Ini alasan pentingnya pola tidur pada anak

Walau pola tidur bayi Anda masih tidak teratur, namun tidur lelap yang cukup sesuai perkembangan usia anak penting untuk pertumbuhan otak dan tubuh mereka.

1,010 views   |   15 shares
  • Menjadi sebuah 'prestasi' bagi Ibu, di saat anak bisa berkompromi dengan tidur malamnya. Tidur nyenyak tanpa ada drama tengah malam seperti menangis, minta gendong atau meladeninya bermain sebelum Ia tidur kembali.

  • Setiap Ibu memiliki tips yang berbeda dalam menghadapi dan menyiasati jam tidur anaknya. Ada yang mengurangi jam tidur siangnya agar anak bisa tidur nyenyak di malam hari, ada yang aktif mengajak anak bermain di sore hari agar anak cepat lelah dan tidurnya lebih pulas dan ada pula yang memberikan porsi makan yang banyak agar anak tidak rewel saat tengah malam.

  • Tapi di balik beberapa tips tersebut, terdapat fakta yang lebih penting untuk diketahui oleh para Ibu, bahwa tidur yang berkualitas memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak seperti pertumbuhan tulang, metabolisme tubuh dan membuatnya menjadi cerdas. Saat anak terlelap, hormon pertumbuhannya akan mempercepat tubuhnya untuk memperbaiki dan memperbaharui seluruh sel dalam tubuh, dari sel darah, sel kulit hingga sel saraf otak.

  • Walaupun dalam keadaan tidur, otak anak tetap aktif bekerja, tak jarang anak lebih interaktif dan responsif saat ia tidur sambil tersenyum atau mengerakkan anggota badan. Jam tidur yang cukup dapat membuat sistem kekebalan akan meningkat dan mencegah penyakit, selain itu juga dapat membuat bayi rileks dan memilikimood yang baik dalam menjalankan aktivitasnya seharian. Saat tidur, anak melewati dua tahap, yaitu:

  • Rapid Eye Movement (REM)

  • Tahap ini disebut tahap mimpi, di mana pola pernapasan dan detak jantung belum teratur dan terkadang anak tersenyum, tertawa, mengigau, tangan dan kaki pun masih ikut bergerak. REM sangat penting bagi anak, karena dalam tahap ini, otak memasuki kondisi maksimal dalam mengolah ingatan dan data, pertumbuhan sel otak pun berlangsung dengan sangat cepat.

  • Non - Rapid Eye Movement (Non - REM)

  • Pada tahap ini, anak mengalami tidur yang nyenyak (deep sleep, sleep soundly). Ia akan tidur tenang, napas dan detak jantung pun teratur. Tidur Non - REM sangat diperlukan untuk pertumbuhan fisik anak, memulihkan kondisi tubuh, memperbaiki sel dan membangun otot tubuh. Tak jarang pada tahap ini, anak berkeringat saat tidur dan merasa bugar saat bangun.

  • Kedua tahap ini akan berlangsung secara bergantian sepanjang waktu tidur anak. Maka dari itu tidur nyenyak sangat dibutuhkan oleh anak agar tahap REM dan Non - REM tidak terganggu dan tidak berdampak pada tumbuh kembangnya. Lalu berapa lama idealnya anak tidur sehingga ia memiliki tidur yang berkualitas bagi otak dan tubuhnya?

  • Advertisement
  • Kebutuhan tidur anak tergantung dari usianya. Bayi usia 0 - 4 bulan memiliki jam tidur yang sangat banyak sekitar 10,5 - 18 jam per hari. Memasuki usia 4 - 12 bulan, jam tidur bayi akan berubah menjadi 14 - 15 jam per hari. Biasanya 80 % dari bayi berumur 9 bulan, sudah dapat membagi jam tidur siangnya selama 30 menit sebanyak 1- 4 kali dalam sehari dan dapat tidur lelap sepanjang malam. Saat anak berusia 1 - 3 tahun, jam tidurnya berkurang lagi menjadi 12 - 14 jam per hari dengan frekuensi jam tidur siang tidak lebih dari 2 kali dalam sehari.

  • Memasuki usia pra-sekolah, anak usia 3 - 6 tahun, masih melakukan tidur siang 1 kali dengan total jam tidur 10 - 12 jam perhari. Namun diatas usia 7 tahun, anak akan semakin jarang tidur siang, tetapi dapat tidur malam selama 10 - 11 jam. Saat anak usia 12 - 18 tahun, mereka akan jarang tidur siang karena padatnya aktivitas sekolah dengan jam tidur 8 - 9 jam per hari.

  • Dari frekuensi dan dan jam tidur anak di atas, Anda dapat menghitung jam tidur anak Anda setiap harinya. Jangan sampai Ia kekurangan jam tidurnya, karena akan berdampak negatif, diantaranya:

    • Gangguan pada tahap tumbuh kembangnya dan apabila dibiarkan dapat berdampak hingga Ia besar nanti.

    • Meningkatkan hormon stres kortisol yang berkaitan dengan depresi dan rasa cemas, sehingga membuat anak sensitif dan lebih mudah marah, sedih dan khawatir. Tak jarang pula membuat anak gampang tersinggung, hiperaktif dan sulit untuk berkonsentrasi dalam banyak hal.

    • Pelupa dan penurunan IQ yang disebabkan berkurangnya kekuatan memori anak. Jika Anak anda sudah memasuki usia sekolah, jangan biarkan Ia tidur larut malam saat masa ujian. Lebih cepat Ia tidur, akan semakin banyak yang dapat Ia ingat.

    • Obesitas yang disebabkan anak tidak bisa mengontrol kegemarannya untuk ngemil saat terbangun tengah malam.

    • Resiko diabetes akibat terganggunya kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme gula yang biasanya terjadi saat tidur malam.

  • Pola tidur bayi akan selalu berubah, yang perlu Anda lakukan adalah bersabar untuk mengikutinya dan mencatat pola tersebut, berapa lama ia tidur. Maksimalkan aktivitasnya saat siang sampai sore hari sehingga jam tidur malamnya lebih panjang. Tapi ingat, jangan sampai ia terlalu lelah karena dapat membuatnya rewel dan susah tidur. Rencanakan aktivitas bermainnya tetap dengan porsi yang seimbang dengan jam tidurnya agar ia tetap memiliki kualitas tidur yang baik.

  • Advertisement
  • Lakukan beberapa ritual yang menyenangkan sehingga ia rileks dan cepat tidur seperti menggosok gigi, berdoa sebelum tidur, memijat tubuhnya, mendongeng atau membacakan buku, menyanyikan lagu kesukaannya. Ritual ini pun dapat membuat ia menjadi penurut saat diajak tidur. Selamat mencoba!

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Ini alasan pentingnya pola tidur pada anak

Walau pola tidur bayi Anda masih tidak teratur, namun tidur lelap yang cukup sesuai perkembangan usia anak penting untuk pertumbuhan otak dan tubuh mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr