Cara mengajarkan anak remaja Anda untuk berhati-hati dalam pergaulan

Godaan yang dihadapi anak-anak remaja pada zaman ini jauh lebih besar dan lebih banyak dibanding di zaman dulu. Anda sebagai orangtua memiliki peran besar dalam membantu remaja Anda menolak godaan-godaan itu.

612 views   |   1 shares
  • Godaan yang dihadapi anak-anak remaja pada zaman ini jauh lebih besar dan lebih banyak dibanding di zaman dulu. Anda sebagai orangtua memiliki peran besar dalam membantu remaja Anda menolak godaan-godaan itu.

  • Kartika baru sepuluh menit berada di pesta itu sewaktu dia melihat dua orang anak muda datang membawa beberapa kantong kertas yang besar. Dia tahu pasti apa yang ada dalam kantong-kantong itu. Kemarin dia mendengar anak-anak muda itu berkata bahwa akan ada banyak minuman keras di pesta tersebut. Tentu saja Kartika tidak mengatakan hal itu kepada orang tuanya. Dia mengira mereka hanya bercanda. Lagi pula seharusnya ada orang-orang dewasa yang mengawasi di rumah itu.

  • Tiba-tiba Kartika mendengar suara yang dia kenal di belakangnya. "Mengapa berdiri bengong di situ saja, Tika?" Kartika berpaling dan melihat temannya Yanti memegang dua botol bir yang baru dibuka. Yanti menyodorkan salah satu kepadanya dan berkata, "Jangan bilang kamu tidak doyan bir!"

  • Kartika ingin menolak. Tetapi tekanan untuk menerimanya lebih besar. Bukan karena dia ingin minum, melainkan karena Yanti teman baiknya dan dia tidak ingin mengecewakannya. Di samping itu Yanti adalah gadis baik-baik. Jika dia saja minum, apa salahnya? 'Lagi pula cuma bir,' pikir Kartika, 'bukan narkoba atau seks.'

  • Sebagai orang tua kita hendaknya mempersiapkan remaja kita untuk keadaan seperti ini dan juga godaan-godaan lain. Anda dapat mengajarkan bagaimana mengendalikan keinginan yang salah dan menolak godaan. Akan sangat membantu untuk menyadari apa yang ada di balik godaan. Pertimbangkan ketiga faktor ini:

  • 1. Tidak sempurna

  • Kecenderungan untuk berbuat salah adalah biasa pada manusia karena manusia tidaklah sempurna. Namun kesadaran bahwa suatu perbuatan adalah salah membuat kita menghindari perbuatan itu. Lebih mudah menghindar daripada menolak. Seperti contoh di atas jika Kartika sudah mendengar bahwa akan ada minuman keras di pesta itu, lebih baik dia tidak datang. Justru karena dia merasa ingin menjadi "cool" dia datang ke pesta itu.

  • 2. Pengaruh dari luar

  • Godaan ada di mana saja. Tayangan televisi dan film membuat seks tampak menarik dan indah. Anda tidak melihat segi negatifnya. Tina mengalami betapa besarnya pengaruh itu. "Saya merasa saya jatuh cinta ketika berumur 16," kenangnya. "Ibu mengajak saya duduk dan memberi tahu bila kejadiannya terus begini, saya akan hamil. Saya menganggap kekuatiran ibu terlalu berlebihan! Dua bulan kemudian saya benar-benar hamil."

  • Advertisement
  • 3. Kaum muda memiliki hasrat yang kuat

  • Ketika masih muda hasrat untuk berbuat sesuatu meluap-luap. Tanpa pemikiran yang matang dan kesadaran yang kuat, sulit untuk mengendalikan keinginan itu. Peran orang tua di sini sangatlah utama dalam membimbing dan mengajarkan hal-hal yang benar. Bila ada pengetahuan dasar yang tertanam kuat, remaja akan lebih mampu menghindari godaan.

  • Remaja bagaikan kompas yang selalu menunjuk ke utara. Tetapi bila ada magnit di sampingnya maka jarum kompas akan menunjuk ke arah yang salah. Nurani kita seperti kompas. Dengan latihan yang semestinya, akan menunjuk ke arah yang benar. Namun pergaulan yang salah, seperti magnit, akan membuat nurani kita melenceng. Lebih baik menjaga agar tidak ada "magnit" atau pengaruh buruk yang akan membuat kesadaran moral remaja Anda rusak.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Cara mengajarkan anak remaja Anda untuk berhati-hati dalam pergaulan

Godaan yang dihadapi anak-anak remaja pada zaman ini jauh lebih besar dan lebih banyak dibanding di zaman dulu. Anda sebagai orangtua memiliki peran besar dalam membantu remaja Anda menolak godaan-godaan itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr