Kenali tanda-tanda depresi dan cara menanggulanginya

Jangan pernah merasa malu untuk mengakui jika Anda sedang mengalami depresi. Depresi adalah penyakit yang serius, di mana dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya.

2,873 views   |   20 shares
  • Depresi bisa datang kapan saja. Bayangkan, ia bagaikan pencuri yang akan mengambil kebahagiaan ataupun harga diri Anda secara tiba-tiba. Depresi tidak hanya mampu membuat seseorang menangis sepanjang waktu, tetapi depresi juga dapat menguras tenaga serta pikiran. Depresi juga mampu menyebabkan rasa sakit seperti pegal-pegal, sakit kepala, melemahkan sistem kekebalan tubuh, memengaruhi sistem pencernaan dan memunculkan penyakit-penyakit lainnya.

  • Jangan pernah merasa malu untuk mengakui jika Anda sedang mengalami depresi. Depresi adalah penyakit yang serius, di mana dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya. Juga, Anda tidak perlu harus menderita dalam kesendirian. Untuk mengatasinya, pertama-tama buatlah daftar pertanyaan dan bersikaplah jujur terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, contohnya:

    1. Apakah Anda sering merasa lelah?

    2. Apakah Anda kehilangan gairah untuk melakukan hal-hal yang awalnya sangat Anda gemari?

    3. Apakah Anda sering mengalami perubahan suasana hati?

    4. Apakah Anda tidak mampu mengendalikan pikiran-pikiran "liar" Anda?

  • Berapa lama Anda telah mengalami hal-hal di atas? Jika hal-hal tersebut telah berlangsung lebih dari sebulan, segeralah mencari bantuan. Depresi dalam tingkat yang berat sangat berbahaya karena dapat bertahan berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Depresi semacam ini tidak akan pernah bisa dihilangkan, tidak peduli seberapa pandai Anda berusaha menyembunyikannya.

  • Seseorang yang sedang mengalami depresi, secara fisik ia akan menunjukkan tanda-tanda mengalami tekanan. Ia akan mengalami kebingungan ketika tidak mampu menemukan penyebabnya secara medis, tapi mengalami sakit perut, gatal-gatal atau sakit kepala berkepanjangan. Tidak setiap orang akan mengalami tanda yang sama, tanda-tanda depresi bisa berbeda-beda pada setiap individu. Namun demikian, ada tanda-tanda lain menyertai depresi yang perlu Anda waspadai.

  • Berdasarkan data dari WHO, ada lebih dari 300 juta orang mengalami depresi di seluruh dunia. Wanita memiliki angka tertinggi mengalami depresi daripada laki-laki. Sebuah tanda lain seseorang sedang mengalami depresi adalah tidur selama berjam-jam. Banyak yang tidak menyadarinya dan segera mencari bantuan yang mereka butuhkan. Gangguan tidur atau insomnia juga merupakan gejala umum yang sering dijumpai pada mereka yang sedang mengalami depresi. Jika Anda sudah lelah berjuang mengatasi depresi, maka segera konsultasikan kondisi kesehatan Anda kepada dokter agar bisa segera ditangani.

  • Advertisement
  • Selain itu, mengindari kontak sosial adalah pola umum yang perlu Anda segera waspadai ketika mengalami depresi. Beberapa orang menghindari kegiatan yang biasanya mereka nikmati dan kemudian secara tiba-tiba menutup diri dari dunia. Lainnya beralih ke alkohol atau mengonsumsi makanan cepat saji untuk melarikan diri dari rasa sakit dan perasaan tidak bahagia.

  • Depresi sangat berbahaya bagi kesehatan sistem kardiovaskuler, sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung. Health.com menjelaskan, "Orang yang sedang mengalami depresi lebih berisiko menderita penyakit jantung, tidak hanya itu mereka juga jadi lebih sering merokok, kurang memerhatikan pola makan dan olahraga, dan lebih cenderung mengabaikan pengobatan yang telah disarankan - semua itu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung menjadi semakin berat."

  • Anda bisa membantu diri Anda sendiri untuk mengatasi depresi, cobalah membuat gol-gol kecil bagi diri Anda sendiri atau cobalah meminta bantuan tenaga kesehatan profesional. Mungkin Anda juga bisa mulai mengawali dengan bangun pagi lebih awal, bertemu dengan sahabat-sahabat Anda, membersihkan rumah atau cobalah nikmati hobi Anda yang selama ini terabaikan. Gol lain cobalah untuk bertemu dengan seseorang yang Anda bisa percayai untuk mengungkapkan masalah pribadi Anda, konsumsilah hanya makanan-makanan sehat, cukupi kebutuhan istirahat Anda dan lebih penting berusahalah memperbaiki kehidupan rohani Anda agar jiwa Anda menjadi lebih tenang dan damai.

  • Jangan pernah menyerah, meskipun masalah yang sedang Anda hadapi nampak begitu berat. Selesaikan masalah demi masalah secara bertahap dan yakinlah Anda pasti akan bisa mengatasi depresi dan menemukan kembali kebahagiaan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Kenali tanda-tanda depresi dan cara menanggulanginya

Jangan pernah merasa malu untuk mengakui jika Anda sedang mengalami depresi. Depresi adalah penyakit yang serius, di mana dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr