Hindari risiko kematian mendadak pada bayi

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dikenal juga dengan sindrom kematian mendadak pada bayi. Penyebab pastinya belum jelas. Namun, sebagai orang tua kita bisa menghindari resiko SIDS pada bayi kita!

1,601 views   |   21 shares
  • Setiap tahunnya, ada sekitar 2.000 bayi yang mati saat tidur. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau dalam dikenal juga sebagai sindrom kematian mendadak pada bayi, Cot Death atau Crib Death adalah kematian mendadak pada bayi antara usia satu bulan sampai satu tahun saat sedang tertidur.

  • Hingga saat ini, secara medis masih belum ada kepastian penyebab bayi meninggal karena SIDS. Akan tetapi, sebagian besar bayi yang meninggal karena SIDS berada pada usia kurang dari 6 bulan dan rata-rata meninggal dalam posisi tidur tengkurap di atas perutnya. Sering kali mereka berada di kasur yang terlalu empuk.

  • Bagaimana menghindarinya?

  • Meskipun penyebab pastinya belum jelas. Namun Anda bisa menghindari resiko kematian pada bayi dengan cara menghindari penyebabnya seperti di bawah ini.

  • 1. Posisi tidur terlentang

  • Baik tidur malam atau tidur siang sekalipun, letakkan bayi Anda dalam posisi terlentang saat sudah terlelap. Biasakan bayi tidur dalam posisi terlentang, bukan tengkurap atau menyamping sejak ia baru lahir agar mereka terbiasa dan merasa nyaman dengan posisi tersebut setiap kali ia hendak tidur. Posisi tidur terlentang ini sangat aman dan sangat dianjurkan pada bayi karena dapat mengurangi resiko SIDS. Jika ingin menengkurapkan bayi saat tertidur, pastikan Anda selalu mengawasinya.

  • 2. Tempat tidur yang nyaman dan aman

  • Upayakan tempat tidur yang nyaman dan aman bagi bayi Anda. Tempat tidur tidak nyaman atau sangat empuk tidak disarankan untuk bayi. Gunakan kasur atau matras yang rata, tidak terlalu empuk dan dapat menyerap keringat dan cairan lain yang dapat membahayakan bayi. Pilih juga box bayi yang simple dan tidak memiliki banyak pernak pernik berlebihan. Jangan menaruh bantal, selimut lembut, atau apapun yang lebih besar dari tubuh bayi karena sangat beresiko menutupi muka bayi dan membuat bayi sulit bernafas. Tidak hanya memperhatikan keamanan dan kenyaman pada tempat tidur bayi, pastikan juga keadaan di luar box bayi dalam kondisi aman. Misalnya dengan meletakkan box pada tempat yang aman dan jauh dari gorden dan saklar listrik. Jika tali gorden terlalu dekat dan dapat diraih oleh bayi, ini bisa menyebabkan celaka sepeti tercekik.

  • 3. Jauhkan bayi dari asap rokok

  • Jangan pernah membiarkan siapapun atau Anda sendiri, merokok di sekitar bayi. Bayi baru lahir masih sangat rentan dan lemah. Asap rokok hanya akan mengganggu pernafasannya dan sangat beresiko menyebabkan SIDS. Untuk itu, hentikan kebiasaan ini dan jauhkan bayi Anda dari asap rokok.

  • Advertisement
  • 4. Perhatikan suhu udara pada kamar bayi

  • Suhu udara pada ruangan dimmana bayi tidur sangat mempengaruhi sistem pernafasan. Jangan biarkan bayi Anda kepanasan atau kedinginan karena ini beresiko SIDS. Aturlah suhu udara yang nyaman dan dapat membuat bayi merasa hangat selama dia tidur. Tak lupa jika bayi sudah memakai baju tidur lengkap, tidak perlu memakaikannya selimut yang berlebihan karena hanya akan membuatnya gerah dan tidak nyaman.

  • 5. Pastikan pengasuhan di bawah kendali Anda

  • Meskipun Anda tidak selalu ada ketika mengasuh anak, pastikan bahwa setiap orang yang terlibat dan telaten mengurus bayi Anda melakukan tugasnya dengan baik. Misalnya keluarga, pengasuh atau tempat penitipan bayi harus dapat melakukan dan mengetahui semua hal-hal penting di atas, baik dalam memperhatikan posisi tidur, kenyamanan atau keaman bayi saat tidur, menjauhkan bayi dari asap rosok dan memperhatikan suhu udara pada ruangan tempat bayi tidur.

  • Ingatlah, setiap hitungan waktu tidur bayi Anda dapat beresiko terkena SIDS. Selalulah waspada dan menghindari resiko-resiko tersebut terjadi pada bayi Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Hindari risiko kematian mendadak pada bayi

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dikenal juga dengan sindrom kematian mendadak pada bayi. Penyebab pastinya belum jelas. Namun, sebagai orang tua kita bisa menghindari resiko SIDS pada bayi kita!
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr