9 hal yang harus ditanyakan pada pasangan sebelum menikah

Ketika hubungan Anda mengarah ke tahap pernikahan, pastikan Anda yakin dan hilangkan semua keraguan Anda mengenai apa pun yang berhubungan dengan kehidupannya. Hal ini Anda lakukan hanya untuk memastikan Anda tidak salah untuk menikahinya.

2,405 views   |   13 shares
  • Menikah dengan orang yang memiliki banyak perbedaan dengan Anda, mungkin beda adat istiadat, bahasa, latar belakang keluarga, kebiasaan, dan perbedaan lainnya tentunya akan ada banyak hal yang Anda tidak ketahui darinya. Pernikahan adalah komitmen untuk hidup bersama dalam suka dan duka. Lantas bagaimana bila di perjalanan pernikahan, Anda dihantui duka akibat penyesalan yang tidak Anda ketahui sebelum menikah dulu? Ketika hubungan Anda mengarah ke tahap pernikahan, pastikan Anda yakin dan hilangkan semua keraguan Anda mengenai apa pun yang berhubungan dengan kehidupannya. Hal ini Anda lakukan hanya untuk memastikan Anda tidak salah untuk menikahinya. Ada 9 hal yang wajib Anda tanyakan kepada pasangan sebelum menikah dengannya:

  • 1. Seberapa seriusnya dia

  • Tanyakan tentang keseriusan dia mengenai hubungannya dengan Anda. Apakah dia sudah siap menjalani kehidupan rumah tangga bersama Anda? Apakah keinginannya besar dan tulus untuk menikahi Anda? Apakah dia ingin menikah karena kemauannya sendiri atau ada paksaan dari pihak luar? Keseriusan harus Anda pertanyakan agar Anda yakin bahwa dia pantas untuk menjadi pendamping hidup Anda.

  • 2. Identitas dirinya

  • Sangat penting untuk mengetahui tentang identitas dirinya. Bila perlu Anda periksa KTP atau identitas dirinya yang lain. Anda tidak mau kan menikah dengan orang yang tidak jelas asal usulnya?

  • 3. Latar belakang keluarganya

  • Menikah bukan hanya mempersatukan dua pribadi, tetapi mempersatukan dua keluarga besar. Ketika menikah nanti, Anda akan menjalin hubungan dengan mertua, saudara dan keluarganya yang lain. Bila Anda tidak mengenal latar belakang keluarganya, bagaimana Anda bisa punya chemistry dan dapat diterima oleh keluarganya? Cari tahu kebiasaan keluarganya, apa yang mereka sukai dan apa yang mereka harapkan dari hubungan Anda.

  • 4. Bagaimana kehidupan masa lalunya

  • Walaupun ada anggapan, masa lalu biarlah menjadi kenangan, tetapi mengetahui bagaimana kehidupan masa lalu pasangan sangat penting untuk kelangsungan masa depan pernikahan Anda. Jangan takut untuk mencari tahu tentang kehidupannya di masa lalu. Mungkin saja ada beberapa masa lalu buruknya yang dia sembunyikan. Bila semuanya terbongkar setelah menikah akan menjadi penyesalan tak berarti. Ketahuilah bagaimana hubungannya dengan mantan-mantannya? Apakah dulu ada kasus kejahatan yang pernah dilakukannya? Apakah dia pernah terlibat dalam masalah yang serius di tempat kerjanya? Apakah sebelumnya dia pernah menikah? Tanyakan semua kejadian masa lalunya yang mungkin bisa menjadi masalah besar saat Anda terlambat mengetahuinya.

  • Advertisement
  • 5. Riwayat kesehatannya

  • Mungkin banyak orang yang melupakan hal ini. Mengetahui riwayat kesehatannya juga penting. Saat ini keadaan kesehatannya baik-baik saja, tetapi setelah menikah keadaannya memburuk karena penyakit yang selama ini dia tutup-tutupi dan Anda baru mengetahuinya. Atau ternyata pasangan Anda mandul? Bagaimana Anda akan menyikapinya? Bisakah Anda tetap setia dan mendukungnya dalam keadaan seperti itu?

  • 6. Seperti apa kebiasaan dan kepribadiannya

  • Tidak banyak pasangan akan menunjukkan kepribadian yang sesungguhnya di hadapan orang yang dicintainya. Yang pasti, dia akan berusaha bersikap baik di depan Anda. Mengetahui kebiasaan dan kepribadiannya tidak bisa hanya dalam waktu singkat. Hari-hari yang Anda jalani bersamanya dan pengalaman masa lalunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Karena hampir semua orang akan keluar sifat dan sikap negatifnya setelah mereka menikah. Itulah pentingnya mencari tahu sebelum Anda menikah.

  • 7. Keuangannya

  • Menikah tidak hanya mengenai cinta. Menikah sama saja membangun rumah tangga. Dalam rumah tangga akan ada kehidupan. Dan kehidupan itu butuh uang. Memang pembicaraan mengenai keuangan sangatlah sensitif. Tapi keuangannya perlu Anda ketahui. Bukan besar kecil penghasilannya tetapi apakah keuangannya bisa menopang kehidupan rumah tangga Anda kelak. Apakah Anda berdua sepakat untuk mencari penghasilan bersama? Bagaimana mengelola keuangan bersama? Pastikan dia adalah orang yang bertanggung jawab dan memiliki pandangan yang sama dalam mengelola keuangan.

  • 8. Tempat tinggal setelah menikah

  • Rumah atau tempat tinggal setelah menikah terkadang menjadi masalah bagi setiap pasangan suami istri. Mungkin di satu sisi Anda menginginkan untuk tinggal di rumah sendiri, tetapi karena belum memiliki rumah, jadi harus tinggal bersama mertua. Karena tidak sesuai dengan harapan Anda sebelumnya, maka yang ada hanya perdebatan dengan pasangan. Sebelum Anda atau dia merasa kecewa nantinya, maka bicarakan hal ini sebelumnya untuk mencari solusi yang dapat diterima Anda berdua.

  • 9. Keinginan punya anak

  • Salah satu tujuan orang menikah adalah memiliki keturunan. Masalah anak sangat kompleks dan serius dan perlu dibicarakan sejak awal. Anda harus tahu apakah dia menginginkan anak atau tidak? Apakah ia akan menunda punya anak atau tidak? Berapa jumlah anak yang diinginkan? Kesepakatan Anda berdua mengenai anak sangat penting untuk kelangsungan pernikahan Anda. Jangan sampai salah satu dari Anda menginginkan kehadiran anak dan yang lain tidak menginginkannya.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

9 hal yang harus ditanyakan pada pasangan sebelum menikah

Ketika hubungan Anda mengarah ke tahap pernikahan, pastikan Anda yakin dan hilangkan semua keraguan Anda mengenai apa pun yang berhubungan dengan kehidupannya. Hal ini Anda lakukan hanya untuk memastikan Anda tidak salah untuk menikahinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr