6 hikmah yang bisa diambil dari pertengkaran kita dengan pasangan

Banyak pasangan yang berusaha keras untuk menghindari pertengkaran dengan pasangannya dengan dalih agar bisa lebih harmonis tanpa masalah dalam menjalani hubungan.

3,915 views   |   50 shares
  • Pertengkaran selalu bisa terjadi saat kita menjalin hubungan percintaan. Ada saja hal yang bisa membuat kita bertengkar dengan pasangan kita, mulai dari hal yang dipandang sepele atau perkara yang terlalu rumit untuk dipecahkan. Banyak pasangan yang berusaha keras untuk menghindari pertengkaran dengan pasangannya dengan dalih agar lebih bisa harmonis tanpa masalah menjalani hubungan tersebut.

  • Tetapi perkengkaran yang sering juga dapat menimbulkan permasalahan tersendiri nantinya. Lalu bagaimana kita memandang pertengkaran dari segi positifnya?

  • 1. Perkengkaran membuat kita memahami pasangan kita lebih dalam

  • Dalam proses mengenal pasangan tentunya kita berusaha untuk mencari tahu seperti apa sebenarnya pasangan kita. Dan saat pasangan marah atau bertengkar dengan Anda biasanya sifat aslinya akan muncul, sehingga Anda bisa menilai bagaimana sebenarnya pasangan Anda. Tentu setiap orang memiliki karakter dan sikap yang berbeda. Setidaknya kita jadi tahu bagaimana harus bersikap saat berada bersamanya.

  • 2. Belajar untuk memaafkan

  • Setiap permasalahan dapat mengajar kita untuk tumbuh lebih kuat. Dengan adanya pertengkaran kita jadi bisa mengetahui serta menghargai apa itu arti penting dari sebuah permintaan maaf. Pertengkaran membuat kita dapat mengolah emosi dan perasaan agar semakin peka terhadap setiap perilaku kita. Dalam bertengkar sudut pandang yang dipakai setiap pasangan berbeda dan dengan adanya pertengkaran kita bisa mengetahui bagaimana cara pandang pasangan kita terhadap suatu permasalahan serta bagaimana pola pikirnya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Semua ini cukup memberikan manfaat agar nantinya jika ada pertengkaran kembali kita bisa lebih mudah dan cepat menyelesaikannya .

  • 3. Mendewasakan pemikiran kita

  • Meskipun sudah lama bersama pasangan belum tentu kita dan pasangan memiliki kedewasaan pemikiran yang sama. Hendaknya kita tidak menghindar ketika perbedaan pendapat atau pertengkaran muncul karena inilah yang akan membuat pasangan semakin dewasa dalam hubungan dan dalam mengambil keputusan.

  • 4. Menghindari stres yang berkepanjangan

  • Permasalahan yang dibiarkan tanpa ada penyelesaian tentu akan membuat kita menjadi stres. Hal ini akan membuat kita tidak nyaman menjalani hari - hari. Hanya setelah kita mengeluarkan unek-unek maka perasaan plong dapat kita rasakan. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyelesaikan masalah yang timbul secepatnya.

  • 5. Hubungan kita dengan pasangan menjadi lebih erat

  • Advertisement
  • Ada beberapa orang yang merasakan bahwa saat mereka sudah selesai bertengkar dan menyelesaikan masalahnya justru membuat hubungannya dengan pasangan semakin dekat dan erat. Mereka menyadari bahwa hubungan yang mereka jalani ini bukan hubungan yang biasa saja tetapi hubungan yang memang patut untuk tetap diperjuangkan sampai akhir karena mereka telah berhasil melewati masa - masa menyulitkan dalam memertahankan keutuhan hubungan mereka.

  • 6. Sarana untuk introspeksi diri

  • Bertengkar adalah salah satu sarana untuk kita berintrospeksi diri. Pertengkaran terjadi karena adanya kesalahpahaman di antara kita dan pasangan. Sudah tentu ini membuat kedua belah pihak tidak nyaman. Pertengkaran bukan hal yang patut untuk ditakuti, tetapi justru sebagai sarana bagi kita dan pasangan untuk berbenah diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

6 hikmah yang bisa diambil dari pertengkaran kita dengan pasangan

Banyak pasangan yang berusaha keras untuk menghindari pertengkaran dengan pasangannya dengan dalih agar bisa lebih harmonis tanpa masalah dalam menjalani hubungan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr