Bahaya yang mengancam di rumah dan tidak Anda sadari

Anda mengira bahwa bahaya hanya ada di luar rumah, tetapi sesungguhnya sama banyaknya bahaya yang mengancam di dalam rumah.

246 views   |   1 shares
  • Anda mengira bahwa bahaya hanya ada di luar rumah, tetapi sesungguhnya sama banyaknya bahaya yang mengancam di dalam rumah. Orang lebih sering mengalami kecelakaan di rumah daripada di luar rumah. Apa saja yang dapat menimbulkan kecelakaan di rumah?

  • Tangga

  • Tangga di rumah jika dibuat di antara dua dinding sebaiknya memiliki pegangan. Ini dapat dibuat dengan sederhana yaitu dengan kayu bulat panjang yang dipasang dengan dua atau tiga besi melengkung yang menjepit kayu itu. Bila perlu pasanglah di kanan dan kiri tangga. Bagi manula penemuan baru berupa kursi yang dipasang di salah satu sisi tangga itu dengan mesin penggerak dan rel dapat dipakai naik turun sebagai pengganti eskalator. Beri tahu anak-anak untuk tidak meninggalkan mainan di tangga (atau di mana pun juga) supaya tidak terinjak dan menyebabkan orang jatuh.

  • Kamar mandi

  • Bersihkanlah lantai kamar mandi sering-sering sehingga tidak licin karena selalu basah. Jatuh terpeleset di kamar mandi dapat menyebabkan patah pinggul bagi manula. Jika memakai bathtub sebaiknya dipasang keset dari plastik atau karet yang berpermukaan kasar sehingga tidak mudah tergelincir.

  • Selang di kebun

  • Bereskan selang di kebun sehabis menyiram tanaman atau mencuci mobil supaya tidak mengait kaki orang yang berjalan di situ. Simpan alat-alat kebun seperti gunting tanaman, sekop, dll sesudah memakainya. Selain membuat alat-alat itu lebih tahan lama karena tidak berkarat, alat-alat ini juga berbahaya bila terinjak orang.

  • Kursi kantor

  • Mungkin di depan meja komputer Anda terdapat sebuah kursi kantor yang kakinya beroda. Jangan sekali-kali memakai kursi ini untuk memanjat mengambil sesuatu di tempat yang tinggi. Seorang ibu memakai kursi ini untuk memanjat dan mengambil sesuatu di atas. Dia malas pergi ke kamar lain untuk mengambil kursi biasa. Ketika dia berada di atasnya kursi ini bergeser karena tekanannya. Dia jatuh dengan muka lebih dulu, tangannya patah dan empat giginya tanggal. Ini kejadian nyata yang dialami seorang kenalan penulis. Dengan tertatih-tatih dia ke kamar atas di mana suaminya berada sambil membawa keempat giginya di tangan yang sehat. Anak perempuannya yang mewarisi pekerjaan ayahnya sebagai dokter gigi memasang gigi-gigi yang copot itu dengan pengarahan dari ayahnya.

  • Alat-alat elektronik

  • Ketika sebuah rumah sakit besar di Jakarta dibangun ada sebuah kisah tragis. Salah seorang pekerjanya sedang memegang bor listrik, entah bagaimana dia terkena arus listrik dari bor itu. Ketika terjatuh dia menimpa bor itu yang belum sempat diputus aliran listriknya. Kecelakaan yang berakibat fatal ini dapat saja terjadi di rumah dengan begitu banyak alat elektronik yang kita miliki, walau mungkin arus listriknya tidak sebesar alat-alat industri. Sebaiknya bila Anda akan mematikan arus listrik karena ada yang konslet pakailah sandal karet yang akan meneruskan arus listrik ke tanah. Pakailah selalu alat pelindung seperti sarung tangan, gogel untuk melindungi tangan dan mata Anda.

  • Advertisement
  • Dapur

  • Selain pisau yang tajam, ada bahaya-bahaya lain di dapur. Tersiram air atau minyak panas karena kurang berhati-hati ketika menuang teh, kopi atau menggoreng makanan. Segeralah kucurkan air dingin dari kran ke tempat yang terseduh air/minyak panas tadi selama beberapa saat sampai rasa panasnya berkurang. Kompor yang panas juga jangan lupa dimatikan selain berbahaya bila tersentuh tanpa sengaja, juga dapat menimbulkan kebakaran.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bahaya yang mengancam di rumah dan tidak Anda sadari

Anda mengira bahwa bahaya hanya ada di luar rumah, tetapi sesungguhnya sama banyaknya bahaya yang mengancam di dalam rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr