7 hal yang harus dibicarakan ibu dengan remaja putrinya

Ibu adalah sosok yang paling berperan dalam pengasuhan. Terutama bagi anak remajanya.

856 views   |   2 shares
  • Peran orang tua sangat penting bagi perkembangan remaja. Fase remaja adalah fase di mana seseorang meninggalkan masa anak-anak menuju ke tahap dewasa. Pada masa remaja, anak akan banyak mengalami perubahan pada dirinya, mulai dari perubahan secara fisik, hormon dan emosional. Karena masa remaja adalah masa transisi menuju proses kematangan seksual. Oleh sebab itu, remaja membutuhkan orang-orang yang dapat mengajari, memberi informasi,dan mendampingi mereka untuk menyesuaikan dan mempersiapkan diri menghadapi perubahan-perubahan yang sedang terjadi.

  • Ibu, sosok yang paling memahami anak-anaknya. Ikatan emosional remaja putri dengan ibunya lebih kuat. Itu sebabnya, remaja putri akan lebih terbuka kepada ibu dibanding ke ayahnya. Ada hal-hal yang akan canggung dan malu bila dibicarakan bersama ayah. Bersama ibu, Anda bebas bertanya dan mengungkapkan segala sesuatu yang bersifat pribadi sekalipun. Jadi, sebagai remaja putri yang butuh pembekalan diri hendaknya Anda selalu berkomunikasi dengan ibu. Komunikasi penting untuk mengurangi kecemasan atas perubahan tersebut. Ada beberapa hal penting yang harus dibicarakan remaja putri dengan ibunya :

  • 1. Pubertas

  • Mungkin ada beberapa remaja putri yang merasa malu untuk memulai pembicaraan masalah pubertas pada ibunya. Namun, pembahasan mengenai pubertas sangat penting dibicarakan lebih awal, karena remaja putri saat ini mengalami masa pubertas lebih cepat. Mintalah ibu menjelaskan apa itu pubertas secara detail. Bagaimana pubertas itu terjadi? Kapan kira-kira memasuki masa pubertas itu? Perubahan apa yang akan terjadi? Bagaimana melalui masa tersebut? Rasa ingin tahu seputar pubertas harus Anda bicarakan pada ibu agar saat ciri-ciri masa pubertas itu terjadi Anda sudah siap.

  • 2. Pacar

  • Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak. Masa ini, remaja putri akan menunjukkan tanda-tanda kedewasaan, salah satunya perubahan suasana hati untuk berinteraksi pada lawan jenis yang menimbulkan ketertarikan. Tetapi Tidak semua remaja putri mau terbuka soal urusan satu ini. Mereka berpendapat bila urusan pacar dibicarakan pada ibu, ibu akan menentang atau akan bersikap protektif. Namun, untuk masalah yang satu ini, remaja putri harus jujur dan terbuka. Semua ibu ingin melihat anak gadisnya mendapatkan pasangan yang terbaik. Bila Anda tidak terbuka dengan hubungan Anda, bagaimana ibu bisa tahu jika pasangan Anda itu tepat untuk mendampingi Anda. Terbukalah dengan ibu tentang seberapa seriusnya hubungan Anda. Setidaknya bila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam hubungan Anda, ada ibu yang senantiasa mendampingi Anda.

  • Advertisement
  • 3. Penampilan

  • Remaja putri akan mengalami banyak perubahan saat memasuki masa remaja. Termasuk perubahan penampilan. Ia tidak lagi berpenampilan seperti anak-anak. Bahkan remaja putri sekarang ini, penampilannya sudah hampir setara dengan penampilan orang dewasa. Atau dengan kata lain dewasa sebelum waktunya. Agar tidak salah dalam berpenampilan tidak ada salahnya meminta pendapat dari ibu mengenai penampilan Anda. Walaupun era ibu dan Anda tidak sama. Ibu juga pernah remaja kan? Setidaknya ibu bisa memberikan masukan mengenai penampilan yang terbaik untuk Anda.

  • 4. Pernikahan

  • Membicarakan masalah pernikahan pada ibu memang tidak ada salahnya. Walaupun masih terlalu dini untuk membahas masalah tersebut. Setidaknya wejangan, tips atau cerita ibu mengenai bagaimana menjaga keharmonisan pernikahan bisa menjadi bekal bagi Anda untuk mempersiapkan masa depan pernikahan yang bahagia nantinya.

  • 5. Anak

  • Mungkin sebagian remaja putri sudah memikirkan masa depannya. Atau mungkin mereka penasaran bagaimana pengalaman ibu dalam membesarkan dan merawat anak-anaknya sampai saat ini. Remaja putri lebih peduli mengenai hal ini dibanding remaja putra. Saat Anda menanyakan hal seputar anak kepada ibu, seperti bagaimana melewati proses kehamilan sampai melahirkan, mengasuh anak-anak yang masih kecil atau bagaimana menghadapi kenakalan anak-anak. Secara tidak langsung Anda memikirkan besarnya pengorbanan ibu.

  • 6. Kebebasan

  • Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui dari ibu. Ibu akan menjelaskan dan memberi bimbingan tentang seberapa besar kebebasan yang diberikan kepada Anda. Termasuk kebebasan dalam bergaul, memilih teman, melakukan aktivitas dan berperilaku. Semuanya itu penting untuk Anda ketahui agar Anda mengerti dalam bersosialisasi, ada batasan dan aturan yang harus dipatuhi. Kebebasan yang diberikan bukan berarti Anda bebas melakukan apa pun menurut emosional Anda. Ibu hanya bisa mengawasi dan berusaha melindungi Anda dari penyimpangan yang kemungkinan bisa terjadi.

  • 7. Masa depan

  • Masa depan Anda ada di tangan Anda. Tetapi, bimbingan, arahan dan doa dari ibu akan mempermudah Anda untuk merencanakan dan meraih masa depan dan cita-cita. Komunikasi menjadi bagian penting. Apa pun yang Anda rencanakan untuk masa depan Anda, mintalah arahan dari ibu.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

7 hal yang harus dibicarakan ibu dengan remaja putrinya

Ibu adalah sosok yang paling berperan dalam pengasuhan. Terutama bagi anak remajanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr