Perubahan yang harus dilakukan ketika si kecil mulai bersekolah

Kebiasaan baik harus selalu dibudayakan dalam kehidupan keluarga, sebab cerahnya masa depan anak dimulai dari kebiasaan baik yang selalu ada dalam keluarga.

282 views   |   1 shares
  • Ketika sang buah hati mulai mengawali sekolahnya, maka akan ada banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kegiatan rutinitas keluarga Anda.

  • Sekolah adalah sarana belajar untuk menuntut ilmu. Banyak sekali ilmu yang akan didapat di sekolah. Sedangkan rumah sebenarnya juga merupakan tempat untuk belajar, hanya saja rumah adalah tempat belajar tentang pembentukan karakter, tata krama, mental dan juga bahasa mereka. Ini hanyalah sedikit tambahan mengenai pentingnya kelancaran proses sekolah anak, sedangkan lancarnya persiapan tersebut merupakan peran orang tua untuk mengubah kebiasaan yang dapat menghambat proses pendidikan tersebut.

  • Hal apa saja yang harus diperhatikan dan diubah ketika anak sudah mulai bersekolah?

    1. Anak-anak harus bangun pagi untuk dapat mempersiapkan diri mereka ketika hendak bersekolah, jadi usahakan agar buah hati tidak tidur larut malam.

    2. Persiapkan sarapan yang bernilai gizi cukup, sebab jika pemenuhan gizi setiap harinya itu cukup maka anak akan lebih aktif dan bersemangat untuk mendapatkan hal-hal yang baru di sekolahnya.

    3. Persiapkan pakaian sekolah dengan baik. Pastikan selalu bersih dan rapi saat dikenakan oleh sang buah hati.

    4. Sejak anak masih kecil, ajarkan dan tumbuhkanlah rasa percaya diri dalam diri mereka. Hal ini dapat menentukan keadaan mereka ketika sekolah nanti. Dengan kepercayaan diri yang terbentuk maka mereka dapat meraih prestasi yang mereka inginkan.

    5. Ajarkan kemandirian kepada anak seperti mulai mandi sendiri sebelum bersekolah, menggosok gigi, dan mengganti baju sendiri. Ketika anak sudah bisa melakukan segala persiapan sendiri sebelum berangkat sekolah maka Anda sudah berhasil mengajarkan hal yang baru dalam kehidupan mereka.

    6. Menganggap seorang guru adalah orang yang berbeda dan tidak seperti orang biasa pada umumnya. Ajarkan mereka untuk menganggap seorang guru merupakan orang tua kedua mereka. Seorang guru akan bertanggung jawab atas muridnya selama jam sekolah, jadi anak-anak juga akan merasa nyaman karena adanya perlindungan dari guru mereka di sekolah.

    7. Orangtua hendaknya lebih perhatian dengan buah hati mereka, salah satunya bertanya tentang apa saja pengalaman mereka di sekolah. Perhatian yang Anda berikan akan sangat berarti bagi mereka. Mereka dapat selalu berkomunikasi dengan baik terhadap orang-orang terdekatnya. Perilaku anak di luar merupakan pencerminan dari perlakuan orang tua kepada sang buah hati di dalam rumah, maka perlakukanlah buah hati sebaik-baiknya agar menjadi anak yang baik ketika berinteraksi dengan dunia luar.

  • Advertisement
  • Kebiasaan baik harus selalu dibudayakan dalam kehidupan keluarga, sebab cerahnya masa depan anak dimulai dari kebiasaan baik yang selalu ada dalam keluarga. Hindarkan anak dari rasa tidak nyaman ketika hendak bersekolah, sebab anak yang tidak bersekolah akan melewatkan segala pelajaran baik untuk kehidupan mereka mendatang. Sebagai orang tua yang bijak sebaiknya berupaya yang terbaik agar anak dapat tertarik dan berminat untuk bersekolah hingga perguruan tinggi dalam usaha menggapai cita-cita mereka.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Perubahan yang harus dilakukan ketika si kecil mulai bersekolah

Kebiasaan baik harus selalu dibudayakan dalam kehidupan keluarga, sebab cerahnya masa depan anak dimulai dari kebiasaan baik yang selalu ada dalam keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr