangan zat kalsium sehingga gigi gampang keropos dan patah atau pecah. Bagi mereka yang menderita darah rendah, minum susu segar dapat menolong banyak. Beberapa wanita rambutnya rontok 3 sampai 4 bulan sesudah melahirkan, namun jangan kuatir dalam waktu 6 sampai 12 bulan rambut akan normal kembali.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

5 perubahan penting pada fisik ibu hamil

Dengan mengenal perubahan-perubahan penting ini suami akan lebih memahami perilaku istrinya yang sedang hamil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr