Bagaimanakah cara yang tepat memotong kuku bayi?

Mintalah bantuan orang lain untuk menggendong atau memegangi tangan atau kaki bayi Anda, sehingga Anda bisa leluasa memotong kukunya tanpa khawatir melukainya.

371 views   |   2 shares
  • Kuku adalah tempat favorit bagi berbagai macam virus dan bakteri berkembang biak. Memotong kuku secara berkala dapat menghindarkan seseorang dari menderita berbagai macam penyakit seperti influensa, diare, infeksi kulit dan bahkan cacingan.

  • Pada bayi khususnya, memotong kuku harus dilakukan secara rutin mengingat pertumbuhan sel-sel kuku bayi cenderung lebih cepat daripada orang dewasa. Namun demikian, memotong kuku bayi tidak bisa dilakukan secara sembarang, dibutuhkan kehati-hatian agar jangan sampai proses memotong kuku justru melukai bayi itu sendiri.

  • Bingung bagaimana cara terbaik memotong kuku bayi? Beberapa sumber terpercaya berikut ini memberikan beberapa tips kepada orangtua tentang bagaimana seharusnya proses memotong kuku bayi dilakukan.

  • Kapan sebaiknya kuku bayi mulai dipotong?

  • Babycenter.com menyebutkan, bahwa memotong kuku bayi sebaiknya dilakukan pada saat bayi telah berusia setidaknya satu minggu setelah dilahirkan. Memotong kuku bayi yang baru dilahirkan dapat menghindarkan bayi melukai dirinya sendiri dengan cara mengaruk-garuk badannya, terutama daerah wajah. Memotong kuku bayi juga disarankan agar dilakukan secara berkala (minimal 2 minggu sekali) hal ini mengingat sel-sel kuku pada bayi umumnya tumbuh lebih cepat daripada orang dewasa kebanyakan.

  • Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk memotong kuku bayi?

  • Seperti dituliskan dalam tabloid Ayahbunda, ada beberapa alat khusus yang dibutuhkan untuk memotong kuku bayi, seperti:

    • Gunting kuku khusus bayi

    • Kapas steril, dan

    • Alkohol atau cairan antiseptik

  • Jika memungkinkan sebisa mungkin hindari menggunakan gunting kertas atau gunting kuku untuk orang dewasa. Anda juga tidak disarankan memotong kuku bayi dengan cara mengigitnya, hal ini bertujuan supaya bayi tidak tertular bakteri dari mulut Anda yang bisa menyebabkan ia terserang infeksi.

  • Cara memotong kuku bayi

  • Bagi kebanyakan orangtua, khususnya orangtua muda, akan merasa gugup ketika pertama kali harus memotong kuku bayinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyerahkan tugas ini kepada orang yang lebih berpengalaman semisal ibu Anda. Namun, jika Anda ingin melakukannya sendiri, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

    1. Mintalah bantuan orang lain untuk menggendong atau memegangi tangan atau kaki bayi Anda, sehingga Anda bisa leluasa memotong kukunya tanpa khawatir melukainya.

    2. Usahakan memotong kuku ketika bayi sedang tenang (biasanya setelah diberi ASI) atau ketika ia sedang tertidur lelap, hal ini bertujuan supaya terhindar dari kesalahan memotong karena bayi cenderung suka bergerak secara tiba-tiba. Ada juga yang menyarankan agar kegiatan memotong kuku bayi sebaiknya dilakukan setelah bayi selesai dimandikan, hal ini disebabkan tekstur kuku akan cenderung melunak ketika terkena air dan cairan dari sabun mandi.

    3. Hati-hati ketika memotong kuku bayi, jangan memotong mendekati pangkal jari, tetapi usahakan memberikan jarak yang cukup agar jari bayi tidak terluka.

    4. Lakukan kegiatan memotong kuku bayi di bawah pencahayaan yang terang, hindari memotong di tempat yang gelap atau melakukannya di malam hari.

    5. Ketika tanpa sengaja Anda melukai bayi Anda, jangan panik. Segera bersihkan luka dengan menggunakan alkohol atau cairan antiseptik yang telah Anda sediakan sebelumnya.

    6. Agar tidak ada sisa-sisa kuku tajam yang dapat melukai bayi Anda, jangan lupa untuk segera menghaluskan hasil potongan kuku tadi dengan cara mengikirnya secara perlahan.

  • Advertisement
  • Memotong kuku bayi sebetulnya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Namun demikian, memotong kuku bayi dibutuhkan kehati-hatian serta kewaspadaan agar jangan sampai bayi terluka. Lakukan kegiatan ini dengan penuh kesabaran dan rasakan kedekatan hubungan antara Anda dan buah hati.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Bagaimanakah cara yang tepat memotong kuku bayi?

Mintalah bantuan orang lain untuk menggendong atau memegangi tangan atau kaki bayi Anda, sehingga Anda bisa leluasa memotong kukunya tanpa khawatir melukainya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr