Kapan usia tepat menindik telinga si kecil?

Mempercantik penampilan anak adalah hal yang sangat menyenangkan dan merupakan sebuah kepuasan tersendiri, setiap orangtua selalu menginginkan anak mereka terlihat menarik dan lucu.

730 views   |   1 shares
  • Tidak sedikit orangtua yang menindik bayi perempuan mereka. Tapi, kapankah waktu yang tepat untuk bisa menindik anak perempuan? Kemudian apa sajakah yang perlu dipersiapkan agar hasil tindik tidak menimbulkan masalah di kemudian hari?

  • Tindakan awal

  • Menurut pengalaman kerabat dekat saya, waktu yang ideal untuk menindik telinga bayi yaitu ketika usianya paling sedikit 3 bulan. Dipercaya bahwa tubuh anak pada usia tersebut sudah memiliki sistem pembentukan tulang jaringan pada bagian tubuh yang rusak seperti kulit. Selain itu anak pasti merasa tidak nyaman dengan rasa sakit yang baru saja ia alami, sehingga kemungkinan besar ia akan lebih sering menyentuh bagian telinga yang terasa sakit itu. Maka dari itu agar supaya bayi terhindar dari risiko infeksi, Anda harus mampu menjaganya secara optimal yaitu usahakan agar tangannya tidak selalu menyentuh bagian telinga yang sedang sakit.

  • Tindik profesional

  • Jangan pernah mengandalkan orang awam atau orang yang kurang berpengalaman untuk menindik telinga, sebab hal ini dapat memungkinkan bayi mengalami pendarahan di telinganya dan akhirnya justru membahayakan keselamatan bayi. Pastikan pula anak dalam keadaan sehat pada waktu hendak ditindik, sebab anak akan lebih bisa menahan rasa sakit dengan tubuh yang sedang dalam kondisi benar-benar fit.

  • Untuk anting yang akan dikenakan sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah kulit anak memiliki alergi terhadap logam atau tidak. Ada satu kejadian di mana telinga sang buah hati mengalami ruam serta luka yang melebar pada bagian lubang anting di bagian telinga setelah ditindik. Kemungkinan hal ini disebabkan karena alergi pada kulit karena logam yang dipakai. Gunakanlah perhiasan yang terbebas dari bahan sintetis, dan gunakan logam mulia yang berkualitas (misalnya, emas 24 karat) sebab hampir setiap anak mengalami alergi terhadap logam tiruan.

  • Mempercantik penampilan anak adalah hal yang sangat menyenangkan dan merupakan sebuah kepuasan tersendiri, setiap orangtua selalu menginginkan anak mereka terlihat menarik dan lucu. Perlu ketelitian orangtua dalam memilih perhiasan bagi anak mereka sehingga dampak buruk yang dapat terjadi kiranya dapat dicegah.

  • Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan telinga bayi setelah menindik, sebab kondisi luka apapun akan lebih cepat sembuh jika tubuh sehat dan terjaga kebersihannya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Kapan usia tepat menindik telinga si kecil?

Mempercantik penampilan anak adalah hal yang sangat menyenangkan dan merupakan sebuah kepuasan tersendiri, setiap orangtua selalu menginginkan anak mereka terlihat menarik dan lucu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr