6 cara membuat anak mau mendengarkan Anda

Berteriak, memaksa, menuntut, dan omelan tidak akan membuat anak-anak mau mendengarkan dan mematuhi apa yang Anda katakan. Bahkan jika mereka melakukannya, mungkin karena perasaan takut.

4,264 views   |   45 shares
  • Berteriak, memaksa, menuntut, dan omelan tidak akan membuat anak 'mendengarkan' dan ingin mematuhi apa yang Anda katakan. Bahkan jika mereka menuruti, kemungkinan besar karena perasaan takut akan konsekuensi yang akan Anda berikan.

  • Jika ingin anak mendengarkan tanpa teriakan dan omelan, maka yang harus Anda mulai adalah bagaimana cara berkomunikasi dengan tepat agar mereka mau mematuhi Anda. Terlebih dahulu, ubah cara Anda berbicara pada anak. Lihat bagaimana respon mereka terhadap perubahan sikap Anda.

  • Ada 6 cara yang dapat Anda lakukan agar anak-anak mau mendengarkan dengan baik apa yang Anda katakan.

    1. Adanya kedekatan batin antara Anda dan anak akan semakin mempermudah komunikasi yang terjalin. Bagaimana hal ini terbentuk, tentu saja dengan sering melakukan aktifitas bersama-sama dengan mereka. Menemani mereka bermain, membaca buku bersama hingga bersenda gurau.

    2. Berbicara dengan berbisik. Jika selama ini Anda terbiasa berbicara keras dan berteriak. Maka cobalah ganti, berbicara dengan berbisik. Dengan berbisik, intonasi dan tekanan suara Anda otomatis akan lebih lembut sehingga membuat anak lebih fokus mendengarkan.

    3. Tetap menjaga kontak mata selama berbicara dengan anak. Berbicara sambil berteriak apalagi memerintah dari ruangan yang berbeda sama saja melakukan pekerjaan yang sia-sia.

    4. Minta anak untuk mengulang instruksi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah anak Anda benar-benar paham dengan apa yang Anda harapkan.

    5. Ketika Anda meminta bantuan anak untuk melakukan sesuatu, maka dalam posisi ini Anda yang seharusnya menghormati mereka. Ketika anak tidak berhasil melakukan sesuai yang Anda inginkan, bukan berarti kesalahan sepenuhnya terletak pada anak. Begitu pula ketika anak berhasil melakukan yang Anda inginkan. Selalu ucapkanlah terima kasih sebagai rasa syukur terhadap bantuan yang diberikannya kepada Anda.

    6. Dalam berkomunikasi dengan anak, sebaiknya gunakan kalimat yang singkat dan jelas. Hindari menggunakan kalimat terlalu panjang atau meminta anak melakukan beberapa aktivitas dalam satu waktu bersamaan, karena ia akan merasa bingung mana yang harus diutamakan untuk dikerjakan terlebih dahulu.

  • Ibu, inilah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan anak. Khususnya ketika Anda meminta anak melakukan sesuatu yang Anda inginkan. Tidak ada teriakan, tidak ada frustrasi karena anak gagal melakukan apa yang Anda harapkan, tidak ada rasa kecewa dari dalam diri Anda dan tidak ada rasa sakit hati pada diri anak Anda.

  • Advertisement
  • Lakukan tips di atas agar komunikasi antara ibu dan anak semakin membaik, kedekatan emosional lebih lekat dan membuat anak merasa lebih nyaman berada di dekat Anda.

  • Selamat mencoba.

Baca, hidupkan, bagikan!

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

6 cara membuat anak mau mendengarkan Anda

Berteriak, memaksa, menuntut, dan omelan tidak akan membuat anak-anak mau mendengarkan dan mematuhi apa yang Anda katakan. Bahkan jika mereka melakukannya, mungkin karena perasaan takut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr