Si dia pelit? Coba 4 trik ini

Menghadapi pasangan yang pelit memang jadi dilema. Salah menyampaikan pemikiran, bisa-bisa cap materialistis pun menempel pada kita. Anda menghadapi kepelikan yang sama? Coba hadapi dengan empat cara cerdik ini!

2,514 views   |   7 shares
  • Uang bukan segalanya. Saat menikah, kita mencoba menerapkan pepatah ideal ini dengan pasangan. Namun, terkadang kenyataan berbicara lain. Pasangan memiliki cara pandang berbeda mengenai pengaturan uang. Ia enggan merogoh kocek untuk berbagai keperluan, meskipun termasuk barang yang dibutuhkan. Atau, mukanya berubah masam saat melihat kita berbelanja. Rasa tak enak hati hingga berujung perselisihan pun terjadi.

  • Menghadapi pasangan yang sangat ketat mengatur keuangan, meskipun ia mempunyai dana lebih, memang penuh dilema. Salah menyampaikan pemikiran, bisa-bisa cap materialistis pun menempel pada kita. Anda menghadapi kepelikan yang sama? Coba terapkan empat cara cerdik ini untuk menghadapi si pasangan kikir.

  • 1. Selidiki akar masalahnya

  • Karakter pelit atau kikir biasanya tumbuh dari pola asuh sejak kecil dan atau ditempa oleh pengaruh lingkungan. Mungkin ia dibiasakan hidup prihatin. Mungkin keluarganya menganut paham rajin mengencangkan ikat pinggang demi masa depan yang makmur. Atau ia terinspirasi oleh para tokoh sukses yang berangkat dari hidup serba hemat. Diskusikan secara terbuka pandangan masing-masing mengenai bagaimana mengelola keuangan dan harapan-harapan di masa mendatang. Simpan dulu komentar atau ketidaksetujuan Anda. Di sini, carilah benang merah antara Anda dengan pasangan, sekecil atau seremeh apa pun hal tersebut. Titik temu inilah yang akan kita jadikan dasar keyakinan bahwa perbedaan-perbedaan antara Anda berdua masih mungkin untuk disatukan.

  • 2. Buatlah perhitungan detail

  • Orang yang kikir biasanya juga memiliki rasa tidak percaya terhadap orang lain, termasuk pasangannya sendiri. Menurut mereka, hanya merekalah yang memiliki sistem pengelolaan keuangan yang paling tepat. Singkirkan prasangka dengan membuat anggaran komprehensif. Tuliskan pendapatan dan pengeluaran sedetail mungkin. Buatlah pos-pos untuk setiap pengeluaran, mulai dari pengeluaran rumah tangga hingga rekreasi, beserta dengan pengeluaran tak terduga dan dana darurat. Perinci simpanan dan investasi yang sudah dilakukan. Hitung pula bagaimana kesehatan keuangan keluarga berdasarkan analisa yang dibuat. Tujuannya adalah menggali seberapa efektif teknik penghematan pasangan terhadap keuangan keluarga secara langsung. Selain itu, masalah keuangan lainnya pun akan tergali. Kunci kesuksesan dari cara ini adalah jujur dan teliti. Kemukakan semua angka tanpa ada yang ditutup-tutupi, berapa pun nilainya.

  • 3. Bersenang-senang tanpa foya-foya

  • Advertisement
  • Berikan pandangan baru kepada pasangan bahwa sesekali memanjakan diri atau keluarga bukanlah sebuah dosa. Triknya adalah manfaatkan potongan harga, diskon, atau bahkan reward. Sekarang, banyak sekali penawaran yang sangat baik untuk segala kegiatan belanja dan rekreasi. Mulai dari poin provider telepon seluler, poin dari bank, kupon diskon online, bahkan diskon akhir pekan di pasar swalayan. Cobalah Anda atur kegiatan belanja dan rekreasi menggunakan potongan harga ini. Namun, kuatkan hati Anda untuk tidak tergoda atau kalap melihat harga murah. Pembelanja pintar tahu bagaimana caranya berhenti dan mengendalikan diri.

  • 4. Serahkan pada ahlinya

  • Saat segala usaha Anda belum menemui hasil optimal, mungkin pasangan perlu disadarkan dengan seseorang yang memang kompeten dalam pengelolaan keuangan. Ya, menyewa jasa perencana keuangan (financial planner) adalah sebuah investasi baik untuk meningkatkan kualitas hidup rumah tangga Anda. Bahkan, ada biro perencana keuangan yang rutin mengadakan seminar dan pelatihan, untuk mengedukasi klien mengenai cara menjadi perencana keuangan pribadi. Ikutilah acara-acara ini bersama pasangan. Wawasan keuangan yang bertambah dan pandangan yang lebih luas tentu akan membawa perubahan positif bagi keuangan keluarga serta kehidupan rumah tangga Anda.

  • Masalah keuangan adalah persoalan yang sensitif dalam rumah tangga. Jika Anda sudah mencium gelagat adanya konflik dari aspek ini, segeralah berdiskusi dengan pasangan untuk mencari solusinya. Membiarkannya dengan dalih untuk menjaga perasaan, bisa jadi berpotensi menjadi bom waktu yang akan merugikan keluarga Anda di masa depan. Tetaplah berjuang untuk rumah tangga harmonis dan sejahtera!

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Menulis dan mengajar adalah passion terbesarnya. Sambil mengasuh 2 balita lelaki super aktif dan menyimpan segudang ide di kepalanya, Winda gemar berbagi cerita untuk mendidik, menghibur, dan menginspirasi setiap pembaca karyanya.

Si dia pelit? Coba 4 trik ini

Menghadapi pasangan yang pelit memang jadi dilema. Salah menyampaikan pemikiran, bisa-bisa cap materialistis pun menempel pada kita. Anda menghadapi kepelikan yang sama? Coba hadapi dengan empat cara cerdik ini!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr