Ini alasan lelaki cenderung sulit meminta maaf

Pertengkaran pasangan banyak terjadi karena wanita menunggu permintaan maaf datang dari suaminya, sementara si pria enggan meminta maaf lebih dulu. Kenapa ya selalu begitu?

7,744 views   |   79 shares
  • Bertengkar dalam suatu hubungan adalah hal yang wajar. Apalagi jika setelahnya tercapai suatu kesepakatan, dan berbaikan kembali. Namun, sayangnya, tak semua pertengkaran yang terjadi, berakhir semulus itu. Sebab, seringkali, siapa pun yang salah, siapa pun yang memulai konflik, laki-laki atau suami tidak mau lebih dulu maju untuk berbaikan.

  • Ya, di mata para wanita, pria dikenal sulit meminta maaf jika melakukan kesalahan. Sayangnya, kebiasaan dalam masyarakat pun 'mendukung' hal itu. Yaitu, dengan memaklumi jika seorang pria melakukan kesalahan dan tidak mengucapkan maaf. Nantinya, di satu sisi, perempuan selalu menunggu permintaan maaf dari pasangannya, sedangkan si pria tak mau minta maaf.

  • Ternyata, beberapa studi sudah mengonfirmasi bahwa semua pria memang mengalami kesulitan untuk melontarkan sebuah permintaan maaf. Jadi, menurut beberapa penelitian, sulitnya pria minta maaf ini memang murni karena masalah gender. Selain itu apa sih yang membuat pria susah minta maaf?

  • 1. Persepsi

  • Penelitian yang dilakukan di University of Waterloo, Ontario mengungkapkan bahwa ada begitu banyak pria yang enggan mengakui kesalahannya. Hanya saja ada beberapa orang yang memiliki batas toleransi yang lebih tinggi sehingga bersedia meminta maaf. Yang pasti laki-laki dan perempuan memiliki persepsi meminta maaf yang berbeda drastis.

  • 2. Logika

  • Selain itu, cara meminta maaf pria ternyata memang berbeda dengan wanita. Perempuan cenderung meminta maaf untuk semua hal. Bahkan perempuan kerap meminta maaf untuk hal-hal yang tidak terkait dengan pasangannya sekalipun. Perempuan melakukan hal ini sebagai sebuah cara untuk berhubungan dengan orang lain dan menjaga 'kesehatan' hubungan ini. Namun, pria berpikir dengan logika, dan berpikir bahwa meminta maaf untuk hal apa pun yang bukan kesalahannya adalah hal yang bodoh.

  • 3. Memalukan

  • Mediator perceraian Sam Margulies mengatakan bahwa pria cenderung melihat permintaan maaf sebagai hal yang memalukan dan membuatnya kehilangan muka. "Bagi seorang pria mengakui bahwa ia telah melakukan sesuatu yang salah berarti ia terlihat kurang di mata orang-orang yang mendengarkan permintaan maafnya," ucapnya.

  • Dalam hatinya ia tahu kalau ia melakukan kesalahan. Tetapi, egonya yang tinggi akan menahan dirinya untuk meminta maaf. Ia akan lebih khawatir tentang harga dirinya dibandingkan perasaan orang yang disakitinya. Dengan ego yang begitu tinggi, pria akan sangat gengsi untuk minta maaf. Karena baginya itu menunjukkan kelemahan. Pria akan sangat sulit minta maaf dengan pria lain, apalagi dengan wanita. Meminta maaf secara verbal bagi sebagian pria akan menurunkan harga dirinya.

  • Advertisement
  • 4. Lewat cara berbeda

  • Harriet Lerner, penulis buku Marriage Rules mengatakan bahwa ketika tumbuh dewasa, beberapa orang dipaksa untuk 'meminta maaf' begitu sering. Misalnya ketika mereka berkelahi dengan saudaranya dan lainnya dan melakukan pelanggaran kecil. Akibatnya, ketika mereka dewasa, mereka merasa enggan untuk melakukan hal ini lagi.

  • Para pria memilih untuk membawakan kekasihnya bunga, memberikan kartu ucapan, sampai datang ke kantor hanya untuk mengatakan "Hai". Ini tandanya kalau ia sebetulnya memikirkan pasangannya. Hal ini juga berarti kalau mereka menawarkan permintaan maaf secara tak langsung. Dan kebanyakan pria mengalami kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya secara verbal.

  • Menunjukkan maaf melalui sikap, menurut pria, lebih penting daripada kata-kata. Jika pria melakukan kesalahan pada pasangannya, biasanya ia akan membelikan bunga, coklat atau bahkan perhiasan atau ia akan segera mengubah sikapnya menjadi lebih manis. Hal ini biasanya dilakukan tanpa mengucapkan maaf secara verbal. Tandanya, ia memang meminta maaf tetapi dengan caranya dan untuk menunjukkan penghargaan dan rasa cinta pada pasangannnya.

  • Maka itu, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pasangan. Dari sejarah masa kecilnya, hingga berbagai perilaku yang biasa ditunjukkannya sehari-hari. Jika sudah memilih, maka mau tak mau memang harus diterima satu paket. Ingat-ingat saja kebaikannya, agar tidak terlalu banyak tuntutan. Jika ia memang sulit meminta maaf secara verbal, maka biarkanlah ia mengekspresikan rasa bersalahnya dengan caranya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Ini alasan lelaki cenderung sulit meminta maaf

Pertengkaran pasangan banyak terjadi karena wanita menunggu permintaan maaf datang dari suaminya, sementara si pria enggan meminta maaf lebih dulu. Kenapa ya selalu begitu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr