7 cara menciptakan rumah yang mendukung pendidikan anak

Pendidikan si kecil sejatinya berawal dari rumah. Namun, kita cenderung fokus untuk membangun rumah yang aman, yang belum tentu nyaman bagi si kecil. Transformasi rumah Anda menjadi rumah pintar sarat ilmu yang disukai anak, melalui ide-ide ini.

601 views   |   8 shares
  • Pendidikan si kecil sejatinya berawal dari tempat ternyaman baginya. Ya, tidak ada tempat yang tepat selain rumahnya sendiri. Banyak orangtua mengutamakan rumah yang aman bagi anak, dengan berbagai alat pengaman. Namun, rumah yang aman belum tentu nyaman bagi si kecil. Kegembiraannya beraktivitas tidak cukup diakomodasi dengan sekotak mainan dan stiker dinding bergambar tokoh favoritnya. Beranikan diri Anda untuk membuat beberapa perubahan di sekitar rumah dan mentransformasinya menjadi rumah pintar sarat ilmu bagi anak. Beberapa ide berikut bisa Anda gunakan sebagai panduan.

  • 1. Perabot pas untuk si mungil

  • Singkirkan dahulu lemari dan rak tinggi yang sulit dijangkau. Ganti dengan aneka perabot yang sesuai dengan tinggi badan anak. Anda tidak perlu cemas ada adegan memanjat lemari seperti manusia laba-laba super. Sekarang si kecil bisa dengan mudah mengambil, meletakkan, bahkan belajar menata barang-barang miliknya sendiri.

  • 2. Belajar mengatur sedari dini

  • Contek ide dari beberapa kelas kreatif, dengan membuat rak penyimpanan dengan sistem pengelompokan. Kemudian, berilah label istimewa untuk setiap rak. Bisa berupa tulisan, gambar, atau foto, untuk mempermudah anak mengingat tempat yang tepat untuk setiap kelompok barang. Keteraturan yang terasah sedari dini akan menjadi kebiasaan baik yang sangat berguna baginya hingga dewasa kelak.

  • 3. Pojok aktivitas yang seru

  • Fasilitasi kegemaran anak dengan membuat pojok aktivitas. Ibaratnya, ini adalah "area kerja" si kecil, tempat ia bebas menuangkan apa yang ia suka. Selain mainan edukatif, Anda bisa menambahkan barang-barang lain yang bukan mainan, namun dalam ukuran mini sesuai dengan ukuran si kecil. Beberapa pojok aktivitas yang dapat Anda buat, misalnya pojok musik, seni rupa, dapur mini, bahkan laboratorium kecil! Melakukan perubahan tema setiap beberapa bulan pun dapat Anda lakukan, supaya si kecil dapat mengeksplorasi berbagai bidang kegemaran dan menghindarkan dirinya dari kebosanan.

  • 4. Pertolongan dari kartu petunjuk

  • Bagi anak, petunjuk mutlak diperlukan untuk mengarahkan fokus dan konsentrasinya dalam melakukan banyak hal. Buatlah kartu-kartu petunjuk dengan visual yang menarik, seperti warna cerah, gambar yang lucu, dan kata-kata pendek namun mudah diingat. Tempelkan kartu-kartu petunjuk ini di dinding atau dekat tempat ia beraktivitas. Contoh kartu petunjuk yang dapat Anda buat, misalnya langkah rutinitas pagi, cara mencuci tangan, pengingat kewajiban menjaga kesehatan, dan apa pun pesan positif yang ingin Anda tanamkan pada anak.

  • Advertisement
  • 5. Bebaskan kreasimu

  • Anak akan memiliki kebanggaan tersendiri saat ia ikut andil dalam menciptakan rumah pintar. Dorong ia untuk mengkreasikan sesuatu untuk mendekorasi kamarnya. Membuat lukisan dinding, mainan buatan sendiri, atau poster versi maestro cilik dapat menjadi pilihan. Atau, buatlah proyek istimewa setiap bulan dan pajang karya kolaborasi Anda di ruang tamu. Jadilah sebuah pameran kecil yang bermakna besar bagi perkembangan kepercayaan diri anak.

  • 6. Dunia pustakaku

  • Terkadang, impian memiliki perpustakaan pribadi untuk anak sering terbentur keterbatasan lahan atau dana. Tenang, Anda masih dapat mewujudkannya dengan menambahkan fitur pada beberapa perabot yang sudah ada menjadi penyimpanan buku. Coba modifikasi kursi-kursi berbentuk kotak, bagian bawah tempat tidur, dan rak gantung menjadi etalase untuk koleksi pustaka. Anak pun dapat dengan mudah mengakses aneka ilmu dalam buku-buku ini, karena mereka dapat menemukannya di berbagai bagian rumah.

  • 7. Lantai berlapis pengetahuan

  • Ajak anak belajar membaca dan berhitung dengan membuat lantai cerdas. Tempelkan angka-angka di lantai ruangan atau tangga untuk sarana belajar berhitung sambil menggerakkan badan. Buatlah alas lantai atau karpet berisi huruf-huruf yang dapat dibongkar pasang. Belajar abjad dan merangkai kata menjadi begitu asyik untuk dicoba.

  • Menciptakan rumah pintar adalah investasi berharga untuk anak. Ilmu yang tak henti ia dapat dari tempat ia bernaung, pastilah membuatnya selalu betah belajar sambil bermain. Dampingi ia senantiasa, untuk membimbingnya mendapatkan manfaat terbaik dari rumah pintar karya Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

7 cara menciptakan rumah yang mendukung pendidikan anak

Pendidikan si kecil sejatinya berawal dari rumah. Namun, kita cenderung fokus untuk membangun rumah yang aman, yang belum tentu nyaman bagi si kecil. Transformasi rumah Anda menjadi rumah pintar sarat ilmu yang disukai anak, melalui ide-ide ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr