Yuk, bantu bayi Anda mengasah kemampuannya berbicara dengan benar

Bayi yang belum bisa berbicara kadang menangis untuk menyampaikan kebutuhannya, sementara si ibu bingung karena tidak mengerti. Untuk membantu komunikasi terciptalah bahasa bayi, bahasa yang tidak diucapkan tetapi disampaikan dengan tanda-tanda.

499 views   |   6 shares
  • Bayi yang belum bisa berbicara tentu akan menangis untuk menyampaikan kebutuhannya. Sementara itu ibu pasti bingung karena tidak sepenuhnya mengerti. Untuk membantu komunikasi, terciptalah bahasa bayi, bahasa yang tidak diucapkan tetapi disampaikan dengan tanda-tanda.

  • Salah satunya, berupa gestur tangan yang bisa dimengerti oleh si ibu dan juga bayinya. Misalnya saja, si bayi menyatukan ujung jari-jarinya di setiap tangan dan mempertemukan kedua tangan itu yang berarti dia ingin lebih banyak apa yang Anda berikan kepadanya. Atau dengan kata lain, jika dia dapat berbicara, "Lagi, Ma, lagi!." Entah itu kue kecil atau pisang halus yang Anda suapkan, dia menyukai rasanya dan mau lebih banyak lagi. Tentu saja Anda harus mengajarnya lebih dulu supaya dia mengerti bahasa ini.

  • Lalu, berapakah usia yang tepat bagi bayi untuk belajar berbicara dan mulai mengeluarkan 'bahasa bayi'? Biasanya, bayi yang menginjak usia enam bulan sudah dapat diajarkan menggunakan gerakan tangan sebagai isyarat untuk menggantikan kata-kata.

  • Bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkannya? Ada empat langkah yang dapat dipakai untuk tujuan ini.

  • Langkah pertama

  • Ajarkan dengan cara yang menyenangkan. Anggaplah ini permainan sehingga anak-anak menyukainya dan mampu menirukan apa yang Anda ajarkan. Anda dapat memakai lagu anak-anak atau gambar-gambar sehingga meningkatkan daya tangkap.

  • Langkah kedua

  • Jangan bosan mengulang. Setiap orang, anak-anak maupun dewasa belajar dengan cara mengulang sesuatu secara terus menerus. Jangan mengharap anak Anda dapat mengerti hanya dalam satu hari. Ulanglah setiap hari supaya dia tidak lupa dan hafal isyarat-isyarat yang Anda ajarkan.

  • Langkah ketiga

  • Beri pujian. Bukan hanya anak kecil yang butuh pujian, orang dewasa pun demikian. Jadi jika pujian penting bagi siapa saja, berikanlah secara murah hati. Tidak hanya ketika anak berhasil tetapi juga ketika dia berusaha keras untuk belajar. Berikanlah hadiah berupa makanan kesayangannya untuk usahanya itu.

  • Langkah keempat

  • Perbanyaklah kosa kata. Anak-anak mampu belajar makin banyak hal dengan bertambahnya usia, dia juga akan lebih cepat menangkap pelajaran. Jika mula-mula Anda mengajarkan lima hal yang penting misalnya, sesudah dia menguasai lima hal itu, tambahlah hal-hal lain.

  • Tapi, ada juga efek negatif ketika Anda dan bayi terbiasa menggunakan 'bahasa bayi' dalam berkomunikasi.

  • Karena terbiasa mampu menyampaikan keinginan dan kebutuhannya dengan bahasa isyarat, anak itu akan malas belajar berbicara. Terutama bila dia anak sulung, tidak ada yang mendorong dia menirukan perkataan seseorang. Bagi anak kedua dan ketiga biasanya mereka belajar berbicara selain dari orang tua, juga dari saudara-saudaranya. Mereka akan menikmati pembicaraan dengan anak-anak sebayanya.

  • Advertisement
  • Orangtua juga akan merasa frustrasi jika melihat anaknya pada usia dua tahun masih belum bisa berbicara. Kebutuhan mereka makin rumit dan orangtua tidak lagi dapat mengandalkan bahasa isyarat saja. Kembali terbentuk jurang komunikasi antara orangtua dan anak. Anak yang merasa tidak dimengerti lagi akan merasa jengkel juga dan akibatnya berteriak-teriak melampiaskan kejengkelannya.

  • Karena itu kita sebagai orangtua hendaknya bijaksana dalam mempertimbangkan sejauh mana anak itu hendaknya berhenti memakai bahasa syarat. Seperti ketika mengajarkan bahasa isyarat, ajarlah anak itu menggunakan kata-kata dengan cara menyenangkan. Bacalah buku anak-anak sebelum dia tidur. Dan yang utama Anda sendiri jangan lagi menggunakan bahasa isyarat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Yuk, bantu bayi Anda mengasah kemampuannya berbicara dengan benar

Bayi yang belum bisa berbicara kadang menangis untuk menyampaikan kebutuhannya, sementara si ibu bingung karena tidak mengerti. Untuk membantu komunikasi terciptalah bahasa bayi, bahasa yang tidak diucapkan tetapi disampaikan dengan tanda-tanda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr