8 kalimat menjatuhkan yang sering Anda ucapkan tanpa Anda sadari

Apakah kalimat-kalimat yang sering Anda ucapkan ini merusak hubungan Anda?

6,897 views   |   46 shares
  • Media seringkali memuja hubungan yang kurang sehat. Buku dan film seperti "Twilight" dam "50 Shades of Grey" mengajarkan masyarakat bahwa hubungan yang menunjukkan ketergantungan dan tidak sehat adalah pewujudan cinta.

  • Akibat versi roman yang keliru ini, sulit untuk mengenali perundungan emosi.

  • Namun segala sesuatu yang menyebabkan seseorang merasa direndahkan, bersalah, dianggap remeh, atau dihina adalah akibat perundungan emosi. Sementara daftar di bawah ini tidak mencakup semua bentuk perundungan emosi, dan tidak setiap kalimat di bawah menandakan perundungan, daftar ini dapat membantu Anda menilai apakah hubungan Anda dicemari dengan perundungan emosi.

  • "Jangan dipikirkan terus" Kalimat ini menunjukkan bahwa orang yang mengatakannya tidak menghargai perasaan lawan bicaranya dan menganggap tingkah orang itu berlebihan. Ini merupakan salah satu bentuk perundungan di mana si perundung membuat orang yang dirundungnya merasa dirinya sudah gila.

  • Anda berhak memiliki dan mengutarakan perasaan Anda. Pasangan Anda tidak pantas mengabaikannya.

  • "Kamu tidak perlu tahu" Komunikasi dalam hubungan yang khusus berdasarkan atas perlu saling tahu—ini berarti, jika Anda merasa Anda perlu tahu tentang sesuatu, Anda seharusnya tahu. Pasangan Anda tidak sepantasnya membatasi apa yang perlu Anda ketahui, karena hubungan yang sehat tidak dilandasi rahasia.

  • _"Aku cinta kamu, kalau..." Jika pasangan Anda menyatakan cintanya kepada Anda dengan suatu syarat, berarti dia tidak sungguh-sungguh cinta kepada Anda. Pernyataan seperti ini tidak membina harga diri Anda, sebaliknya membuat Anda percaya bahwa hanya perundung Anda yang mampu "bertahan" menghadapi Anda.

  • "Masalahnya kamu..." Kalimat ini berkedok sebagai kritikan yang membangun, menunjukkan kesalahan Anda supaya Anda dapat memperbaiki diri. Namun si perundung menggunakan kalimat ini begitu sering untuk merusak harga diri korban sehingga dia sangat menyadari kesalahannya.

  • "Aku tidak tahu apa yang kamu katakan" Sebuah cara lain untuk membuat orang yang dirundung merasa dirinya tidak tahu apa yang dia katakan. Orang yang mencintai Anda akan berusaha memahami sudut pandang Anda dan bukannya meremehkannya.

  • "Ini untuk kebaikanmu sendiri" Perundung mungkin akan berusaha agar Anda merasa seolah-olah dia ingin membantu Anda. Kenyataannya, apa yang dia lakukan hanyalah untuk kebaikannya sendiri. Ini juga membuat si perundung seolah-olah memiliki wewenang, sesuatu yang dapat membuat korbannya merasa bergantung kepada si perundung.

  • Advertisement
  • "Itu kan cuma bercanda" Jika Anda merasa kurang nyaman dalam suatu hal, tetapi pasangan Anda mendesak dan mengatakan Anda tertalu peka terhadap sesuatu yang sifatnya cuma "bercanda," dia merundung Anda secara emosi. Jika Anda merasa kurang senang terhadap candaan itu dan Anda selalu menjadi sasarannya, ini tidaklah sehat.

  • "Salahmu sendiri" Walaupun ada kalanya Anda harus menerima tanggung jawab atas perbuatan Anda, Anda tidak perlu selalu merasa bersalah. Pasangan Anda juga harus bertanggung jawab atas tindakannya. Bukan Anda penyebab kesalahannya. Anda tidak seharusnya merasa bersalah atas hal-hal yang dia lakukan.

  • Jika pasangan Anda memakai kalimat-kalimat ini, hubungan Anda tidak sehat. Pertimbangkan untuk meminta nasihat dari penasihat perkawinan atau pemimpin agama Anda.

  • Diterjemahkan dan disadur oleh Irma Shalimar dari 8 common phrases you don't realize are actually abusive karya Melinda Fox.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

8 kalimat menjatuhkan yang sering Anda ucapkan tanpa Anda sadari

Apakah kalimat-kalimat yang sering Anda ucapkan ini merusak hubungan Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr