Saya stres. Apa yang harus saya lakukan?

Ketika mampu mendeteksi secara pribadi dari manakah stres berasal dan berada di tahap manakah kita saat sedang mengalami stres, maka lebih mudah mencari solusi terbaik saat menghadapi stres tersebut.

1,395 views   |   4 shares
  • Bagi kita yang sehari-hari beraktivitas secara aktif, tentu tidak asing dengan kata stres. Seringkali situasi atau perubahan yang tidak terduga dapat membuat kita merasa stres. Saya pernah berada pada posisi itu. Bagaimana dengan Anda?

  • Tidak jarang secara refleks Anda merasa diri sedang stres, tetapi apakah sebenarnya apa yang kita alami benar-benar sebuah kondisi stres? Atau hanya ucapan refleks semata karena situasi yang berubah mendadak.

  • Menurut Robert S. Fieldman, konselor dari Universitas Massachusetts (1989), stres adalah suatu proses menilai suatu peristiwa sebagai sesuatu yang mengancam, menantang, ataupun membahayakan dan individu merespon peristiwa itu pada level fisiologis, emosional, kognitif dan perilaku. Stres adalah suatu tuntutan yang mendorong organisme untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri.

  • Sebenarnya sebelum kita mengatakan kita mengalami stres, ada tiga tahapan yang biasanya dilakukan seorang individu, saat mengalami persitiwa tidak terduga dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tahap Waspada

  • , biasanya tubuh akan bereaksi ketika ada stressor yang dianggap mengancam. Pada tahap ini baik fisik maupun emosional akan bermain dan menentukan apakah kita melarikan diri dari stressor tersebut atau bertahan dan melawan.

  • Tahap Resisten

  • , pada tahap ini tubuh sudah bereaksi untuk bertahan menghadapi stressor. Biasanya di tahap ini seseorang sudah menemukan beberapa trik untuk mengatasi stressor tersebut.

  • Tahap Kelelahan

  • , pada tahap ini kekuatan tubuh untuk melawan stressor lambat laun mengalami penurunan. Bisa dipengaruhi banyak hal kenapa seseorang akhirnya tidak mampu melawan stressor, sehingga yang akan dialami adalah kelelahan fisik, emosi, dan berdampak pada penurunan kondisi kesehatan.

  • Stressor sendiri berasal dari dua kondisi, yang pertama kondisi dalam diri kita sendiri. Misalnya pada wanita adalah kondisi saat kehamilan, menjelang menopouse, atau pada saat menstruasi. Atau kondisi emosi seperti perasaan bersalah yang teramat sangat. Ini adalah salah satu contoh stres yang berasal dari dalam diri sendiri.

  • Kondisi yang kedua adalah stres yang berasal dari luar diri kita, dari lingkungan sekitar kita. Seperti misalnya berkaitan dengan pekerjaan, kemacetan jalan, lingkungan hidup, masalah rumah tangga, dan kondisi-kondisi yang tidak dapat dipredikasi seperti bencana, kehilangan, dan lain-lain.

  • Ketika kita mampu mendeteksi secara pribadi darimana stres berasal dan berada di tahap manakah kita saat sedang mengalami stres, maka hal ini akan membantu diri kita mencari solusi terbaik saat sedang mengalami stres. Kita akan lebih mempersiapkan diri menciptakan kemungkinan-kemungkinan yang akan dipilih untuk mengatasi stres yang kita alami. Tentu saja hal ini sangat dipengaruhi dengan kontrol diri yang baik, persepsi terhadap situasi stres yang sedang dihadapi, pengalaman sebelumnya saat sedang mengalami stres, serta kemampuan untuk menghadapi stres tersebut.

  • Advertisement
  • Semuanya ini hanya mampu disadari dan diselesaikan oleh kita sendiri. Perlu Anda ketahui, sumber stres tidak dapat dihindari dan pasti terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka saatnya mengubah diri Anda untuk lebih siap menghadapi stres yang terjadi dalam perjalanan hidup kita sendiri. Hadapi stres dengan terlebih dahulu menerimanya sebagai kebutuhan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan adanya stres, seorang individu akan belajar cara untuk bangkit dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Saya stres. Apa yang harus saya lakukan?

Ketika mampu mendeteksi secara pribadi dari manakah stres berasal dan berada di tahap manakah kita saat sedang mengalami stres, maka lebih mudah mencari solusi terbaik saat menghadapi stres tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr