Hentikan Diet: 8 Pesan untuk Kesehatan Jangka Panjang Bebas Stres

Artikel ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan daripada sekadar penampilan. Mengurangi berat badan adalah suatu penampilan. Sebaiknya kita mengejar kegiatan yang membuat kita lebih sehat.

2,571 views   |   3 shares
  • Berikut adalah 8 pesan untuk membantu Anda berpikir lain tentang kesehatan Anda secara menyeluruh dan menyingkirkan stres karena perubahan yang perlu Anda lakukan.

    1. Tinggalkan timbangan berat badan – “Saya telah melakukan semuanya dengan benar. Saya sudah tidak makan kue coklat dan sebagai gantinya telah berolahraga. Mengapa saya masih bertambah satu kilo?” Timbangan berat badan mengukur segala sesuatu tentang tubuh Anda yang dapat ditimbangnya, termasuk tulang, organ tubuh, cairan, otot, jaringan otot konektif, otak, dan juga lemak Anda. Timbangan tersebut tidak memberitahu Anda unsur mana yang menyumbang pada berat badan Anda. Kecemasan karena timbangan berat badan datang dari terlalu banyak memberi kekuasaan kepada benda mati. Angka-angka antara kedua kaki Anda itu tidak memutuskan apakah hari itu merupakan hari baik atau buruk Anda. Ingatlah ini: Timbangan itu TIDAK MEMILIKI kekuasaan menjuluki Anda sebagai orang gagal. Tetaplah menempatkan pentingnya angka-angkanya pada perspektifnya. Jika timbangan itu menyebabkan Anda stres, buanglah dan fokus pada tujuan kesehatan Anda daripada berat badan.

    2. Buanglah diet – Kegagalan dalam diet dikarenakan diet terlalu membatasi, dan kita terlalu tergesa-gesa ingin langsing. Orang kehilangan berat badan waktu diet. Namun demikian, kebanyakan akan menambah berat badan kembali. Kita mencoba berbagai diet dengan harapan akhirnya menemukan satu diet yang cocok. Keluarlah dari coba-coba diet dan mulailah merawat diri Anda dengan cara yang masuk akal. Lihatlah gaya hidup Anda dan nilailah gol kesehatan Anda. Mulailah dari yang kecil-kecil dengan modifikasi Anda sendiri. Contohnya, makanlah semua yang biasa Anda makan, tetapi dalam porsi yang lebih masuk akal untuk Anda. Mulailah gerak jalan sekali seminggu dengan tetangga Anda. Lakukanlah terus sampai menjadi kebiasaan. Kemudian, ditingkatkan ke arah gol berikutnya. Selamat! Anda akan hidup lebih sehat.

    3. Nikmatilah makanan Anda – Kita mulai memiliki gagasan bahwa jika makanan itu lezat, maka makanan itu tidak baik buat kita. Salah satu hukuman diet adalah pembatasan pada makanan yang lezat tersebut. Kita menerimanya sebagai harga yang harus kita bayar untuk menjadi langsing. Jika saya makan makanan yang tidak memuaskan, saya akan terus mencari makanan yang memuaskan. Makan dimaksudkan untuk dapat dinikmati. Tidak ada salahnya dengan daging panggang yang lembut dan empuk, atau sepotong kue coklat yang manis. Rasakanlah. Nikmatilah. Jangan tergesa-gesa. Kemungkinannya adalah bahwa sepotong kecil saja sudah cukup memuaskan, dan Anda tidak butuh terlalu banyak. Coba gunakan resep yang menambah rasa tanpa menambah jumlah lemak dan gula terlalu berlebihan. Duduklah dan biarkan otak dan kelenjar perasa Anda mengikmati kelezatan makanan yang sehat.

    4. Jangan tergesa-gesa – Kita semua terlalu tergesa-gesa untuk mengenakan pakaian langsing kita. Mungkin yang benar-benar kita butuhkan adalah mengurangi 5 kilo, tetapi kita berharap melakukannya dalam satu minggu. Mengapa kita demikian tidak sabar? Perjalanan menyehatkan saya sendiri membutuhkan waktu enam tahun. Selama waktu itu, moto saya adalah “Pelan tapi mantap akan memenangkan perlombaan.” Beri Anda kesempatan mengambil sebanyak waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan kesehatan Anda. Jangan lupa untuk tetap tekun. Kura-kura menang atas kelinci sebab dia tidak pernah berhenti melangkah ke depan.

    5. Gerakan badan Anda – Kita diciptakan untuk bergerak bukan duduk di sofa. Gerak badan dapat merupakan pelepas stres. Ketika saya mulai mengejar kesehatan, saya gerak jalan hanya sampai di ujung jalan rumah saya dan kembali, yang hanya berjarak 800 meter. Ada banyak bentuk olahraga. Nenek suami saya suka dansa. Dia tetap aktif dansa hingga 92 tahun. Carilah satu atau dua kegiatan fisik yang Anda nikmati dan tetaplah bergerak. Anda akan segera memiliki tubuh dan perasaan yang lebih sehat.

    6. Kumpulkan teman-teman – Jangkaulah orang-orang di sekeliling Anda untuk saling mendukung menjadi makin sehat. Apakah itu teman berolahraga atau seseorang yang dapat dijangkau hanya dengan satu telepon, dukungan teman-teman akan membuat perjalanan lebih mudah dan menyenangkan. Manusia adalah makluk sosial. Kita meraih kebesaran dengan saling membantu.

    7. Mulailah menulis sebuah buku harian – Apa yang membuat Anda bahagia? Hal-hal apa yang paling Anda syukuri? Kapan Anda merasa berhasil hari ini? Bila kita fokus pada hal-hal yang baik dalam hidup kita, mungkin kita akan lebih sedikit memikirkan kegagalan sementara. Carilah sebuah buku catatan atau buku harian yang membuat Anda tersenyum ketika Anda melihatnya. Biarkan buku tersebut ada di dekat Anda, dan tuliskan hal-hal yang membuat Anda cerah. Pikirkan untuk menuliskan tiga hal yang Anda syukuri setiap hari. Anda akan takjub menemukan bahwa hidup Anda sebenarnya penuh dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia.

    8. Kebaikan yang dilakukan secara acak – Terlalu mudah untuk terbelenggu dalam usaha untuk merubah sesuatu yang tidak sehat. Kita sangat ingin hidup lebih sehat, lebih bahagia sehingga kita takut melakukan yang lainnya. Membantu orang lain, bahkan melakukan sesuatu yang kecil pun akan memberi Anda kesempatan ke luar dari diri Anda dan fokus pada kebutuhan orang lain. Tidak dibutuhkan waktu terlalu banyak untuk membuat seseorang menikmati harinya, dan Anda akan merasa lebih bahagia juga.

  • Advertisement
  • Sebelumnya, saya telah mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan kesehatan saya dibutuhkan waktu enam tahun, tetapi itu hanya awalnya. Sukses datang secara bertahap, dan meraih sukses akan berkurang stresnya kalau kita melakukan perubahan dengan tekun secara bertahap.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “Dieting unplugged: 8 tips for low stress long term wellness” karya Pamela Brayton.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Pamela Brayton lives in northern New York and is a life-long student of creative writing. Please contact her at pjbrayton64@gmail.com

Hentikan Diet: 8 Pesan untuk Kesehatan Jangka Panjang Bebas Stres

Artikel ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan daripada sekadar penampilan. Mengurangi berat badan adalah suatu penampilan. Sebaiknya kita mengejar kegiatan yang membuat kita lebih sehat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr