Anak jadi manja dan egois? Coba cek pola asuh Anda

Tahukan Anda bahwa terlalu menuruti keinginan anak akan membuat dia menjadi pribadi yang manja, egois, terlalu memikiran diri sendiri, serta ingin selalu diutamakan semua keinginannya.

462 views   |   25 shares
  • Tidak ada di dunia ini orangtua yang menginginkan anaknya hidup menderita, bukan? Sebisa mungkin orangtua akan memberikan hal yang terbaik untuk anak mereka. Pengorbanan dan kerja keras yang orangtua berikan bukan semata - mata untuk kesenangannya saja tetapi yang terutama adalah untuk kebahagiaan buah hatinya. Tahukan Anda terlalu menuruti keinginan anak akan membuat dia menjadi pribadi yang manja dan egois? Memikiran diri sendiri, serakah, ingin diutamakan, semua keinginannya harus dipenuhi adalah bentuk sikap yang ditunjukan anak yang manja dan egois. Jika hal - hal ini Anda temukan pada anak Anda, maka segeralah untuk mengganti pola asuh Anda. Tetapi sayangnya masih ada beberapa orangtua yang belum menyadari bahwa pola asuh yang diberikannya adalah salah.

  • 1. Menuruti semua keinginan anak

  • Susah untuk menolak keinginan anak karena kita mencintai mereka, tetapi jika perlakuan ini terus dilakukan maka akan membuat anak mabuk dengan kesenangan yang Anda berikan. Hal ini membuat anak menjadi tidak mau berusaha jika menginginkan sesuatu. Dia tidak dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan semata.

  • 2. Memberi hadiah tanpa ada tujuan yang jelas

  • Hal ini sering terjadi kepada mereka yang memiliki ekonomi yang berkecukupan. Karena merasa memiliki banyak uang, orangtua dengan seenaknya membelikan barang - barang untuk anaknya. Memang betul semua yang dilakukannya hanya untuk membahagiakan anaknya, tapi apakah ini merupakan langkah yang tepat dalam mendidik anak?

  • 3. Tidak pernah memberikan tanggung jawab

  • Mengajarkan anak untuk memiliki tanggung jawab memang harus kita ajarkan sejak kecil, entah itu melalui hal - hal sedehana seperti membereskan mainannya setalah main dan lainnya. Jika kita tidak memberikan tanggung jawab kepada anak di rumah, maka anak tidak akan belajar apa - apa, yang mereka tahu hanya nonton tv, main gadget, dan makan saja. Apalagi jika di rumah ada asisten rumah tangga yang tugasnya beres - beres rumah, hal ini tentunya akan semakin memperburuk keadaan si anak.

  • 4. Tidak pernah menegur atau memarahi anak

  • Memang marah bukan hal yang baik untuk dilakukan, tetapi dalam hal mendidik anak tentu hal ini patut untuk kita lakukan. Terkadang orangtua tidak ingin melihat anaknya sedih atau kecewa sehingga memilih untuk memaafkan semua kesalahan anak. Sudah saatnya orangtua mengajarkan kepada anak hal yang benar termasuk perlunya meminta maaf saat melakukan kesalahan.

  • 5. Kurangnya perhatian dari orangtua

  • Advertisement
  • Hal ini juga dapat memicu anak memiliki sifat manja dan egois karena orangtua jarang bertemu dengan anak, maka sebagai gantinya ornagtua memberikan apa saja yang anak inginkan. Pada hakekatnya bukan itu yang anak butuhkan tetapi perhatian yang nyata dari orangtua tentang keberadaan dirinya di tengah keluarga.

  • 6. Acara televisi yang tidak mendidik

  • Tak jarang televisi membuat pengaruh yang begitu besar kepada keluarga tak terkecuali anak. Jika anak terus dijejali dengan acara televisi yang tidak mendidik sudah barang tentu akan memberikan dampak buruk bagi si anak.

  • 7. Cemburu kepada adik atau kakaknya

  • Walaupun orangtua sudah berusaha bersikap adil kepada anak - anaknya, pasti ada anak yang merasa dibedakan. Pastikan komunikasi antara anak dan orangtua tetap terjalin. Nyatakan kasih Anda sebagai orangtua kepada anak sesering mungkin. Mudah-mudahan hati anak menjadi luluh karenanya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Anak jadi manja dan egois? Coba cek pola asuh Anda

Tahukan Anda bahwa terlalu menuruti keinginan anak akan membuat dia menjadi pribadi yang manja, egois, terlalu memikiran diri sendiri, serta ingin selalu diutamakan semua keinginannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr