Kenapa sih perempuan gampang sakit hati?

Wanita lebih susah move on saat tersakiti hatinya. Banyak hal penyebabnya dan berikut di antaranya.

15,969 views   |   204 shares
  • Pada umumnya wanita lebih mudah kecewa, mudah tersinggung, emosi dan mudah menangis. Namun mereka sulit menyembuhkan sakit hatinya -atau dengan kata lain-, susah move on dibanding pria.

  • Dari banyak teman saya, baik pria dan wanita, saya mendapati lebih banyak teman wanita yang curhat sambil menangis akibat patah hati. Baik yang baru pacaran ataupun sudah bertahun-tahun pacaran, ketika mereka putus dari pacarnya sakit hati yang dialami hampir sama beratnya. Dari pengalaman tersebut saya menyimpulkan bahwa wanita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencintai, tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk move on.

  • Pernah saya berpikir, mengapa pria sangat mudah move on dibandingkan wanita? Rasanya tidak adil melihat seorang wanita bersedih, sedangkan pria yang membuatnya bersedih malah dengan mudah bersenang-senang dan terus melanjutkan hidupnya.

  • Mengapa wanita rentan tersakiti dibandingkan pria?

  • Wanita lemah lembut

  • "Wanita adalah sosok yang lemah lembut. Sekeras apapun kepribadiannya, setiap wanita tentu memiliki sisi kewanitaannya ini. Naluri wanita pada umumnya memiliki perasaan belas kasih yang lebih besar dibanding pria. Sehingga sering kali ketika wanita tersakiti hal pertama yang akan mereka pikirkan adalah rasa kecewa terhadap diri sendiri, menyayangkan kejadian yang menimpanya dan merasa bersalah." (Revan, 31 Tahun, Karyawan)

  • Wanita memakai hati sebagai pertimbangan

  • Pada umumnya wanita selalu menggunakan hati untuk mempertimbangkan dalam memutuskan sesuatu. Berbeda dengan pria yang selalu menggunakan logika dalam segala keputusannya. Itulah mengapa kebanyakan wanita mudah tersakiti. Karena dalam menghadapi situasi seperti ditinggalkan kekasih, wanita akan cenderung sulit menerima keadaan tersebut karena hatinya masih sulit mempertimbangkan keputusan itu.

  • Kelembutan hati wanita membuatnya mudah emosional

  • "Nonton film korea saja udah nangis-nangis, apalagi jika dia sendiri mengalaminya. Kelembutan hati wanita lah yang membuat seorang mereka menjadi lebih sensitif dalam menyikapi sebuah keadaan. Ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya, dia akan menjadi kecewa dan mudah membuatnya emosional. Pelampiasan emosinya pun sulit tertebak. Bisa saja mengamuk-ngamuk, menangis, atau bahkan menjadi stres." (Linda, 39 Tahun, Freelance)

  • Peka dengan keadaan dan peduli dengan orang yang dicintainya

  • "Bertahun-tahun saya menikah dengan istri, dia selalu tahu kapan saya berbohong. Istri saya selalu peka dengan keadaan sekitarnya. Dia sama seperti ibu saya, dan saya rasa semua wanita memiliki naluri yang sama seperti itu. Karena begitu peka dengan keadaan sekitarnya itulah menurut saya penyebab mereka (wanita) mudah tersakiti ketika saya melakukan sebuah kesalahan. Karena pada sadarnya, wanita memiliki kepedulian besar terhadap orang yang dicintainya. " (Indra, 35 Tahun, Pengusaha)

  • Advertisement
  • Wanita takut kehilangan cinta dan kasih sayang

  • Setiap orang tentu membutuhkan cinta. Apalagi seorang wanita! Ketika wanita telah mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang yang sangat spesial dalam hidupnya, maka tercipta kenyamanan dalam hidupnya. Akibatnya, wanita takut kehilangan cinta dan kasih sayang. Itulah mengapa wanita sangat mudah tersakiti ketika kehilangan kenyaman tersebut.

  • Wanita adalah sosok yang sangat rentan tersakiti. Untuk itu sebaiknya berhati-hatilah bersikap dan berusahalah untuk tidak menyakiti wanita, terutama mereka yang Anda cintai.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kenapa sih perempuan gampang sakit hati?

Wanita lebih susah move on saat tersakiti hatinya. Banyak hal penyebabnya dan berikut di antaranya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr